World

Profil Tom Hiddleston Pemeran Loki, Pernah Pacaran Kilat Sama Taylor Swift

Kembali menyapa penggemar sebagai Loki, berikut profil aktor Inggris Tom Hiddleston.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Profil Tom Hiddleston (Shutterstock)
Profil Tom Hiddleston (Shutterstock)

Matamata.com - Tom Hiddleston kembali menyapa penggemar lewat serial baru Marvel, Loki. Dalam serial yang telah ditayangkan secara eksklusif oleh Disney+ Hotstar mulai 9 Juni ini, ia memerankan Loki, adik angkat Thor yang terkenal sebagai God of Mischief atau Dewa Penipu.

Berasal dari Inggris, Tom Hiddleston dikenal sebagai aktor sekaligus produser dan pemain musikal. Pria kelahiran 1981 itu sempat mengejutkan dunia dengan hubungan publiknya dengan Taylor Swift. Langsung saja, simak profil Tom Hiddleston berikut ini.

Profil Tom Hiddleston

Profil Tom Hiddleston (Shutterstock)
Profil Tom Hiddleston (Shutterstock)

Tom Hiddleston yang memiliki nama lengkap Tom William Hiddleston adalah aktor, produser dan pemain musikal Inggris yang terkenal. Namanya menjadi terkenal setelah berperan sebagai penjahat super Loki dalam film Thor (2011). Hiddleston mengulangi perannya di film-film Marvel lain seperti The Avengers (2012), Thor: The Dark World (2013), Thor: Ragnarok (2017), Avengers: Infinity War (2018) dan Avengers: Endgame (2019).

Hiddleston memulai kariernya dengan peran kecil dan lambat laun mendapatkan peran yang lebih menonjol hingga akhirnya mencapai puncak karirnya sebagai Loki. Sepanjang kariernya, ia telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi, termasuk Laurence Olivier Award untuk kategori Aktor Pendatang Baru berkat perannya dalam Cymbeline (2014) berdasarkan novel William Shakespeare.

Hiddleston juga dikenal karena kegiatan amalnya. Pada 2013, ia mengunjungi Guinea untuk memberikan bantuan kepada wanita dan anak-anak. Ia juga mendidik orang tentang isu-isu sosial, seperti kelaparan dan kekurangan gizi. Nama Hiddleston disebutkan dalam daftar Debrett 2017 sebagai Orang Paling Berpengaruh di Inggris.

Perjalanan Karier Tom Hiddleston

Profil Tom Hiddleston (instagram/@twhiddleston)
Profil Tom Hiddleston (instagram/@twhiddleston)

Tom Hiddleston mulai berakting saat masih duduk di bangku kuliah dengan muncul di serial TV Nicholas Nickleby pada 2001. Ia membintangi sejumlah serial sebelum debut layar lebar di film Unrelated pada 2006 sebagai pemeran utama. Selama tahun-tahun berikutnya, Hiddleston memainkan peran penting dalam beberapa film, seperti The Challenging (2006), Cymbeline (2007) dan Othello (2008).

Kemudian pada 2011, Hiddleston muncul dalam film Thor yang membuatnya menjadi populer di tingkat internasional. Di tahun yang sama, ia muncul di Midnight in Paris yang disutradarai oleh Woody Allen. Film komedi fantasi ini sukses secara komersial dan  memenangkan beberapa penghargaan termasuk Oscar.

Hiddleston kembali memerankan Loki di The Avengers, dan mengulangi perannya di Thor: The Dark World pada 2013. Selama bertahun-tahun, lulusan Eton College itu juga memainkan peran utama dalam film seperti I Saw the Light (2015) dan Kong: Skull Island (2017).

Hiddleston terus melanjutkan kariernya sebagai Loki di film-film Marvel yang semuanya menjadi hit blockbuster dan memecahkan rekor. Ia juga menyuarakan karakter Lord Nooth dalam film animasi Early Man tahun 2018. Sekarang, Hiddleston kembali melalui serial baru Marvel, Loki.

Puncak Karier Sebagai Loki

Sinopsis Loki (Instagram/@officialloki)
Sinopsis Loki (Instagram/@officialloki)

Perannya dalam Thor dapat dianggap sebagai titik balik dalam kariernya sebagai aktor. Film yang disutradarai oleh Kenneth Branagh ini berkisah tentang Thor, Dewa Petir dari dunia fiksi bernama Asgard. Hiddleston muncul sebagai saudaranya Loki, yang mencoba untuk mengambil takhta darinya. Film ini juga dibintangi oleh Chris Hemsworth, Natalie Portman, Stellan Skarsgard, dan Colm Feore. Thor masuk jajaran film terlaris.

Hiddleston muncul dalam The Avengers di mana ia mengulangi perannya sebagai penjahat super Loki. Perannya dalam film ini dianggap sebagai salah satu karyanya yang paling sukses dan signifikan. Disutradarai oleh Joss Whedon, para pemeran film ini termasuk Robert Downey Jr., Chris Evans, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson dan Jeremy Renner. The Avengers sukses secara finansial dan berhasil memenangkan beberapa penghargaan dan nominasi, termasuk Oscar.

Tak sampai di situ, perannya sebagai Loki dalam Thor: Ragnarok, Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame juga diapresiasi oleh para kritikus. Semua film tersebut sukses di box-office. Avengers: Infinity War menjadi salah satu film terlaris, sementara Avengers: Endgame menjadi film terlaris sepanjang masa. Loki adalah peran ikoniknya sepanjang masa.

Asmara Kilat dengan Taylor Swift

Taylor Swift (Shutterstock)
Taylor Swift (Shutterstock)

Tom Hiddleston sukses mengejutkan dunia setelah fotonya bermesraan dengan Taylor Swift di pantai dirilis pada Juni 2016. Saat itu Taylor baru putus dari Calvin Harris. Satu bulan kemudian, Hiddleston dilaporkan bertemu orangtua Taylor di rumah mereka di Nashville. Pasangan kekasih itu kemudian terlihat di konser Selena Gomez di Tennessee.

Namun pada Agustus 2016, hubungan Hiddleston dan Taylor mulai mereda. Us Weekly melaporkan bahwa keduanya bertengkar untuk pertama kalinya karena jadwal syuting mantan kekasih Susannah Fielding itu untuk Thor: Ragnarok yang super padat, membuat mereka susah bertemu. Mereka akhirnya putus pada September 2016.

Profil Tom Hiddleston (Shutterstock)
Profil Tom Hiddleston (Shutterstock)

Dikutip dari Us Weekly, "Dia (Taylor) adalah orang yang mengerem hubungan. Tom ingin hubungan itu menjadi lebih umum daripada yang membuat dia nyaman. Taylor tahu reaksi yang datang dengan menunjukkan kasih sayang di depan umum, tapi Tom tidak mendengarkan kekhawatirannya ketika dia membicarakannya."

Usai putus dari Taylor Swift, Hiddleston cukup tertutup mengenai kehidupan asmaranya. Kapok terlalu disorot kali, ya.

Nah, demikian profil Tom Hiddleston, si God of Mischief yang kini beraksi kembali di serial Loki. Kamu udah nonton episode pertama, belum?

 

Kontributor: Chusnul Chotimah

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report