World

5 Film Franchise yang Ganti Pemain Inti, Mads Mikkelsen Jadi Grindelwalddi Fantastic Beasts

Johnny Depp bukan satu-satunya pemain inti yang digantikan, simak berbagai faktor yang melatarbelakanginya.

Ismail
Kamis, 14 April 2022 | 03:15 WIB

Film franchise yang ganti pemain inti (Disney)
Film franchise yang ganti pemain inti (Disney)

Matamata.com - Casting pemeran dalam sebuah proyek film amat penting. Apalagi untuk film franchise atau waralaba beranggaran besar yang mengharapkan kesetiaan penonton dalam kelanjutan proyeknya. Tak jarang aktor meninggalkan sebuah proyek film di tengah perjalanan sehingga mengharuskan pergantian pemain inti.

Produser biasanya tidak menutupi pergantian pemain inti dalam film franchise. Namun harapan agar penonton tetap mengikuti jalan cerita yang telah direncanakan tentu amat besar.

Lantas Film franchise mana saja yang ganti pemain inti? Simak ulasannya berikut ini.

1. Grindelwald di Fantastic Beasts

Film franchise yang ganti pemain inti (Warner Bros)
Film franchise yang ganti pemain inti (Warner Bros)

Film "Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore" mulai tayang di Indonesia hari ini, Rabu (13/4/2022). Johnny Depp resmi mengundurkan diri dari peran Gellert Grindelwald pada 2020 lalu.

Kabarnya Johnny Depp diminta Warner Bros mengundurkan diri karena situasi internal perusahaan yang tak lagi menoleransi kontroversi para aktornya. Johnny Depp diketahui terseret kasus kekerasan dalam rumah tangga kepada sang mantan istri, Amber Heard. Padahal posisi Grindelwald terbilang penting karena memiliki hubungan khusus dengan Albus Dumbledore.

Karakter Gellert Grindelwald di "Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore" lantas digantikan aktor Mads Mikkelsen. Aktor 56 tahun asal Denmark tersebut dinilai cocok memerankan sosok Grindelwald yang hendak menguasai dunia sihir dan menghancurkan dunia muggle itu.

Sebelumnya, Mads Mikkelsen memang telah dikenal dengan sejumlah perannya sebagai karakter antagonis. Sebut saja karakter Le Chiffre di "James Bond Casino Royale", Kaecilius di "Doctor Stranger", hingga Hannibal Lecter di serial "Hannibal".

2. Victoria di Twilight Saga

Film franchise yang ganti pemain inti (Twitter/@thebestofBDH)
Film franchise yang ganti pemain inti (Twitter/@thebestofBDH)

Peran penjahat penghisap darah Victoria di film-film "Twilight" yang sebelumnya diperankan Rachelle Lefevre mendadak digantikan Bryce Dallas Howard. Rachelle Lefevre kala itu tak bisa menyembunyikan kekecewaannya karena telah menolak sejumlah pekerjaan demi komitmennya di serial "Twilight".

Rupanya Rachelle Lefevre tak lanjut berperan di film "The Twilight Saga's Eclipse" karena menerima film "Barney's Version" yang jadwal syutingnya hanya 10 hari. Alhasil Rachelle Lefevre hanya berperan sebagai Victoria di "Twilight" dan "The Twilight Saga's New Moon".

3. War Machine di Iron Man

Film franchise yang ganti pemain inti (Disney)
Film franchise yang ganti pemain inti (Disney)

Terrence Howard digantikan Don Cheadle untuk perannya sebagai Kolonel James Rhodes alias War Machine pada "Iron Man 2" dan "Iron 3". Terrence Howard kabarnya meninggalkan Marvel Cinematic Universe karena konflik gaji.

Namun ada pula kabar yang menyebut Terrence Howard dipecat karena hubungan kurang baik dengan kru film. Apalagi setelah Howard terkesan menyindir Robert Downey Jr. yang berperan sebagai Iron Man adalah pihak yang menyarankan agar ia dipecat.

4. Dumbledore di Harry Potter

Film franchise yang ganti pemain inti (Warner Bros)
Film franchise yang ganti pemain inti (Warner Bros)

Richard Harris hanya berperan sebagai Albus Dumbledore di dua film awal "Harry Potter". Richard Harris diketahui meninggal dunia pada 25 Oktober 2002, menyisakan 6 film franchise "Harry Potter" yang seri ketujuhnya dibuat dua bagian.

Michael Gambon menggantikan Richard Harris sebagai Albus Dumbledore sejak "Harry Potter and the Prisoner of Azkaban". Ia berhasil mendapatkan hati fans film yang diangkat dari buku karya JK Rowling tersebut.

5. Rachel Dawes di Batman Begins

Film franchise yang ganti pemain inti (Pinterest)
Film franchise yang ganti pemain inti (Pinterest)

Peran Rachel Dawes yang semula diperankan Katie Holmes digantikan Maggie Gyllenhaal di film "The Dark Night". Katie Holmes tidak melanjutkan perannya sebagai Rachel Dawes karena memilih membintangi film "Mad Money" bersama Diane Keaton dan Queen Latifah kala itu.

Meski awalnya takut melakukan adegan action, Maggie Gyllenhaal berhasil memerankan karakter Rachel Dawes dengan baik berkat para kru yang membantu. Maggie juga mengagumi Katie sebagai pemeran Rachel Dawes di "Batman Begins", tetapi tak ingin meniru gayanya.

Itu dia beberapa film franchise yang mengganti pemain inti. Film mana dan aktor siapa yang menurutmu berhasil menggantikan dengan baik?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # film franchise yang ganti pemain inti # iron man # twilight

Hot Video

Berita Terkini