Seleb

4 Lagu Indonesia Yang Pernah Dibuat Versi Korea, Bukan Cuma Milik Rossa

Bukan rahasia lagi apabila Rossa mengubah lagu Hati yang Kau Sakiti menjadi berbahasa Korea.

Ade Wismoyo
Minggu, 19 Juni 2022 | 01:00 WIB
Rossa (Instagram/@rossabeauty)
Rossa (Instagram/@rossabeauty)

Matamata.com - Gelombang KPop telah menyambangi seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahasa Korea belakangan tak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia melalui lagu maupun drama/film.

Sejumlah penyanyi Indonesia lantas menyesuaikan diri dengan membuat lagu versi Korea untuk mencuri hati fans KPop. Berikut lagu Indonesia yang pernah dibuat versi Korea versi MataMata.com.

1. Hati yang Kau Sakiti - Rossa

Lagu Indonesia Yang Pernah Dibuat Versi Korea (YouTube/Rossa Official)
Lagu Indonesia Yang Pernah Dibuat Versi Korea (YouTube/Rossa Official)

Rossa merupakan salah satu penyanyi Indonesia yang kemampuan bernyanyinya telah diakui, bahkan oleh agensi asal Korea Selatan, SM Entertainment. Rossa pun telah menandatangani kontrak dengan agensi yang menaungi EXO cs tersebut.

Lagu "Hati yang Kau Sakiti" dipilih untuk dibuat versi Korea. Lagu ciptaan Enda Ungu tersebut kerap menjadi Original Soundtrack sinetron-sinetron, serta digunakan untuk backsound drama Korea "The World of the Married" versi fans.

Lagu Rossa yang satu ini dalam versi Korea berjudul "The Heart You Hurt". Yang spesial, MV "The Heart You Hurt" dibintangi Dion Wiyoko dan Lee Donghae dari Super Junior.

2. Sudah - Afgan

Lagu Indonesia Yang Pernah Dibuat Versi Korea (YouTube/Trinity Optima Production)
Lagu Indonesia Yang Pernah Dibuat Versi Korea (YouTube/Trinity Optima Production)

Bukan cuma digosipkan dekat dengan Rossa, Afgan juga ikutan merilis lagu versi Korea. Lagu "Sudah" versi Korea dapat disaksikan melalui kanal YouTube Trinity Optima Production.

Ternyata Afgan menyanyikan lagu "Sudah" versi Korea jauh sebelum Rossa merilis MV "The Heart You Hurt". Afgan menampilkan "Sudah" versi Korea ketika tampil VLIVE di Seoul pada 16 November 2019.

Ide membuat lagu "Sudah" versi Korea diusulkan Adam, tim dari MTV Asia, saat Afgan menceritakan akan menggelar fan meeting di Korea. Lagu "Sudah" dipilih karena dinilai punya melodi ballad seperti lagu-lagu ballad Korea.

3. Deritaku - Bertrand Peto

Lagu Indonesia Yang Pernah Dibuat Versi Korea (YouTube/MOP Music Channel)
Lagu Indonesia Yang Pernah Dibuat Versi Korea (YouTube/MOP Music Channel)

Lagu "Deritaku" milik Bertrand Peto sempat menjadi trending YouTube #1 YouTube di 5 negara pada Desember 2019. Melihat antusiasme penggemar yang tak hanya berasal dari Indonesia, maka MOP Music merilis lagu "Deritaku" versi Korea. Bukan hanya mengubah lirik menjadi bahasa Korea, aransemen lagu Bertrand Peto ini pun diubah.

4. Indah Cintaku - Nicky Tirta feat Vanessa Angel

Lagu Indonesia Yang Pernah Dibuat Versi Korea (YouTube/AFE RECORDS)
Lagu Indonesia Yang Pernah Dibuat Versi Korea (YouTube/AFE RECORDS)

Belum lama ini, Nicky Tirta membuat lagu "Indah Cintaku" yang dinyanyikannya bareng almarhumah Vanessa Angel dalam versi Korea. Nicky Tirta menggandeng penyanyi pendatang baru Maisha Kanna untuk menyanyikan lagu hits yang satu ini.

Lagu "Indah Cintaku" versi Korea yang dinyanyikan Nicky Tirta dan Maisha Kanna dirilis melalui kanal YouTube Afe Records pada 20 Mei 2022. Sebelumnya Nicky Tirta ternyata juga sudah mengubah lagu "Indah Cintaku" versi Mandarin bareng Natalie Zen pada Mei 2019.

Itu dia sederet lagu Indonesia yang pernah dibuat versi Korea. Ada lagu favoritmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # lagu indonesia # versi korea # rossa

Hot Video

Berita Terkini