Seleb

Chicco Jerikho hingga Jefri Nichol Dukung Tio Pakusadewo

Tuntutan hukum yang diterima aktor senior Tio Pakusadewo membuat sejumlah artis tak terima, kenapa ya?

Tinwarotul Fatonah

Chicco Jerikho dan Jefri Nichol
Chicco Jerikho dan Jefri Nichol

Matamata.com - Tuntutan hukum yang diterima aktor senior Tio Pakusadewo membuat sejumlah artis tak terima hingga membuat hashtag #bersamatyopakusadewo  #pakepasal127aja #tyo4rehab #kamibersamatyopakusadewo #MencariKeadilan.

Tio Pakusadewo sebelumnya dituntut 6 tahun penjara. Deretan artis yang mendukung menganggap hal itu tidak adil jika dibandingkan dengan tuntutan artis Jennifer Dunn yakni 8 bulan penjara.

Setelah sebelumnya banyak artis yang menyambangi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk mengungkapkan dukungannya terhadap aktor peraih 5 Piala Citra ini, kini artis juga ramai - ramai mendukung Tio Pakusadewo lewat media sosial. 

Tio Pakusadewo saat menjalani persidangan kasus narkoba di PN Jakarta Selatan, Senin (30/4/2018). (Sumarni/Suara.com)
Tio Pakusadewo saat menjalani persidangan kasus narkoba di PN Jakarta Selatan, Senin (30/4/2018). (Sumarni/Suara.com)

Artis beserta netizen mengungkapkan kepedulian dan dukungannya kepada aktor Surat Dari Praha ini. Semua setuju jika Tio Pakusadewo adalah korban atau pemakai sehingga karenanya, ia layak di rehabilitasi. 

Berikut ini artis-artis yang unjuk kepedulian dan dukungannya untuk Tio Pakusadewo. 

Chicco Jerikho

Chicco Jerikho (Sumarni/Suara.com)
Chicco Jerikho (Sumarni/Suara.com)

Aktor Filosofi Kopi ini dengan tegas menjelaskan dukungannya untuk Tio Pakusadewo yang terkait kasus narkoba. 

"Bersama Abah @pksdw ! Orang sakit ya di rehab jangan di bui" ujarnya dalam unggahan video di instagramnya. 

Chicco juga menilai bahwa di dunia akting, Tio sudah seperti ayahnya sendiri. 

"Saya kenal beliau, beliau panutan saya dan sudah seperti Bapak di aktoran ini...beliau orang yang sangat baik dan tulus...bukan penjahat Bukan juga pengedar, apalagi bandar, beliau adalah korban narkoba," ujarnya. 

Tora Sudiro

Tora Sudiro (Ismail/Suara.com)
Tora Sudiro (Ismail/Suara.com)

Aktor yang pernah terkait kasus narkoba ini juga menyampaikan dukungannya untuk Tio Pakusadewo. Lewat instagramnya, aktor film Quickie Express ini mengunggah gambar karikatur Tio Pakusadewo. 

"Ia adalah seorang aktor idola bukan utk gw aja tapi buat banyak org, selalu ada tawa dan canda kalo lg kerja bareng dia, aku yakin bgt kalo dia bukan kriminal. Yg kuat ya om... Bismillah lekas selesai masalahnya," tulis Tora Sudiro dalam captionnya. 

Dwi Sasono

Aktor Dwi Sasono berbicara dalam peluncuran film Gerbang Neraka di Jakarta, Rabu (13/9). [Suara.com/Puput Pandansari]
Aktor Dwi Sasono berbicara dalam peluncuran film Gerbang Neraka di Jakarta, Rabu (13/9). [Suara.com/Puput Pandansari]

Aktor Tetangga Masa Kini ini dengan tegas mendukung rekan seprofesinya. Tanpa banyak kata, suami dari Widi AB Three ini mendoakan yang terbaik buat Tio Pakusadewo. 

