Life

Cari Bakat Baru, iKonser Gelar Audisi Musisi Bertajuk 'Musik Tanpa Batas'

Ahmad Sobirin selaku CEO iKonser Channel mengatakan bahwa iKonser bakal mencari musisi-musisi berbakat.

Yohanes Endra | Dea Dezellynda Madya Ratri
Rabu, 05 Januari 2022 | 20:15 WIB
Musik Tanpa Batas (iKonser)
Musik Tanpa Batas (iKonser)

Matamata.com - Dunia musik harus memutar otak untuk mengikuti perkembangan zaman dan era digital. Muncullah platform musik digital yang memudahkan para musisi untuk tetap berkarya terlebih di tengah pandemik.

iKonser, media hiburan yang menayangkan konser online melakukan gebrakan baru di awal tahun. iKonser mengumumkan bakal menggelar ajang pencarian musisi dalam program bertajuk 'Musik Tanpa Batas'. Ajang tersebut bakal digelar di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Musik Tanpa Batas (iKonser)
Musik Tanpa Batas (iKonser)

Dalam konferensi pers yang digelar iKonser pada Rabu (05/01/22) lewat daring, Ahmad Sobirin selaku CEO iKonser Channel mengatakan bahwa iKonser bakal mencari musisi-musisi berbakat.

Nantinya juri akan mengambil 4 musisi yang lolos seleksi. Selanjutnya bakal diadakan seleksi lanjutan yang memilih juara pertama. Tak main-main, nantinya pemenang bakal tampil di Prambanan Jazz Festival yang merupakan gelaran musik besar tanah air.

"Jadi para musisi yang kita jaring ini akan kita ambil 4 pemenang yang masing-masing akan tampil di iKonser Fest pada 26 Maret. Dari penampilan itu, 1 yang terpilih akan kita tampilkan di Prambanan Jazz Festival sesuai dengan genre musisi yang kita pilih," jelas Ahmad Sobirin.

Tak hanya itu, pemenang nantinya bakal mendapat hadiah uang tunai dan berbagai keuntungan lain. Dan yang pasti, karya-karya musisi yang terpilih bakal dipromosikan lewat media sosial iKonser.

Adapun tahapan-tahan aktivasi pencarian bakat musisi baru tersebut adalah sebagai berikut:

Tahap pertama, band/musisi melakukan registrasi sebagai peserta aktivasi ‘Musik Tanpa Batas; Ajang Pencarian Musisi Baru dan Rekam Skena’ di Wilayah Jateng dan DIY melalui website www.ikonser.id dengan cara mengumpulkan data administrasi beserta 2 (dua) karya video live session dan 1 (satu) video greeting dan profile band/musisi pendaftar.

Tahap kedua, semua video peserta yang lolos seleksi administrasi akan diunggah ke kanal Youtube iKonser oleh tim iKonser Channel secara bertahap. Dari video-video yang telah diunggah tersebut akan diseleksi untuk mencari 20 band/musisi yang akan lolos untuk tahap selanjutnya. Penilaian pada tahap ini adalah berdasarkan viewers YouTube dan penilaian juri independen yang terdiri dari individu-individu yang qualified di bidang musik (15 band/musisi akan ditentukan berdasarkan viewers YouTube, dan 5 band/musisi berdasar penilaian juri)

Tahap ketiga, 20 (dua puluh) band/musisi yang terpilih pada seleksi babak kedua akan ditayangkan di ikonser channel useeTV Ch. 459 SD/959 HD dengan jadwal tayang yang telah ditentukan. Dari tayangan di channel televisi iKonser tersebut, kemudian akan diseleksi dan dipilih 10 besar band/musisi yang akan ikut pada babak grand final. Penilaian pada babak ini adalah berdasarkan viewers tertinggi di channel televisi iKonser dan voting tertinggi pada aplikasi iKonser yang saat ini dapat di download di Playstore.

Tahap keempat: 10 band/musisi yang berhasil lolos sampai Grand Final 10 akan tampil secara offline untuk menentukan empat pemenang yang akan ditentukan langsung oleh beberapa juri yang qualified di bidang musik. Komposisi juri tersebut terdiri dari musisi dan pihak iKonser sebagai penyelenggara.

Tahap kelima, pemenang utama akan mendapatkan sejumlah uang tunai dan berkesempatan menjadi salah satu guest star pada Jogjarockarta 2022 atau Prambanan Jazz 2022 (sesuai dengan genre) dan bersama dengan 3 pemenang lainnya akan tampil pada panggung yang sama dengan musisi nasional pada iKonser Fest 2022 yang rencana nya akan diadakan pada Sabtu, 26 Maret 2022 secara offline dan akan disiarkan langsung di iKonser Channel,
applikasi iKonser, dan juga akan mendapatkan hadiah uang tunai.

Berikut cara pendaftaran iKonser 'Musik Tanpa Batas':
- Tahap pertama, via submit email ke registrasiikonser@gmail.com dengan mengumpulkan data administrasi, 1 ide dan konsep dalam format teks (PDF)
- Tahap kedua, semua peserta yang lolos seleksi administrasi akan mempresentasikan ide dan konsepnya yang akan diseleksi oleh juri
- Tahap ketiga, pendampingan proses produksi oleh tim fasilitator sampai ada hasil video teaser yang akan diunggah di kanal YouTube iKonser
- Tahap keempat , peserta akan diberikan sesi screening dan diskusi offline bersama para juri dan fasilitator
- Tahap kelima, diambil 3 pemenang yang berhak untuk menerima hadiah penghargaan dan karya akan ditayangkan online pada program iKonser dan offline saat pelaksanaan iKonser Fest.

Tags # ikonser # musik tanpa batas # prambanan jazz festival

Hot Video

Berita Terkini