Life

Awal Mula Kasus Kartika Putri vs dr Richard Lee, Begini Kronologinya

Bermula dari krim abal-abal yang diulas oleh Dokter Richard Lee dan berujung dipolisikan oleh Kartika Putri.

Yohanes Endra

Foto kolase Dokter Richard Lee dan Kartika Putri.
Foto kolase Dokter Richard Lee dan Kartika Putri.

Matamata.com - Sosok dr. Richard Lee kerap menjadi perbincangan setelah perseteruannya dengan Kartika Putri viral. Bila menilik komentar dan trending di media sosial, netizen ramai memberi dukungan untuk dokter kecantikan itu. Mereka kompak menyerukan 'Selamatkan Dokter Richard' yang sempat menduduki trending di Twitter.

Bagi yang belum tahu, MataMata.com mencoba merangkum kronologi lengkap, termasuk awal mula dr. Richard Lee berkonflik dengan Kartika Putri. Semua bermula dari krim abal-abal yang diulas oleh sang dokter dan berujung dipolisikan oleh Kartika Putri.

Kartika Putri (Instagram @kartikaputriworld)
Kartika Putri (Instagram @kartikaputriworld)

1. Dokter Richard Lee mengulas produk skincare Helwa

Perseteruan Kartika Putri vs dr. Richard Lee bermula dari video di channel YouTube berjudul 'REVIEW HELWA BARU NIH! APAKAH DIA SUDAH TOBAT? HASIL LAB AGUSTUS 2020'. Dalam video tersebut, sang dokter kecantikan, yang sering memaparkan skincare abal-abal di channel YouTube miliknya, memberikan review tentang skincare 'Helwa Beauty' dengan bukti hasil laboratorium.

Dalam ulasan dr. Richard Lee, produk skincare Helwa Beauty mengandung 5,7% hidrokuinon. Padahal, batas aman hidrokuinon adalah sebesar 2%. Jangan lupa, penggunaannya juga harus dalam pengawasan dokter.

Pada tahun 2019, Dokter Richard Lee juga pernah mengupas Helwa Beauty yang kala itu tidak memiliki izin BPOM. Kabarnya, produk skincare tersebut dulunya tidak cuma mengandung hidrokuinon, tapi ada juga kandungan berbahaya lainnya seperti merkuri.

2. Respons Kartika Putri untuk Ulasan dr. Richard Lee

Kartika Putri mengunggah video untuk melayangkan protes pada dr. Richard Lee yang mengulas bahwa krim tersebut berbahaya.

Tak hanya itu, Kartika Putri turut mengundang pemilik Helwa Beauty untuk merespons ulasan dr. Richard Lee.

Kartika Putri ceritakan cemburu. (Youtube/DeddyCorbuzier)
Kartika Putri ceritakan cemburu. (Youtube/DeddyCorbuzier)

3. Dokter Richard Lee dan Kartika Putri mengadakan pertemuan

Pada 12 Desember 2020, dr. Richard Lee dan Kartika Putri duduk bersama untuk saling memberikan konfirmasi.

Kartika Putri secara jujur mengatakan bahwa ia mendapatkan endorsement dari Helwa Beauty, tapi dia juga menekankan bahwa produk tersebut memang cocok dan aman di kulitnya.

4. dr. Richard Lee Minta Maaf setelah Merasa Dijebak oleh Kartika Putri

Kartika Putri melayangkan somasi pada Dokter Richard Lee hanya beberapa hari setelah pertemuan tersebut.

dr. Richard Lee merasa dijebak karena saat pertemuan itu Kartika Putri membawa pengacara. Dengan rendah hati, pemilik klinik kecantikan Athena itu memilih untuk meminta maaf secara terbuka kepada Kartika Putri.

5. dr. Richard Lee Memenuhi Panggilan Polda Metro Jaya

dr. Richard Lee telah mengucapkan permohonan maaf dan berniat baik, tapi masalah ini malah diperpanjang. Kartika Putri tetap ngotot melaporkan dr. Richard ke pihak kepolisian dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Kemudian, dr. Richard Lee memenuhi panggilan Polda Metro Jaya pada hari Kamis (4/2/2021). Dokter kecantikan ini pun menjalani pemeriksaan selama empat jam.

6. Serangan balik dr. Richard Lee

dr. Richard Lee mengungkapkan bahwa dia siap melaporkan balik Kartika Putri, Senin (8/2/2021). "Saatnya serangan balik, jadi saya sudah selesai semua laporan saya ke polisi, jadi sudah diambil ke polisi," kata dr. Richard dalam akun Instagram @dr.richard_lee.

dr. Richard Lee mengungkapkan bahwa laporan yang ditujukan untuk Kartika Putri tertulis atas kasus pencemaran nama baik.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report