"Peluk hangat dari kami... be strong om tyo @pksdw," ujar Dwi Sasono. 

Jefri Nichol

Jefri Nichol (Sumarni/Suara.com)
Jefri Nichol (Sumarni/Suara.com)

Aktor muda yang populer dengan film Dear Nathan ini juga menyampaikan pesan serupa seperti Chicco Jerikho, ia pun setuju bahwa pemakai itu tak seharusnya di penjara.

"Bersama bapak!! Orang lagi sakit ya disembuhin bukan di BUI!!!" ujar Jefri Nichol. 

Djenar Maesa Ayu

Djenar Mahesa Ayu (djenarmaesaayu/instagram).
Djenar Mahesa Ayu (djenarmaesaayu/instagram).

Penulis novel terkenal dengan buku Kartini ini menitip pesan kepada siapapun untuk menemani proses penyembuhan Tio Pakusadewo ini dengan baik.

"Don’t let him walk alone on the road to recovery," ujar Djenar. 

Netizen bandingkan tuntutan hukum Tio Pakusadewo dan Jennifer Dunn

Ketidakadilan tuntutan hukuman terhadap kedua artis indonesia, Tio Pakusadewo dan Jennifer Dunn mendadak ramai di jagat media sosial. 

Sekadar informasi, aktor Tio Pakusadewo dituntut enam tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait kasus narkoba, sementara artis Jennifer Dunn yang terkait kasus yang sama dituntut lebih ringan Tio Pakusadewo, yakni 8 bulan penjara.

Timpangnya tuntutan Jaksa Penuntut Umum terkait kasus narkoba dari kedua artis ini menjadi bahan diskusi yang hangat antar sesama warganet. 

Diambil dari akun gosip, mereka mempertanyakan ketidakadilan hukum di Indonesia ketika muncul dua tuntutan yang berbeda ini. Menurut warganet, faktor uang lah yang selama ini menjadi penentu berapa lama terdakwa akan dihukum karena suatu kasus. 

Pendapat warganet terkait perbedaan hukuman Tio dan Jedun (instagram).
Pendapat warganet terkait perbedaan hukuman Tio dan Jedun (instagram).

"Semuanya sih gak bener ya cuma ya rasanya gak adil tidak seperti artis lain yang dihukum beberapa bulan tp bapaknya 6 tahun. Trus pas disidang minta rehab aja dimarahin cuma karena udah masuk sidang padahal artis lain aja bisa rehab dan sidang juga. Money talk kali ya?" ujar akun @270388heartbeat.

Curiga money talks

"indonesia tergantung sama uang, lebih gede ngasih uangnya lebih cepat dia keluar" tulis akun @sabilaaaprlhukum.

"Ya wajar lah... kan mau lebaran.... buat beli baju, buat beli nastar , sama opor ayam kan perlu duit.... jadi siapa yg banyak ngasih amplop dia yg bebas duluan.... simpel," ujar @obichristian17.

"Mmgnya klo minta maaf bisa ngurangi masa tahanan ya? Ajaib bgt nih negara," ujar @mrsnoviaryatimarzuki.

Ramai juga pembicaraan soal perbedaan tuntunan ini dari berapa banyak jumlah narkoba. Namun beberapa warganet memprotes hal ini. 

"Sebenernya bukan dari berapa banyak jumlahnya, tapi dari kepemilikannya. Jadi seharusnya hukum sama adil dooong.... kan sama2 punya Sabu. Beda cerita kalo pengedar ataupun bandar kaaan," tulis @lena_pratiwi

Tio Pakusadewo dan teman-teman Parfi di PN Jaksel, Kamis (7/6/2018) [Suara.com/Wahyu Tri).
Tio Pakusadewo dan teman-teman Parfi di PN Jaksel, Kamis (7/6/2018) [Suara.com/Wahyu Tri).

