World

6 Artis Dilarang Tampil di Oscar, Gara-gara Kasus Pelecehan Seksual dan Penamparan Chris Rock

Will Smith dilarang tampil di Oscar selama 10 tahun.

Ismail
Senin, 11 April 2022 | 17:00 WIB
Artis Dilarang Tampil di Oscar (imdb)
Artis Dilarang Tampil di Oscar (imdb)

Matamata.com - Academy of Motion Picture Arts and Sciences, yang menyelenggarakan Oscar setiap tahun, telah melarang aktor Will Smith untuk tampil di ajang penghargaan ini karena menampar Chris Rock di gelaran tahun ini.

Mulai 8 April 2022, Will Smith akan dilarang menghadiri semua acara yang diselenggarakan Academy, termasuk Oscar, secara langsung dan virtual. Larangan ini berlaku selama 10 tahun.

Will Smith bukanlah orang pertama yang dilarang untuk hadir di acara Oscar. oleh Academy. Inilah semua orang yang telah dilarang tampil di Oscar.

1. Carmine Caridi

Artis Dilarang Tampil di Oscar (the independent)
Artis Dilarang Tampil di Oscar (the independent)

Mendiang aktor Carmine Caridi, yang muncul dalam film Godfather, menjadi orang pertama yang dikeluarkan dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences pada tahun 2004 karena membocorkan sejumlah film secara ilegal.

Investigasi FBI menemukan dia membuat salinan VCR dari penyaring pratinjau dan membagikannya. Film seperti Something's Gotta Give, The Last Samurai, Mystic River, Big Fish dan Master and Commander: The Far Side of the World diduga dibocorkan oleh Caridi.

2. Roman Polanski

Artis Dilarang Tampil di Oscar (wikipedia)
Artis Dilarang Tampil di Oscar (wikipedia)

Pembuat film sekaligus pemenang Oscar, Roman Polanski memenangkan beberapa nominasi dan dua penghargaan setelah ia melarikan diri dari Amerika Serikat untuk menghindari penganiayaan dalam kasus hubungan seks yang melanggar hukum dengan anak di bawah umur. Kasusnya diajukan pada tahun 1977.

Polanski mengaku bersalah dan melarikan diri dari AS untuk tinggal di Prancis. Meskipun demikian, dia terus mendapatkan nominasi di Oscar. Hanya setelah pemberontakan besar, Academy akhirnya mengeluarkan Polanski dari dewan setelah hampir 30 tahun sejak insiden itu terungkap.

3. Harvey Weinstein

Artis Dilarang Tampil di Oscar (imdb)
Artis Dilarang Tampil di Oscar (imdb)

Piala Oscar yang diraih Produser Harvey Weinstein tidak dicabut setelah beberapa tuduhan penyerangan dan pelecehan seksual muncul terhadapnya pada tahun 2017 selama gerakan #MeToo.

Namun, dia dikeluarkan dari Academy dalam waktu satu bulan setelah kontroversi. Academy menyebut tindakannya menjijikkan dan bertentangan dengan standar tinggi akademi dan komunitas kreatif yang diwakilinya.

4. Bill Cosby

Artis Dilarang Tampil di Oscar (imdb)
Artis Dilarang Tampil di Oscar (imdb)

Bill Cosby, komedian terkenal dan bintang Cosby Show, telah menjadi aktor bayaran tertinggi di AS. Dia dinyatakan bersalah atas tiga tuduhan penyerangan seksual, dan diadili karena membius dan menyerang seorang mantan pemain bola basket pada tahun 2004.

Cosby kemudian dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap puluhan wanita, dan akhirnya diusir bersamaan dengan Roman Polanski. Academy memilih untuk mengeluarkan Cosby sesuai dengan Standar Perilaku organisasi.

5. Adam Kimmel

Artis Dilarang Tampil di Oscar (imdb)
Artis Dilarang Tampil di Oscar (imdb)

Sinematografer Adam Kimmel dikenal karena karyanya dalam film-film seperti Lars and the Real Girl. Namun, ia juga terkenal sebagai pelanggar seks dan penyerang berantai terhadap anak di bawah umur. Dia ditangkap dua kali karena penyerangan terhadap anak di bawah umur dan pada tahun 2003.

Sekali lagi pada tahun 2010, Kimmel terlibat dalam serangan tingkat empat terhadap anak di bawah umur. Mengikuti tuduhan dan pelanggarannya, Academy melarang Kimmel berdasarkan aturan yang diterapkan pada orang lain di masa lalu.

6. Will Smith

Artis Dilarang Tampil di Oscar (imdb)
Artis Dilarang Tampil di Oscar (imdb)

Will Smith dilarang tampil di Oscar selama 10 tahun sebagai hukuman atas aksinya menampar Chris Rock di Academy Awards ke-94 yang berlangsung pada 28 Maret lalu. Namun penghargaannya sebagai Aktor Terbaik tidak akan dicabut.

Will Smith sendiri telah mengundurkan diri dari Academy dan mengatakan dia akan menerima hukuman apapun yang diberikan. Larangan ini berarti dia tidak akan mempersembahkan Oscar untuk Aktris Terbaik dalam Pemeran Utama pada upacara tahun depan, seperti tradisi untuk pemenang Aktor Terbaik.

Itulah deretan artis yang dilarang tampil di Oscar sebagai hukuman atas tindakan mereka.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Tags # artis dilarang tampil di oscar # will smith # bill cosby

Hot Video

Berita Terkini