5 Rekomendasi Film Terbaik Amitabh Bachchan yang Lagi Ulang Tahun ke-80, Ada Black!

Amitabh Bachchan ulang tahun, yuk kita intip beberapa film terbaiknya yang keren abis!

ade wismoyo
Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:06 WIB
Film Terbaik Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

Film Terbaik Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

Matamata.com - Salah satu aktor besar dan paling berpengaruh di industri film India, Amitabh Bachchan ulang tahun ke-80 pada hari ini, Selasa (11/10/2022). Di momen istimewanya ini, yuk kita intip sama-sama beberapa film terbaik Amitabh Bachchan yang pastinya keren abis!

Amitabh Bachchan yang lahir pada 11 Oktober 1942 merupakan salah satu aktor paling sukses dan legendaris dalam sejarah perfilman India. Selama tahun 1970-an dan 1980-an, mertua Aishwarya Rai ini adalah aktor paling dominan di kancah film Bollywood makanya nggak heran banyak film hits yang sudah dibintanginya. 

Dalam sejarah kariernya yang panjang, Amitabh Bachchan pastinya sudah menghasilkan banyak film populer dan memenangkan banyak penghargaan. Dia tampil di film hits seperti Zanjeer (1973), Deewaar (1975), Don (1978), Silsila (1981), Mohabbatein (2000), dan masih banyak lagi.   

Baca Juga: - 11 Musisi Indonesia Kena Skandal, Terbaru Pamungkas

Film Terbaik Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)
Film Terbaik Amitabh Bachchan (Instagram/@amitabhbachchan)

Dari sekian banyaknya film yang dibintanginya, mari kita intip beberapa rekomendasi film terbaik Amitabh Bachchan yang sayang dilewatkan di mana sinopsisnya dilansir dari IMDb dan sumber lainnya. Yuk kita simak sama-sama siapa tahu ada film kesukaanmu!

1. Agneepath (1990)

Film Terbaik Amitabh Bachchan (IMDb)
Film Terbaik Amitabh Bachchan (IMDb)

Agneepath merupakan sebuah film aksi kejahatan yang dibintangi oleh Amitabh Bachchan tahun 1990 lalu. Film ini dibuat ulang pada tahun 2012 dengan judul yang sama oleh putra Yash Johar yaitu Karan Johar sebagai penghormatan kepada ayahnya yang memproduksi film tersebut. 

Baca Juga: - Pegang Tangan Anak, Ruben Onsu Curhat Pilu: Seandainya Tuhan Punya Cerita Lain...

Amitabh Bachchan berperan sebagai Vijay, seorang pria yang berjuang untuk membalas kematian ayahnya dan ketidakadilan yang dilakukan pada keluarganya. Dalam prosesnya, dia bergabung dengan dunia bawah Mumbai. Berkat aktingnya di film tersebut, Amitabh Bachchan menyabet piala National Film Award pertamanya untuk Aktor Terbaik di National Film Awards ke-38.

2. Black (2005)

Film Terbaik Amitabh Bachchan (IMDb)
Film Terbaik Amitabh Bachchan (IMDb)

Tahun 2005, Amitabh Bachchan membintangi film Black yang ditulis, disutradarai, dan diproduksi bersama oleh Sanjay Leela Bhansali. Film ini juga menggaet Rani Mukerji, Ayesha Kapur, Shernaz Patel dan Dhritiman Chatterjee dalam peran penting. 

Baca Juga: - 10 Potret Lesti Kejora Umrah Perlihatkan Dirinya Mulai Bisa Tersenyum, Pengacara Billar Justru Beri Sentilan

Film ini berkisah tentang Michelle (Rani Mukerji), seorang wanita muda yang tidak bisa melihat, mendengar, atau berbicara. Dia bertemu dengan Debraj (Amitabh Bachchan), gurunya yang membawa secercah cahaya ke dunianya yang gelap. Amitabh Bachchan menyabet piala Best Actor di National Film Awards, serta Best Actor dan Best Actor (Critics) di Filmfare Awards berkat penampilannya. 

