Life

4 Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan, Dijamin Bikin Termotivasi

Kembali ke sekolah atau bekerja setelah dua tahun di rumah saja memang bikin malas. Yuk tonton dulu film inspiratif ini untuk pulihkan semangat juang!

Nur Khotimah
Sabtu, 20 November 2021 | 07:30 WIB
Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan. (IMDb)
Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan. (IMDb)

Matamata.com - Sejak pandemi, nggak sedikit anak muda yang jadi menyepelekan pentingnya pendidikan. Bagaimana tidak, hampir dua tahun lamanya mereka tidak pergi ke sekolah dan hanya mendengarkan penjelasan guru dari ponsel pintar. Tugas pun nggak jarang justru dibantu dengan adanya internet dan ponsel pintar atau bahkan dikerjakan oleh orang tua.

Itulah mengapa tugas guru di zaman sekarang jadi semakin berat, meskipun metode belajar dan fasilitas pendidikan semakin canggih. Apalagi, para pelajar di masa kini tak mengenal yang namanya perjuangan demi bisa sekolah dan meraih mimpi sehingga kurang terpicu untuk lebih giat belajar dan berusaha.

Nah, bagi kalian yang mengalami hal serupa, film Indonesia tentang guru dan pendidikan berikut ini boleh banget kalian tonton, lho. Film-film ini akan mengajak kalian kembali ke masa lalu atau ke daeerah terpencil di mana perjuangan guru dan murid tidaklah mudah. Penasaran? Simak daftar filmnya berikut ini!

1. Laskar Pelangi (2008)

Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan. (IMDb)
Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan. (IMDb)

Diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata, film berjudul Laskar Pelangi yang cukup fenomenal ini wajib banget untuk kalian tonton. Film ini berkisah tentang murid-murid di SD Muhammadiyah Gantong, Belitung Timur, yang hanya terdiri dari 10 orang. Meskipun sekolah tersebut jauh dari kata layak, kesepuluh anak yang menyebut diri mereka sebagai Laskar Pelangi ini tetap memiliki semangat juang yang tinggi dalam belajar, lho. Tak hanya menampilkan keindahan alam Pulau Belitung, film ini juga akan menyajikan berbagai ragam emosi yang akan membuat kalian menangis haru.

2. Sokola Rimba (2013)

Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan. (IMDb)
Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan. (IMDb)

Diangkat dari kisah nyata, film Sokola Rimba ini mengisahkan kehidupan Butet Manurung yang bekerja di lembaga konservasi di wilayah Jambi. Selama tinggal di sana, Butet akhirnya menemukan kehidupan yang diinginkannya. Ia mengajak anak-anak masyarakat Suku Anak Dalam yang tinggal di hulu sungai Makekal, untuk belajar baca, tulis, dan hitung.

Tinggal di tengah hutan seorang diri, suatu hari Butet terserang demam malaria tanpa ada seorang pun yang merawatnya. Tanpa diduga, seorang anak yang belum pernah dilihatnya tiba-tiba mendatanginya dan merawatnya. Rupanya, anak bernama Nyungsang Bungo itu sengaja darang dari hilir sungai Makekal karena ingin belajar membaca.

Keinginan Bungo yang begitu kuat tersebut membuat Butet bertekad untuk memperluas wilayahnya untuk mengajar. Sayang, niat baik Butet terhalang restu dari kelompok rombong Bungo yang percaya kalau belajar membaca justru akan membawa malapetaka bagi mereka.

3. Negeri 5 Menara (2012)

Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan. (IMDb)
Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan. (IMDb)

Film Indonesia tentang guru dan pendidikan lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah Negeri Lima Menara. Film adaptasi novel karya Ahmad Fuadi ini berkisah tentang seorang anak bernama Alif yang merantau ke luar tanah Minangkabau untuk mondok ke Pesantren Gontor di Ponorogo.

Meskipun berangkat dengan setengah hati, Alif merasa terkesan melihat teman-temannya yang memiliki motivasi tinggi untuk menempuh pendiidkan setinggi-tingginya. Di sana, ia dipertemukan dengan Raja, Said, Dulmajid, Atang, dan Baso dan akhirnya bersahabat dekat.

Setiap menjelang maghrib, mereka berenam akan duduk di bawah menara masjid sambil membayangkan mimpi masing-masing di atas awan. Berawal dari sana, Alif dan kelima sahabatnya bertekad untuk menjelajahi dunia dan memberikan manfaat sebabagi banyak orang.

4. Tanah Surga… Katanya (2012)

Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan. (IMDb)
Film Indonesia Tentang Guru dan Pendidikan. (IMDb)

Film Tanah Surga Katanya ini memberikan gambaran tentang keadaan daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia di Kalimantan. Masyarakat tersebut tak hanya hidup di bawah garis kemiskinan dengan infranstuktur, pendidikan, dan layanan publik yang tertinggal jauh, tetapi juga kurang memiliki pengetahuan tentang Indonesia.

Hal tersebut membuat Bu Astuti dan dokter Anwar yang ditugaskan ke daerah tersebut merasa miris. Karena itulah, kedua pendatang tersebut berusaha keras untuk menghidupkan lagi sekolah yang hamir roboh karena tak pernah dipakai. Mereka juga berusaha menanankan jiwa nasionalisme pada anak-anak setempat yang lebih membanggakan Malaysia.

Itulah deretan film Indonesia tentang guru dan pendidikan yang bisa kamu tonton untuk membangkitkan motivasi dalam menuntut ilmu. Jangan lupa siapkan tisu kalau mau nonton, ya!

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Tags # pendidikan # sekolah # film tentang guru

Hot Video

Berita Terkini