Seleb

Sederet Aksi Sosial Raline Shah Hingga Layak Masuk Penghargaan Bergengsi

Raline Shah mewakili Indonesia di E! People's Choice Awards 2019.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Raline Shah (Suara.com/Sumarni)
Raline Shah (Suara.com/Sumarni)

Matamata.com - Mewakili Indonesia di E! People's Choice Awards 2019, aktris Raline Shah langsung menjadi perbincangan hangat. Dia masuk nominasi untuk kategori The Most Inspiring Asian Woman of 2019.

Aksi sosial yang sering dilakukan Raline Shah jadi salah satu pertimbangan mengapa dirinya masuk kategori tersebut. Kepada SUARA.com, dia mengaku memang terbiasa lakukan kegiatan amal bersama keluarga sejak dulu.

"Ayah sama ibu aku emang banyak volunteer dalam kegiatan amal. Ibu aku sendiri sudah 18 tahun dengan YPAC (Yayasan Pembinaan Anak Cacat) Medan. Kebetulan aku memang orang Medan, dia jadi ketua YPAC dan banyak melakukan hal-hal amal," kata Raline Shah, Rabu (18/9/2019).

"Ayah saya sendiri punya Yayasan Rahmat dan memang dari kecil suka membantu. Moto dia itu biar kecil tapi nyata dan berharga," ujarnya lagi.

Raline Shah (Sumarni/Suara.com)
Raline Shah (Sumarni/Suara.com)

Tak cuma itu, pemain Surga yang Tak Dirindukan ini juga pernah menjual bukunya waktu duduk di bangku Sekolah Dasar buat didonasikan. Selanjutnya saat menjadi mahasiswa di Singapura, Raline Shah juga didapuk sebagai Presiden Misi Kami Peduli.

"MKP (Misi Kami Peduli) itu adalah punya murid-murid Indonesia di National University of Singapore. Mereka menggalang dana di universitas. Dan kita kembali ke Indonesia pas libur, bener-bener buat benerin sekolah, kelas dan mendonasikan komputer. Dan tahun ini MKP anniversarry 10 tahun, saya akan terbang ke Singapura untuk ketemu presiden barunya. Terus bikin motivation speech, jadi mentor mereka," kata Raline Shah menjelaskan.

Yang mengejutkan, Raline Shah juga punya sejumlah yayasan yang berfokus membantu orang-orang membutuhkan di pelosok Indonesia. Bahkan yayasan itu pun mendapat dukungan dari pemerintah.

"Beberapa tahun ini, saya mengadakan Yayasan Bakti Nusantara, saya jadi foundernya. Jadi setiap tahun saya membenarkan suatu daerah misal bekerjasama dengan pemerintah buat membenarkan sekolah, rumah sakitnya. Kita juga bekerjasama buat operasi bibir sumbing," ucap Raline Shah.

"Motivasi saya jadi aktris juga untuk membantu lebih banyak orang. Rumah Harapan juga juga jadi co-founder. Jadi dari sini kecintaan kita kepada anak-anak yang tidak punya tempat tinggal buat tinggal di sana. Kita punya tujuh di seluruh Indonesia," katanya lagi.

Seperti diketahui, dalam nominasi tersebut Raline Shah bersaing dengan Alia Bhatt (India), CL dan Jung Yu-Mi (Korea), Chutimon Chuengcharoensukying dan Praya Lundberg (Thailand), Yuna (Malaysia) dan Zhou Dongyu (China). 

Wah, bikin bangga banget nih Raline Shah [Sumarni]

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report