Seleb

5 Fakta Idang Rasjidi, Musisi Jazz Senior yang Punya Segudang Prestasi

Meninggal dunia, berikut ini sederet fakta Idang Rasjidi.

Yohanes Endra
Minggu, 05 Desember 2021 | 17:30 WIB
Idang Rasjidi (Instagram/shadu_rasjidi)
Idang Rasjidi (Instagram/shadu_rasjidi)

Matamata.com - Kabar duka datang dari dunia musik, musisi jazz senior Idang Rasjidi meninggal dunia pada Sabtu (4/12/2021). Putranya, Shadu Rasjidi yang mengabarkan hal tersebut melalui akun Instagram pribadinya, shadu_rasjidi.

"Innalillahi wa inailaihi rajiun, telah meninggal dunia Ayahanda kami tercinta Chaidar Idang Rasjidi, pukul 23.35 di RS Azra Bogor. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau semasa hidup dan mohon doa agar mendapatkan tempat yang terbaik disisi Allah. Amin. Selamat jalan pah," tulis Shadu sambil mengunggah potret sang ayah ketika masih hidup.

Sahabat Idang Rasjidi, Jilly Likumahuwa mengabarkan kalau jenazah Idang akan dimakamkan di TPU Kampung Kandang. Untuk mengenang Idang Rasjidi, Matamata.com rangkum deretan fakta Idang Rasjidi di bawah ini.

1. Pianis

Idang Rasjidi (Instagram/shadu_rasjidi)
Fakta Idang Rasjidi (Instagram/shadu_rasjidi)

Pria bernama asli Chaidar Rasjidi ini dikenal sebagai musisi dengan kemampuannya memainkan piano. Bakatnya sebagai pianis ini terlihat ketika menjadi bagian dari kelompok musik Abadi Soesman Band di acara paket anak-anak TVRI. Di situlah, dia mulai terlihat warna musik jazz-nya.

2. Bergabung dengan beberapa grup musik

Idang Rasjidi (Instagram/shadu_rasjidi)
Fakta Idang Rasjidi (Instagram/shadu_rasjidi)

Perjalanan karier bermusik pria 63 tahun ini sudah sangat panjang. Dia bahkan sudah bergabung dengan beberapa grup musik selama ini. Mulai dari Abadi Soesman Band, Ireng Maulana Associate, The Galatic,  Indra Lesmana - Idang Rasjidi Reformation Jazz hingga grup Trigonia.

Dia juga pernah membentuk  Jakarta All Stars bersama Kiboud Maulana. Berbagai panggung jazz internasional juga sudah dicobanya.

3. Solo Karier dan Karya

Idang Rasjidi (Instagram/shadu_rasjidi)
Fakta Idang Rasjidi (Instagram/shadu_rasjidi)

Pria kelahiran Pangkalpinang, Bangka Belitung ini juga sempat mengeluarkan album solo berjudul Heaven and Earth. Itu dirilis sekitar tahun 1996-an.

Kemudian yang kedua adalah album Jazzy Christmas bareng Margie Segers. Ada juga album Idang sendiri yakni Jazzy Piano.

4. Sakit Komplikasi

Fakta Idang Rasjidi. (Instagram/shadu_rasjidi)
Fakta Idang Rasjidi. (Instagram/shadu_rasjidi)

Sahabatnya, Jilly mengungkapkan kalau Idang menderita penyakit komplikasi serius. Setidaknya ada 6 penyakit berat mulai dari diabetes melitus, asam urat, ginjal, pengapuran di punggung, kurang leukosit, dan albumin atau protein darah kurang.

Idang bahkan disebutkan menjalani amputasi pada 2 Desember 2021. Tindakan itu dilakukan untuk mencegah menjalarnya penyakit gula menggerogoti tubuhnya.

5. Duka kepergian Idang Rasjidi

Prosesi pemakaman Idang Rasjidi [MataMata.com/Evi Ariska]
Fakta Idang Rasjidi [MataMata.com/Evi Ariska]

Kepergian Idang Rasjidi tentunya membawa duka mendalam buat sederet musisi mulai dari Indra Lesmana, Arman Maulana hingga Andien. Apalagi selama ini kemampuan bermusik Idang tak diragukan lagi.

"Selamat jalan kakakku dalam jazz, mas Idang Rasjidi. Kita semua kehilangan musikmu, candamu, pemikiranmu, sosokmu. Semoga mas Idang sekarang bisa beristirahat dengan tenang. #idangrasjidi," tulis Indra Lesmana.

Andien juga mengingat sifat Idang Rasjidi dan sosoknya yang begitu susah dilupakan.

"Salah satu pelajaran terbaik yang aku dapat dari beliau adalah bagaimana kita sebagai musisi harus belajar mendengar, karena kita main di panggung nggak sendirian. Om Idang, ternyata apa yang Om Idang sampaikan ke kami semua lebih dari sekadar pelajaran bermusik. Tapi pelajaran kehidupan. Istirahat yang tenang, Om. Aku bangga pernah kenal dengan leganda seperti om semasa hidup," kenang Andien.

Itu kira-kira seputar fakta Idang Rasjidi. Selamat jalan legenda, karyamu akan selalu dikenang. 

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # idang rasjidi # idang rasjidi meninggal # idang rasjidi meninggal dunia

Hot Video

Berita Terkini