World

5 Fakta Gangubai Kathiawadi, Film Bollywood Terbaru Alia Bhatt yang Sukses Besar

Alia Bhatt dibanjiri pujian soal film barunya, kepoin beberapa fakta Gangubai Kathiawadi.

Nur Khotimah
Selasa, 08 Maret 2022 | 07:30 WIB
Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@bhansaliproductions)
Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@bhansaliproductions)

Matamata.com - Aktris Bollywood Alia Bhatt tengah menjadi sorotan. Hal ini berkaitan dengan film terbarunya yang sukses besar. Simak selengkapnya fakta Gangubai Kathiawadi yang menarik di bawah ini.

"Gangubai Kathiawadi" adalah sebuah film drama kriminal biografi India tahun 2022 yang disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali dan diproduksi oleh Jayantilal Gada dan Sanjay Leela Bhansali. Film ini dibintangi Alia Bhatt sebagai pemeran utama yang memerankan Gangubai Kathiawadi.

Setelah menerima ulasan luar biasa dari para kritikus dan penggemar, "Gangubai Kathiawadi" dari Alia Bhatt juga sukses di box office. Kalau penasaran, simak di bawah ini beberapa fakta Gangubai Kathiawadi sebelum kamu menontonnya. Kepoin ulasannya dikutip dari Vogue, India Today dan lainnya. Cekidot!

1. Cerita Film Gangubai Kathiawadi

Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@bhansaliproductions)
Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@bhansaliproductions)

Disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali, "Gangubai Kathiawadi" merupakan sebuah drama biografi berdasarkan buku Hussain Zaidi berjudul "Mafia Queens of Mumbai". Setelah beberapa kali mengalami penundaan tanggal rilis, "Gangubai Kathiawadi" ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Berlin ke-72 pada 16 Februari 2022 dan dirilis di bioskop pada 25 Februari 2022.

Dilansir Vogue, film ini akan berpusat di sekitar kehidupan Gangubai Kothewali, seorang wanita yang kuat dan kontroversial yang dijuluki sebagai "Madam of Kamathipura" di tahun 60-an. Gangubai adalah pemilik rumah bordil di Kamathipura, Mumbai. Setelah melalui perjuangan awal yang sulit, Gangubai mencapai kekuasaan melalui koneksinya dengan dunia bawah tanah Mumbai.

Gangubai diketahui berasal dari daerah Kathiawad di Gujarat. Punya impian jadi aktris, dia kabur dari rumah ke Mumbai pada usia yang sangat muda dengan pacarnya. Pacarnya itu ternyata menipunya dan menjualnya ke rumah bordil di Kamathipura.

Gangubai dikenal memiliki empati terhadap perempuan lain dari komunitasnya karena pengalamannya itu. Dia menggunakan kekuatan dan pengaruhnya untuk memperjuangkan hak-hak pekerja seks dan pemberdayaan mereka.

2. Dibintangi oleh Alia Bhatt

Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@aliaabhatt)
Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@aliaabhatt)

Alia Bhatt dinilai sukses menghidupkan karakter Gangubai Kathiawadi, salah satu wanita paling ditakuti di dunia bawah Mumbai. Ini merupakan kolaborasi pertamanya dengan sutradara hebat, Sanjay Leela Bhansali.

Dilansir dari India Today, beberapa aktris dikabarkan sempat dipertimbangkan untuk peran Gangubai Kathiawadi sebelum Alia Bhatt. Mereka adalah Deepika Padukone yang pernah bekerja sama dengan Sanjay Leela Bhansali di Ram Leela, Padmaavat, Bajirao Mastani. Lalu ada Rani Mukerji yang pernah kolaborasi dengan sang sutradara di Black tahun 2005, dan terakhir ada Priyanka Chopra. Namun, peran tersebut jatuh ke tangan Alia Bhatt.

3. Penampilan Spesial Ajay Devgn

Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@aliaabhatt)
Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@aliaabhatt)

Selain Alia Bhatt, "Gangubai Kathiawadi" juga dibintangi Ajay Devgn dalam peran yang menjanjikan. Film ini juga menjadi terobosan besar bagi aktor Shantanu Maheshwari, yang akan memerankan kekasih Alia Bhatt dalam film tersebut. Beberapa pemeran lainnya termasuk Vijay Raaz, Indira Tiwari, Seema Pahwa dan masih banyak lagi.

Dalam penampilan spesialnya ini, Ajay Devgn memerankan gangster Karim Lala, saudara angkat Gangubai. Penampilan suami Kajol ini disebut-sebut sangat berkesan dan mengungkap poin penting dalam cerita.

4. Digarap oleh Sutradara Hebat, Sanjay Leela Bhansali

Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@aliaabhatt)
Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@aliaabhatt)

Sanjay Leela Bhansali merupakan seorang pembuat film, sutradara, penulis skenario, dan komposer musik India yang terkenal dan sudah meraih banyak penghargaan. Pria kelahiran 1963 ini memulai debut penyutradaraannya lewat musikal romantis "Khamoshi: The Musical" (1996), di mana dia menerima Filmfare Award for Best Film (Critics).

Karya-karya kerennya yang lain termasuk "Hum Dil De Chuke Sanam" (1999), "Devdas" (2002), "Black" (2005), "Ram Leela" (2013), "Bajirao Mastani" (2015), "Padmaavat" (2018) dan masih banyak lagi. "Gangubai Kathiawadi" kembali membuktikan kemampuannya sebagai sutradara hebat Bollywood.

5. Gangubai Kathiawadi Sukses di Box Office

Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@bhansaliproductions)
Fakta Gangubai Kathiawadi (Instagram/@bhansaliproductions)

Dilansir dari India Today, "Gangubai Kathiawadi" sukses besar di box office dalam beberapa hari setelah dirilis. Film ini saat ini berada di minggu kedua dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat meskipun ada persaingan dari "Jhund" yang dibintangi Amitabh Bachchan dan "The Batman".

"Gangubai Kathiawadi" mengumpulkan keuntungan sekitar Rs 8,20 crores atau sekitar Rp15 miliar pada Sabtu, 5 Maret 2022 di India. Hasilnya, secara keseluruhan sekarang mencapai Rs. 82,14 crores atau sekitar Rp154 miliar. Keuntungan ini masih diprediksi akan terus meningkat.

Itu dia beberapa fakta Gangubai Kathiawadi, film terbaru Alia Bhatt yang disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali dan meraih kesuksesan luar biasa besar. Ada yang sudah nonton film ini?

Kontributor: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Tags # alia bhatt # fakta gangubai kathiawadi # gangubai kathiawadi

Hot Video

Berita Terkini