Seleb

Profil Jerinx SID yang Resmi Bebas: Musisi Penuh Prestasi dan Kontroversi

Jerinx SID harus mendekam di penjara karena menyebut Ikatan Dokter Indonesia sebagai kacung WHO.

Yohanes Endra

Profil Jerinx SID (Instagram/@jrxsid)
Profil Jerinx SID (Instagram/@jrxsid)

Matamata.com - Jerinx SID dipastikan bebas murni hari ini, Selasa (8/6). Kabar tersebut disambut bahagia keluarga serta penggemar. Salah satu orang yang paling bahagia atas kebebasan Jerinx tentu saja sang istri, Nora Alexandra. Melalui Instagram, Nora kembali membuktikan apabila dirinya setia menunggu Jerinx sampai bebas. "Aku sesuai omongan, dan sumpahku, sudah lunas menemani JRX sampai dia bebas. Dah gitu aja," tulis Nora menyambut kebebasan Jerinx.

Nora Alexandra dan Jerinx SID. (Instagram/ncdpapl)
Nora Alexandra dan Jerinx SID. (Instagram/ncdpapl)

Nora juga tak mau mendengar gosip yang menyebut dirinya sebagai penyebab Jerinx dijebloskan ke penjara. Sebab sejak sebelum menikah, Jerinx sudah dikenal sebagai sosok yang kritis. Untuk menyambut kebebasan Jerinx, keluarga telah mempersiapkan upacara pembersihan diri. Sedangkan penyambutan fans dan simpatisan akan digelar secara virtual mengingat kondisi pandemi Covid-19 belum mereda.

Siapa Jerinx SID dan bagaimana sepak terjangnya sebagai musisi hingga aktivis?

Drummer SID

Jerinx SID. (Suara.com/Oke Atmaja)
Profil Jerinx SID. (Suara.com/Oke Atmaja)

Jerinx yang memiliki nama asli I Gede Ari Astina lahir di Bali pada 10 Februari 1977. Ia memulai kariernya sebagai inisiator sekaligus drummer band beraliran rock asal Bali, Superman Is Dead (SID). Penampilan garang dengan tato di sekujur tubuhnya telah menjadi ciri khas Jerinx.

SID yang mulai berkarya pada 1995 telah menelurkan 7 album. Salah satu prestasi luar biasa SID adalah diundang Warped Tour Festival untuk konser di beberapa kota di Amerika Serikat. SID merupakan satu-satunya band di Indonesia dan band kedua di Asia yang tampil dalam konser tersebut.

Aktivis Sosial dan Lingkungan

Jerinx SID (Instagram/@jrxsid)
Profil Jerinx SID. (Instagram/@jrxsid)

Jerinx SID juga menjadi pengusaha dan brand ambassador beberapa produk ternama. Belakangan Jerinx SID lebih aktif menggerakkan aksi sosial. Ia juga dikenal peduli dengan lingkungan.

Salah satu aksi Jerinx adalah menolak reklamasi di Tanjung Benoa, Bali. Bahkan karena kepeduliannya tersebut, Jerinx diundang ke Istana Negara untuk menyampaikan keluhan langsung kepada Presiden Joko Widodo pada 2015.

Menikah dengan Nora Alexandra

Nora Alexandra dan Jerinx SID. (Instagram/ncdpapl)
Profil Jerinx SID. (Instagram/ncdpapl)

Jerinx SID menikahi model blasteran Swiss yakni Nora Alexandra Philip pada Oktober 2019. Beda usia 17 tahun tak menyurutkan romansa di antara keduanya. Bahkan saat Jerinx dipenjara, Nora selalu setia mendampingi dan mendukung sang suami.

Sebelum dengan Jerinx, Nora sempat menikahi Aliff Ali. Namun dari dua pernikahan tersebut, Nora belum dianugerahi keturunan.

Dipenjara Karena Berpendapat di Media Sosial

Nora Alexandra dan Jerinx SID. (Instagram/@ncdpapl)
Profil Jerinx SID. (Instagram/@ncdpapl)

Kontroversi sebenarnya bukan hal baru bagi Jerinx. Di tengah pandemi Covid-19 yang amat menyulitkan tenaga medis pada 2020, Jerinx mengungkap pendapat. Ia menyebut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) adalah "kacung" organisasi kesehatan dunia WHO.

Jerinx kemudian dilaporkan ke Polda Bali atas tuduhan pencemaran nama baik. Meski sudah menyampaikan permintaan maaf, Jerinx masih ditetapkan sebagai tersangka. Ia mulai mendekam di penjara pada pertengahan Agustus 2020.

Sebelum ditangkap karena pernyataan tersebut, Jerinx juga sempat menggelar demo Indonesia Tolak Rapid bersama Masyarakat Nusantara Sehat (MANUSIA). Mereka turun ke jalanan Bali tanpa menggunakan masker sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan.

Kontroversi dengan Sederet Artis

Jerinx SID dan Nora Alexandra Philip (Instagram/@jrxsid)
Profil Jerinx SID (Instagram/@jrxsid)

Tak hanya dengan pemerintah, Jerinx SID rupanya sempat menyenggol sejumlah artis. Sebut saja Via Vallen yang disentil Jerinx karena tidak pernah meminta izin saat menyanyikan lagu Sunset di Tanah Anarki milik SID. Bahkan Via disebut merendahkan kesakralan lagu tersebut.

Kemudian Jerinx sempat menyinggung Anang Hermansyah soal RUU Permusikan. RUU tersebut memang diusulkan Anang yang sempat menjabat sebagai anggota DPR RI. Ashanty kemudian menanggapi kritik Jerinx yang akhirnya malah merambah ke ranah pribadi.

Selain Via Vallen dan Anang-Ashanty, Jerinx SID juga sempat berdebat dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hingga Nikita Mirzani.

Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report