World

Profil Fujiko A Fujio, Kreator Doraemon yang Meninggal di Usia 88 Tahun

Fujiko A. Fujio meninggal di rumahnya di Kawasaki pada 7 April 2022.

Ismail
Jum'at, 08 April 2022 | 21:00 WIB
Profil Fujiko A Fujio (livedoornews)
Profil Fujiko A Fujio (livedoornews)

Matamata.com - Fujiko A Fujio, co-creator Doraemon dan serial manga top lainnya, telah meninggal dunia di usia 88 tahun. Komikus bernama asli Motoo Abiko ini paling dikenal lewat Doraemon yang dia kerjakan bersama rekan seniman, Hiroshi Fujimoto.

Pasangan ini mengerjakan manga klasik yang berlangsung dari tahun 1970 hingga 1996. Pada tahun 1987, kedua seniman itu menempuh jalan mereka sendiri sementara Doraemon terus berjalan. Fujiko F. Fujio sendiri meninggal pada tahun 1996.

Sementara Doraemon mungkin dianggap sebagai kesuksesan terbesar Fujio, sang seniman memang menciptakan sejumlah seri manga populer lainnya. Dia adalah sosok di balik seri klasik Ninja Hattori.

Mengenang sang komikus, simak profil Fujiko A Fujio yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Profil Fujiko A Fujio

Profil Fujiko A Fujio (GQ Taiwan)
Profil Fujiko A Fujio (GQ Taiwan)

Fujiko A Fujio merupakan mangaka Jepang yang nama aslinya adalah Motoo Abiko. Dia bekerja dengan teman masa kecilnya Fujiko F. Fujio, mendiang pencipta serial kartun terkenal Doraemon.

Berasal dari Prefektur Toyama di Jepang tengah, duo ini pindah ke Tokyo pada tahun 1954 dan menggunakan nama Fujiko Fujio. Mereka kemudian menemukan kesuksesan dengan serial hit mereka Obake no Q-taro,"tentang hantu nakal. Mereka mengakhiri kemitraan pada tahun 1987.

Pada tahun 2008, Fujiko A Fujio dianugerahi Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette. Sang komikus tutup usia pada 7 April 2022.

Perjalanan Karier Fujiko A Fujio

Profil Fujiko A Fujio (livedoornews)
Profil Fujiko A Fujio (livedoornews)

Fujiko A Fujio bertemu dengan Hiroshi Fujimoto ketika dia duduk di kelas lima SD di kota asalnya, Toyama. Mereka mulai menggambar komik bersama (walaupun hanya sebagai hobi saat itu) yang berlanjut selama 40 tahun ke depan.

Pada tahun 1952 mereka membuat debut komik mereka dengan komik berjudul Tenshi no Tamachan. Dua tahun kemudian mereka pindah ke Tokyo untuk mengejar karier profesional mereka. Mereka dibimbing secara singkat oleh mendiang Osamu Tezuka dari Astro Boy dan Kimba si Singa Putih.

Pada tahun 1956 mereka membentuk Shin Manga-To dengan Fujio Akatsuka, dan Ishinomori Shotaro dari Kamen Rider, Kikaida, dan Cyborg 009. Pada akhir 50-an dan awal 60-an, Fujiko Fujio kebanyakan menulis komik petualangan aksi yang berorientasi pada anak laki-laki pra-remaja.

Mereka melanjutkan karir produktif mereka di tahun 60-an dan 70-an dengan menulis kartun lain yang menampilkan sindikasi animasi seperti Paa Man, Kaibutsu-Kun, dan Doraemon. Salah satu karya mereka, Ninja Hattori, menjadi serial kartun yang legendaris.

Kemudian di tahun 70-an, Fujiko Fujio mulai menulis komik untuk orang dewasa. Mereka juga menulis komik semi-otobiografi tentang kehidupan dan karir mereka saat itu dengan Fujimoto digambarkan sebagai karakter utama yang agak naif.

Pada tahun 1987, Abiko mengakhiri kemitraan dengan Fujimoto, dan untuk pertama kalinya dalam lebih dari 40 tahun, mereka memutuskan untuk mengejar karir mereka sendiri, dengan Abiko mengambil nama pena Fujiko A Fujio.

Sementara Fujimoto meninggal pada tahun 1996, Fujiko A Fujio masih aktif menulis kartun berorientasi dewasa.

Meninggal Dunia

Profil Fujiko A Fujio (4gamers)
Profil Fujiko A Fujio (4gamers)

Fujiko A. Fujio meninggal di rumahnya di Kawasaki pada 7 April 2022. Menurut laporan, komikus kelahiran 10 Maret 1934 tersebut meninggal di rumahnya di Tokyo.

Polisi dipanggil ke alamat sang komikus, tetapi Fujio sudah meninggal pada saat pihak berwenang tiba. Penyelidikan awal sedang dilakukan oleh polisi, tetapi sejauh ini, laporan mengatakan tidak ada yang mencurigakan tentang kematiannya.

Itu dia profil Fujiko A Fujio, kreator komik Doraemon dan Ninja Hattori yang meninggal di usia 88 tahun. RIP Fujiko A Fujio.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Tags # fujiko a fujio # profil fujiko a fujio # fujiko a fujio meninggal dunia

Hot Video

Berita Terkini