LIVE: Suasana Sidang Lanjutan Kasus Pencemaran Nama Baik Nikita Mirzani

Sidang kali ini ikut dihadiri oleh pacar bule Nikita Mirzani.

ade wismoyo
Senin, 05 Desember 2022 | 10:19 WIB

Nikita Mirzani jalani sidang kasus pencemaran nama baik di Pengadilan Negeri Serang, Senin (21/11/2022) (MataMata.com/Rena Pangesti)

Matamata.com - Pacar bule Nikita Mirzani, Antonio Dedola datang menyaksikan sidang sang artis di Pengadilan Negeri Serang, Senin (5/12/2022).

Pantauan dari lokasi, Antonio Dedola tiba bersama tim vlog pribadinya. Ia memakai busana serba hitam dan masker berwarna serupa.

Pacar bule Nikita Mirzani, Antonio Dedola di Pengadilan Negeri Serang. [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
Pacar bule Nikita Mirzani, Antonio Dedola di Pengadilan Negeri Serang. [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Tak banyak yang Antonio Dedola sampaikan saat datang di Pengadilan Negeri Serang. Ia langsung masuk ke ruang sidang untuk menunggu kedatangan Nikita Mirzani.

Namun setelah berada di dalam ruang sidang, Antonio Dedola sedikit menjelaskan maksud kedatangannya ke Pengadilan Negeri Serang. 

"Nikita tidak tahu saya datang. Saya ingin memberi kejutan ke Nikita," ujar Antonio Dedola yang versi aslinya memakai bahasa Inggris.

Pacar bule Nikita Mirzani, Antonio Dedola di Pengadilan Negeri Serang. [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
Pacar bule Nikita Mirzani, Antonio Dedola di Pengadilan Negeri Serang. [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]

Sidang lanjutan kasus pencemaran nama baik yang menyeret Nikita Mirzani sendiri hari ini beragendakan putusan sela. Di mana majelis hakim akan memutuskan apakah pemeriksaan perkara dilanjutkan atau tidak.

"Nanti lihat saja hasilnya di sidang," tutur kuasa hukum Nikita Mirzani, Fahmi Bachmid yang juga sudah tiba di Pengadilan Negeri Serang.

Sebagai informasi, Dito Mahendra melaporkan Nikita Mirzani ke Polres Serang Kota pada 16 Mei 2022 terkait dugaan pencemaran nama baik. Sang presenter dikenakan Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) atau Pasal 36 jo Pasal 51 ayat (2) UU ITE dan Pasal 311 KUHP.

Buntut laporan Dito Mahendra, Nikita Mirzani ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Serang sejak 25 Oktober 2022.

Perkara pencemaran nama baik Nikita Mirzani disidangkan sejak 14 November 2022. Dalam sidang tersebut, ia didakwa pasal berlapis oleh jaksa penuntut umum.

Pertama, Nikita Mirzani didakwa mencemarkan nama baik Dito Mahendra melalui media elektronik yang berakibat kerugian materiil sebesar Rp17,5 juta untuk yang bersangkutan.

Ia dikenakan Pasal 36 jo Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 51 ayat (2) UU Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Kedua, Nikita Mirzani didakwa mencemarkan nama baik Dito Mahendra melalui media elektronik dengan mengunggah foto yang bersangkutan ke Instagram dalam kondisi sudah diedit.

Ia dikenakan Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Ketiga, Nikita Mirzani didakwa melakukan tindak pidana pencemaran nama baik karena menyebut Dito Mahendra sebagai penipu dalam unggahannya. Ia dikenakan Pasal 311 KUHP.

Baca Juga: Anak Nikita Mirzani Beri Jawaban Polos saat Ditanya Ibunya ke Mana: Lagi Syuting Cari Duit

Berita Terkait

TERKINI

Didominasi kisah romantis hingga komedi, web series ini ceritanya diangkat dari novel wattpad.
seleb | 10:51 WIB
Ayu ternyata punya segudang sumber penghasilan sampai mampu bayari keluarga dan staf kunjungi 8 negara di Eropa.
seleb | 09:54 WIB
Merdu banget lantunkan sholawat nabi, Novia Bachmid malah disinggung soal hijab.
seleb | 09:37 WIB
Wajah hingga agama pacar Naysila Mirdad jadi omongan netizen.
seleb | 09:31 WIB
Rafathar mau dijodohin sama anak artis Malaysia nih?
seleb | 09:15 WIB
El Rumi mengomentari video yang dibagikan oleh Young Lex.
seleb | 09:00 WIB
Kegantengan Koh Dennis Lim mencuri perhatian nih.
seleb | 08:22 WIB
Apa nih kata ibu Cinta Laura tahu putrinya ke LA bareng cowok yang diduga pacarnya.
seleb | 08:09 WIB
Begini pembelaan ibu Cinta Laura saat dituding sudah body shaming terhadap anaknya.
seleb | 07:30 WIB
Raul Lemos turun tangan melakukan tradisi berikut ini.
seleb | 07:00 WIB
Tampilkan lebih banyak