Seleb

9 Artis Kena Tipu hingga Milyaran Rupiah, Terbaru Tamara Bleszynski

Termasuk Tamara Bleszynski, siapa saja artis yang pernah menjadi korban penipuan?

Tinwarotul Fatonah
Rabu, 13 Oktober 2021 | 16:08 WIB
Artis Kena Tipu (Instagram)
Artis Kena Tipu (Instagram)

Matamata.com - Sejumlah artis Tanah Air pernah memiliki pengalaman kurang menyenangkan menjadi korban penipuan oknum tak bertanggung jawab. Akibatnya, mereka rugi ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Oknum yang melakukan penipuan mulai dari toko online, orang terdekat hingga manajer sendiri. Kasus terbaru, Tamara Bleszynski melaporkan tindak penipuan yang membuatnya rugi belasan miliar.

Termasuk Tamara Bleszynski, siapa saja artis yang pernah kena tipu ratusan juta hingga milyaran rupiah? Kepoin yuk!

1. Tamara Bleszynski

Potret Tamara Bleszynski Pamer Body Goals (Instagram/@tamarablezynskiofficial)
Artis Kena Tipu (Instagram/@tamarablezynskiofficial)

Tamara Bleszynski baru-baru ini mendatangi Bareskrim Polri untuk melaporkan penipuan. Tamara menjelaskan bahwa ia rugi belasan miliar setelah ditipu oknum tak bertanggung jawab perkara bisnis. Ibunda Teuku Rassya itu mengungkapkan bahwa masalahnya ini sudah terjadi belasan tahun. Kini, Tamara Bleszynski berusaha mencari keadilan dengan meminta pertolongan kepada pihak kepolisian. Sayangnya, polisi belum menerima laporannya karena kelengkapan berkas.

2. Zaskia Gotik

Zaskia Gotik. (Instagram/@zaskia_gotix)
Artis Kena Tipu (Instagram/@zaskia_gotix)

Berbeda dengan Tamara Bleszynski, Zaskia Gotik kena tipu saat berbelanja di online shop. Penyanyi dangdut yang dikenal dengan goyang itik-nya itu membeli tiga tas Hermes lewat online shop Singapura sekira tahun 2017 dengan total Rp 300 juta. Sementara uang sudah ditransfer, tas-tas tersebut tidak sampai di tangannya. Tak terima ditipu, Zaskia Gotik membawa masalah ini ke meja hijau.

3. Magdalena

Food vlogger Magdalena dicatut dalam penipuan. (Instagram)
Artis Kena Tipu (Instagram)

Kalau vlogger Magdalena menjadi korban penipuan oleh karyawannya sendiri. Asistennya yang diketahui berinisial G melakukan penipuan, pemalsuan surat, hingga pencucian uang. Magdalena menjelaskan bahwa asistennya itu melakukan penipuan ke beberapa UMKM. Ia membantu UMKM secara gratis, tapi malah disalahgunakan. Akibatnya, Magdalena mengalami kerugian Rp 2,4 miliar.

4. Denny Sumargo

Denny Sumargo (YouTube)
Artis Kena Tipu (YouTube)

Sama seperti Magdalena, Denny Sumargo juga ditipu oleh orang terdekatnya. Pria yang akrab disapa Densu itu melaporkan mantan manajernya yang berinisial DA ke Polda Metro Jaya atas dugaan kasus dugaan pemalsuan dan penggelapan uang. Gara-gara kasus penipuan ini, Densu rugi hingga Rp 739 juta. Masalah ini juga diwarnai isu penganiayaan karena ia diduga bertindak semena-mena saat mendatangi DA di rumahnya.

5. Gading Marten

Gading Marten (Youtube.com/3SECONDTV)
Artis Kena Tipu (Youtube.com/3SECONDTV)

Gading Marten juga termasuk salah satu artis yang kena tipu manajer sendiri. Dilaporkan bahwa sang manajer yang berinisial W menggelapkan uangnya sebesar Rp 250 juta. W berhasil ditangkap, sayangnya uang Gading tidak kembali. Akibat kasus ini, hubungan baik Gading dan manajernya menjadi retak.

6. Rio Dewanto

Rio Dewanto [Matamata.com/Herwanto]
Artis Kena Tipu [Matamata.com/Herwanto]

Uang Rio Dewanto juga pernah dilarikan oleh manajernya sendiri. Tak tanggung-tanggung, suami Atiqah Hasiholan itu ditipu hingga Rp2 miliar. Penipuan ini terjadi pada 2012 lalu. Saat itu bukan hanya Rio Dewanto saja yang ditipu. Manajer yang tak bertanggung jawab tersebut juga menipu Christian Sugiono, Yasmine Wildblood, dan beberapa rekan artis lainnya.

7. Sulis

Penyanyi religi, Sulis. (Instagram/@suliszehra)
Artis Kena Tipu (Instagram/@suliszehra)

Sulis mengawali karier di dunia tarik suara sejak kecil dengan menjadi rekan duet dari Hadad Alwi. Kesuksesan pelantun tembang Umi ini juga dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab. Sulis ditipu temannya sendiri dan rugi Rp 400 juta. Karena kasus penipuan tersebut, penyanyi religi ini sampai harus membatalkan ibadah umroh.

8. Shanty Paredes

Shanty Paredes (Instagram @shantyparedes)
Artis Kena Tipu (Instagram @shantyparedes)

Jika artis-artis di atas ditipu oleh manajer atau teman, Shanty justru menjadi korban penipuan keluarga sendiri. Saat itu ia rugi hingga Rp 200 juta. Shanty melaporkan Marisa Damayanti alias Tike atas kasus penggelapan. Sang manajer adalah keluarganya sendiri. Gara-gara kasus ini, kepercayaan Shanty pada Tike yang merupakan sepupunya pun pupus.

9. Ussy Sulistiawaty

Ussy Sulistiawaty positif Covid19. (Youtube/UssyAndhikaOfficial)
Artis Kena Tipu (Youtube/UssyAndhikaOfficial)

Sama seperti Zaskia Gotik, Ussy Sulistiawaty kena tipu saat belanja tas Hermes seharga Rp117 juta. Saat itu ia bertransaksi melalui via WhatsApp. Karena mengira orang menjual tas adalah temannya yang butuh uang, Ussy tidak ragu mengirim uang muka Rp40 juta. Ternyata tas yang dibeli tidak datang, dan nomor WhatsApp tidak aktif. Setelah melapor ke polisi, pelaku akhirnya ditangkap.

Melihat deretan kasus artis kena tipu di atas, membuat kita agar lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang terdekat. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Tags # artis kena tipu # tamara bleszynski # ussy sulistiawaty

Hot Video

Berita Terkini