6 Duka Mendalam di Tahun 2022, Meninggalnya Eril Anak Ridwan Kamil hingga Tragedi Kanjuruhan

Tahun 2022 diwarnai banyak kejadian yang menjadi duka bagi seluruh masyarakat Indonesia dan dunia.

Nur Khotimah
Selasa, 13 Desember 2022 | 15:16 WIB
Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/ataliapr)

Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/ataliapr)

Matamata.com - Tahun 2022 akan segera berakhir dalam beberapa minggu lagi. Sepanjang tahun ini ada banyak kejadian dan musibah yang meninggalkan duka. Tak hanya untuk orang Indonesia saja, duka mendalam 2022 juga dirasakan oleh dunia.

Mulai dari meninggalnya sosok penting sampai tragedi maut yang menewaskan ratusan orang. Semua kejadian tersebut akan selalu dikenang bukan saja oleh keluarga tapi juga masyarakat umum. Dirangkum MataMata.com dari berbagai sumber, berikut adalah sejumlah musibah yang meninggalkan duka mendalam di tahun 2022.

1. Meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz

Baca Juga: 10 Grup Kpop yang Bubar di Tahun 2022, Ada NU'EST Hingga DIA

Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/ataliapr)
Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/ataliapr)

Tenggelamnya Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi perhatian seluruh warga Indonesia. Eril tenggelam di Sungai Aare yang ada di Bern, Swiss pada akhir Mei lalu. Setelah semua proses pencarian, akhirnya jenazah Eril ditemukan pada 8 Juni di Bendungan Engehalde Swiss pukul 6.50 pagi waktu setempat. Kepulangan jenazah Eril disambut ramai oleh masyarakat yang turut sedih atas duka yang dirasakan keluarga Ridwan Kamil.

2. Tragedi Kanjuruhan

Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/helmyyahya)
Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/helmyyahya)

Stadion Kanjuruhan, Malang jadi saksi bisu tragedi maut yang menewaskan ratusan nyawa pada 1 Oktober 2022. Kekalahan Arema saat lawan Persebaya Surabaya memicu suporter Arema turun ke lapangan hingga menimbulkan kerusuhan. Namun, langkah aparat yang melepaskan gas air mata justru memicu kepanikan penonton yang masih ada di tribun. Keadaan diperparah dengan tak kunjung dibukanya pintu keluar hingga terjadi penumpukan massa hingga memakan korban jiwa. Tercatat 135 orang tewas dan ratusan lainnya cedera yang membuat tragedi ini menjadi bencana mematikan kedua dalam sejarah sepak bola dunia.

Baca Juga: 6 Seleb Kebanyakan Drama Tahun 2022, Termasuk Lesti Kejora-Rizky Billar

3. Tragedi Halloween Itaewon

Fakta Tragedi Halloween Itaewon. (Instagram/zonakorea)
Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/zonakorea)

Perayaan Halloween di Itaewon Korea Selatan pada 29 Oktober 2022 menjadi tragedi mengerikan selanjutnya. Kerumunan massa saling berdesakan menyebabkan 156 orang meninggal termasuk Lee Ji Han, aktor yang sedang mempersiapkan drama barunya. Tragedi ini menjadi hari berkabung nasional di Korea Selatan dan juga dunia. Banyak negara termasuk Indonesia yang juga mengungkapkan rasa duka atas tragedi ini. Penyebab kematian para korban adalah sesak nafas hingga serangan jantung karena berdesakan.

4. Gempa Cianjur

Baca Juga: 10 Artis Indonesia Melahirkan di Tahun 2022, Adipati Dolken Resmi Jadi Ayah

Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/ashanty_ash)
Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/ashanty_ash)

Sebuah gempa bumi dengan kekuatan 5.6 Mw di kedalaman 10 km terjadi Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022. Gempa yang terjadi pada pukul 13.21 WIB itu terasa sampai beberapa wilayah di tanah air. Menurut BNPB sebanyak 334 orang tewas, tapi data dari pemerintah Kabupaten Cianjur menunjukkan hasil berbeda. Jumlah korban tewas disebutkan 2 kali lebih besar yaitu mencapai 600 orang. Mirisnya sepertiga dari korban meninggal adalah anak-anak.

5. Meninggalnya Lord Rangga

Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/lordranggaofficial)
Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/lordranggaofficial)

Edi Raharjo yang lebih akrab disapa Lord Rangga, adalah petinggi Sunda Empire. Ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Sunda Empire. Lord Rangga meninggal dunia pada 7 Desember 2022 kemarin. Penyebab kematiannya diduga karena terlalu lelah. Kabar tersebut menjadi duka bagi para netizen, hingga membuat nama Lord Rangga trending.

6. Pengesahan RKUHP

Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/kabarsejuk)
Duka Mendalam di Tahun 2022. (Instagram/kabarsejuk)

RKUHP telah disahkan menjadi undang-undang, padahal masih ada sejumlah pasal yang dianggap bermasalah. Salah satunya adalah pasal yang mengandung asas nonretroaktif. Asas ini memungkinkan kejahatan di masa lalu tidak dapat dipidana dan diadili dengan peraturan baru tersebut. Hal ini menjadi duka bagi mereka yang masih berjuang untuk membela pada korban kejahatan HAM masa lalu yang hingga sekarang belum tuntas.

Duka mendalam tahun 2022 bukan hanya terjadi atas hilangnya nyawa manusia tapi juga atas hilangnya kebebasan dalam hidup di negara demokrasi. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah

Berita Terkait

TERKINI

Kepoin yuk momen Rossa tampil berkebaya di Stasiun TV China!
life | 11:00 WIB
Rachel Vennya mendapatkan banyak doa dari penggemar agar debut aktingnya sukses.
life | 08:00 WIB
Simak Lirik Lagu Buru Buru - Mahalini
life | 20:57 WIB
Wulan Guritno berperan sebagai PSK ungkapkan pengalaman adu akting adegan panas dengan Wingki Wiryawan.
life | 09:00 WIB
Simak Lirik Lagu Sial - Mahalini.
life | 19:01 WIB
Diklaim bahwa hanya ada 1 dari 100 orang yang mampu menonton film tahun 2017 itu sampai tamat.
life | 08:30 WIB
Birdy Sout East Asia Tour sebelumnya sukses digelar di Filipina, Thailand, Malaysia dan Singapura pada Agustus dan September 2022.
life | 20:45 WIB
Simak Lirik Lagu Mengejar Matahari - Keisya Levronka feat Andi Rianto.
life | 19:25 WIB
Debut tahun 1973, Christine Hakim telah membintangi puluhan judul film.
life | 13:51 WIB
Para juri terbius hingga mengaku lupa apabila penyanyi lagu "Kecewa" yang asli adalah BCL.
life | 20:50 WIB
Tampilkan lebih banyak