Seleb

Baim Wong Bongkar Alasan Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week, Ada Masalah Cuan!

Baim Wong harus mendaftarkan merek Citayam Fashion Week karena menyangkut uang.

Yohanes Endra
Senin, 01 Agustus 2022 | 18:45 WIB
Baim Wong. (MataMata.com/Rena Pangesti)
Baim Wong. (MataMata.com/Rena Pangesti)

Matamata.com - Baim Wong membongkar alasan di balik keinginannya mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Direktur Jendral Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang membuatnya dihujat. Dalam video yang baru dirilis, Denny Sumargo menanyakan apa yang membuat Baim Wong harus mematenkan HAKI Citayam Fashion Week.

"Kalau misalkan HAKI-nya adalah milik orang, pasti gue akan minta izin, kan awalnya cuma seperti itu," kata ayah dua anak itu dikutip dari tayangan CURHAT BANG Denny Sumargo, Senin (1/8/2022).

Denny Sumargo mempertanyakan keputusan Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week atas nama perusahaannya, bukan salah satu remaja pencetus ide fenomena ala Harajuku tersebut.

"Itu salahnya, tapi harusnya memang (dipatenkan). Dalam arti harus tuh, ini nggak ada yang punya, kita aja yang punya," jelas Baim Wong.

"Dan gue nanya lho sama orang, dan orang itu nggak cuma satu, dan orang itu juga orang yang gue sangat hormati, ya, gue sangat hargai dan gue tidak bisa bilang siapa. Gue menanyakan halnya," sambungnya.

Denny Sumargo berpendapat jika ingin membuat event saja, Baim Wong bisa melakukannya tanpa harus mematenkan Citayam Fashion Week. Namun menurut Baim, tidak sesederhana itu.

Baim Wong. (MataMata.com/Rena Pangesti)
Baim Wong. (MataMata.com/Rena Pangesti)

"Nggak bisa, nggak bisa bro. Akan menjadi istilahnya melayang, karena itu adalah satu. Jadi, gue diajarin IP juga, IP itu adalah suatu hal yang sangat penting ya, apalagi ketika berbicara (tentang) brand," ungkap artis 41 tahun itu.

Baim Wong menjelaskan alasannya harus mendaftarkan merek Citayam Fashion Week karena menyangkut uang.

"Ada satu hal yang gue korbanin yaitu biaya. Ketika biaya itu ada di satu program, satu organisasi, dan organisasi melayang, kalo kita bicara secara profesional ya, itu yang akan rugi sebenarnya kita. Ketika orang ngambil, kita gedein dia," ujar Baim Wong.

"Tapi ketika itu nggak ada, gue nanya, boleh atau nggak," sambung suami Paula Verhoeven tersebut.

Baim Wong juga tak menampik ketika Denny Sumargo menyinggung ada unsur bisnis dalam alasannya tersebut.

Baim Wong sendiri sudah resmi mencabut pendaftaran tersebut dengan menandatangani Surat Permohonan Penarikan Kembali Permohonan Baru pada 26 Juli 2022.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Tags # baim wong # citayam fashion week # aksi baim wong daftarkan brand citayam fashion week

Hot Video

Berita Terkini