Anak Tio Pakusadewo angkat bicara 

Selain warganet, putra Tio, Kautsar Pakusadewo mengaku cukup kaget dengan tuntutan itu. Meskipun akhirnya, dia optimis sang ayah akan mendapat keadilan pada vonis nanti.

Nagra kemudian disinggung awak media soal artis Jennifer Dunn yang dituntut lebih ringan ketimbang sang ayah, yakni 8 bulan penjara. Padahal, kasus narkoba yang menjerat Jedun bukan kali pertama. Artis cantik ini sudah beberapa kali bolak-balik terkait kasus yang sama. 

Jennifer Dunn (Wahyu Tri Laksono/Suara.com)
Jennifer Dunn (Wahyu Tri Laksono/Suara.com)

"Ya itu rame ya, aduh gimana ya bukannya mau ngebandingin ya. Tapi ini kan baru pertama (kasus yang menjerat Tio). Pokoknya Tuhan adil lah udah itu aja," ujar Nagra.

Tio Pakusadewo dituntut 6 tahun penjara dipotong masa tahanan dan denda Rp 800 juta subsider 6 bulan penjara. Dia dinilai terbukti bersalah karena memiliki dan menggunakan narkoba jenis sabu secara ilegal.

Tio Pakusadewo didakwa 4 tahun bui. [suara.com/Sumarni]
Tio Pakusadewo didakwa 4 tahun bui. [suara.com/Sumarni]

Jaksa dalam tuntutannya memakai pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 undang-undang narkotika.

Sedangkan Jennifer Dunn yang sudah tertangkap karena kasus narkoba untuk ketiga kalinya itu dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman 8 bulan penjara dipotong masa tahanan.

Jennifer Dunn saat mendengarkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018) [Suara.com/Ismail].
Jennifer Dunn saat mendengarkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018) [Suara.com/Ismail].

Jaksa menilai Jennifer Dunn secara sah terbukti melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkoba.

Jennifer Dunn dituntut sesuai dengan pasal dakwaan yakni pasal 127 Ayat 1 huruf A UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Upaya cari keadilan

Minggu (10/6) kemarin, Nagra Kautsar Pakusadewo, putra Tio Pakusadewo mendatangi kantor BNN Pusat bersama beberapa rekan artis, Dewi Irawan dan Jajang C. Noer untuk menanyakan tuntutan JPU 6 tahun penjara, Rp 800 juta, subsider 6 bulan penjara yang dijatuhkan kepada Tio Pakusadewo.  

Putra Tio Pakusadewo, Nagra Kautsar Pakusadewo mendatangi kantor BNN, Minggu (10/06) [Suara.com]
Putra Tio Pakusadewo, Nagra Kautsar Pakusadewo mendatangi kantor BNN, Minggu (10/06) [Suara.com]

"Saya sebagai pihak keluarga Tio yang nggak mengerti mengenai hukum, ketemu bukan urusan sama lembaga (BNN) tapi perorangan (Humas BNN), apa yang mau dibuat kedepannya," kata Nagra usai melakukan pertemuan di kantor BNN Pusat, kawasan Cawang, Jakarta Timur, Minggu (10/6/2018).

Dalam pertemuannya dengan Kepala Bagian Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kombes Sulistiandriatmoko, Nagra menegaskan pertemuannya mengatasnamakan pribadi bukan lembaga.

"Jadi kita ketemu Bukan BNN tapi Humas, bukan mengatas namakan BNN tapi perorangan. Untuk jawaban gimana, solusi gimana. Proses hukum masih berjalan, jadi perlu di kroscek lagi mengenai pasal-pasal," jelas lelaki berkacamata tersebut.

Sayang, putra Tio Pakusadewo ini menolak memberi tahu hasil pertemuannya dengan kepala humas yang baru dilantik 3 bulan lalu. 

Suara.com/Wahyu Nugroho

Berita ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul: Artis Ramai-ramai Dukung Tio Pakusadewo di Media Sosial

Berita Terkait

Berita Terkini