3. Paa (2009)

Film Terbaik Amitabh Bachchan (IMDb)
Film Terbaik Amitabh Bachchan (IMDb)

Dibintangi oleh Amitabh Bachchan, Abhishek Bachchan, dan Vidya Balan, Paa adalah salah satu film terbaik Amitabh Bachchan yang layak kamu saksikan. Paa adalah sebuah film drama komedi tahun 2009 yang disutradarai oleh R. Balki.

Baca Juga: - Cecar Irfan Hakim, Raffi Ahmad Tanyakan Kondisi Lesti Kejora

Film ini berkisah tentang seorang ayah yang mencoba membantu putranya mengatasi kondisi langka yang menyebabkan anak lelaki itu menua melebihi usianya. Amitabh Bachchan kembali menyabet piala Best Actor di National Film Awards dan Filmfare Awards. 

4. Piku (2015)

Film Terbaik Amitabh Bachchan (IMDb)
Film Terbaik Amitabh Bachchan (IMDb)

Piku adalah film komedi hits tahun 2015 tentang hubungan antara seorang anak perempuan dengan ayahnya yang sudah lanjut usia dan eksentrik. Film ini disutradarai oleh Shoojit Sircar dan dibintangi oleh Deepika Padukone, Amitabh Bachchan, Irrfan Khan, Moushumi Chatterjee dan Jisshu Sengupta.

Film ini mendapat pujian kritikus dan sukses secara komersial di seluruh dunia. Berkat pendalaman aktingnya yang brilian, Amitabh Bachchan memenangkan penghargaan Aktor Terbaik di National Film Awards dan Aktor Terbaik (Kritikus) di Filmfare Awards. 

5. Pink (2016)

Film Terbaik Amitabh Bachchan (IMDb)
Film Terbaik Amitabh Bachchan (IMDb)

Film terbaik Amitabh Bachchan lainnya yang sayang banget dilewatkan adalah Pink tahun 2016. Film ini berkisah tentang seorang pensiunan pengacara yang membantu membersihkan nama ketiga wanita muda yang terlibat dalam kejahatan. 

Film hukum yang seru ini disutradarai oleh Aniruddha Roy Chowdhury dan dibintangi oleh Taapsee Pannu, Kirti Kulhari, Andrea Tariang, Amitabh Bachchan, Angad Bedi, Tushar Pandey, Piyush Mishra, dan Dhritiman Chatterjee. Pada National Film Awards ke-64, Pink menyabet penghargaan Best Film on Other Social Issues. 

Itu dia beberapa film terbaik Amitabh Bachchan yang hari ini ulang tahun ke-80. Tentunya masih banyak film Amitabh Bachchan yang keren lainnya karena dia memang salah satu aktor terbaik India. Kamu juga bisa nonton film barunya seperti Jhund, Runway 34, Brahmastra: Part One - Shiva, dan Goodbye. Happy birthday, Amitabh Bachchan! Ada film kesukaanmu di atas?

Kontributor: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Berita Terkait

TERKINI

Kajol bongkar perbedaan Shah Rukh Khan dan Ajay Devgn.
world | 15:41 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle dituding lakukan pencitraan.
world | 22:00 WIB
Amitabh Bachchan dan Kajol nostalgia main film bareng tahun 2000-an silam.
world | 16:03 WIB
Shak Rukh Khan mengaku pernah ingin menjadi bintang porno.
world | 22:00 WIB
Kajol ungkap sifat asli suaminya, Ajay Devgn, yang tidak diketahui publik.
world | 15:47 WIB
Ajay Devgn dikejar-kejar fans saat lagi syuting naik motor vespa.
world | 19:13 WIB
Kate Middleton memilih pakai gaun sewaan yang harganya tak sampai Rp2 juta.
world | 20:52 WIB
Ibu Zendaya buka suara terkait rumor putrinya tunangan dengan Tom Holland.
world | 22:00 WIB
Shah Rukh Khan umroh tanpa didampingi istrinya, Gauri Khan.
world | 21:04 WIB
Kajol kini telah dikaruniai dua orang anak dari pernikahannya dengan Ajay Devgan.
world | 09:00 WIB
Tampilkan lebih banyak