World

Profil Pangeran Charles, Pemegang Takhta Raja Inggris usai Ratu Elizabeth Meninggal Dunia

Pangeran Charles gantikan takhta sang ibu, Ratu Elizabeth yang meninggal usai 70 tahun menjabat.

Yohanes Endra
Sabtu, 10 September 2022 | 09:53 WIB
Pangeran Charles dan Camilla (Instagram/hollywood_channel)
Pangeran Charles dan Camilla (Instagram/hollywood_channel)

Matamata.com - Kabar duka datang dari keluarga kerajaan Inggris. Menurut informasi yang disampaikan dari Istanama Buckingham, Ratu Elizabeth II telah dinyatakan meninggal pada hari Kamis, 8 September 2022 kemarin, di Balmoral, Skotlandai.

Ratu kerajaan Inggris tersebut meninggal pada usia 96 tahun. Hal ini membuat Pangeran Charles dinobatkan sebagai pemimpin kerajaan Inggris raya yang baru.

Menggantikan takhta Ratu Elizabeth yang telah menjabat selama 70 tahun, kini Pangeran Wales akan mulai memimpin 14 kerajaan lainnya.

Seperti apa sosok Pemegang takhta Raja Inggris saat ini? Simak profil Pangeran Charles, pengganti takhta Ratu Elizabeth II berikut ini!

Profil dan Biodata Pangeran Charles

Pangeran Charles III merupakan anak tertua Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip yang lahir pada 14 November, 1948. Charles Philip Arthur George merupakan nama lengkap dari penerus Ratu Elizabeth II tersebut.

Cucu pertama Raja George VI ini dibaptis pada tanggal 15 Desember 1948 oleh Uskup Agung Canterbury, Dr Geoffrey Fisher dengan delapan wali baptisnya.

Beberapa nama yang menjadi wali tersebut adalah George VI, Raja Britannia Raya atau kakek Pangeran Charles dari pihak ibu. Selain itu, dari pihak ayahnya ada beberapa nama, salah satunya yaitu Pangeran George dari Yunani.

Pendidikan Pangeran Charles

Statusnya sebagai anggota keluarga kerajaan sepertinya membuat Pangeran Charles sering berpindah-pindah sekolah. Ia memutuskan pindah dari Hill House Schools di London Bagian Barat yang merupakan sekolah pertamanya.

Penyebabnya adalah perlakuan khusus dari kepala sekolah yang diterimanya selama bersekolah disana. Ia pun memilih pindah ke sekolah ayahnya dulu, yakni Cheam Preparatory School, Bekshire.

Tak cukup sampai disitu, Pangeran Charles juga kembali pindah ke Gordonstoun yang berasa di sebelah tomur laut Skotlandia. Selama bersekolah disini, ia juga mengenyam pendidikan di Australia.

Pada tahun 1967, Pangeran Wales ini melanjutkan studinya di Trinity College dan meraih gelar sarjana seni di tahun 1970. Untuk pendidikan magisternya, putra pertama Ratu Elizabeth ini memilih Universitas Cambridge.

Ia juga sempat belajar bahasa dan sejarah Wales, di Universitas Wales.

Perjalanan karier politik Pangeran Charles

Pada tahun 1958, Pangeran Charles dinobatkan sebagai Pangeran Wales. Gelar tersebut biasanya diberikan kepada pangeran yang akan menjadi calon raja Britannia Raya nantinya.

Pelantikan tersebut ditandai saat Ratu Elizabeth, sang ibu memasangkan mahkota padanya. Usai mendapat gelar tersebut, ia pun mulai menjalankan berbagai tugas publik.

Mendirikan yayasan amal 'The Prince's Trust merupakan salah satu dari tugasnya sebagai Pangeran Wales. Apalagi ia memang dikenal memiliki ketertarikan tinggi di bidang sosial.

Tak heran jika sejak tahun 1958 sampai sekarang ada sekitar 20 badan Amal yang ia dirikan. Sepeninggal Rati Elizabeth, Pangeran Charles pun dinobatkan sebagai Raja Inggris saat Ini. Kini Tak hanya Wales, ia juga akan menjadi pemimpin 14 kerajaan lainnya.

Sementara dari pernikahan pertamanya dengan Diana Spencer, Pangeran Charles dikaruniai dua orang putra. Ada Pangeran William yang akan menjadi penerusnya kelas dan Pangeran Henry.

Nah, itu dia profil Pangeran Charles yang kini menggantikan takhta Ratu Elizabeth yang baru saja tutup usia.

Kontributor: Nur Khasanah
Tags # pangeran charles # profil pangeran charles # ratu elizabeth ii # ratu elizabeth # ratu elizabeth meninggal dunia # ratu elizabeth ii meninggal dunia

Hot Video

Berita Terkini