Seleb

7 Artis Pernah Kena Sindir dr Tirta, Terbaru Baim Wong dan Rachel Vennya

Dokter Tirta beberapa kali menyindir artis, baik itu masalah yang berhubungan dengan pandemi atau lainnya.

Tinwarotul Fatonah
Jum'at, 15 Oktober 2021 | 22:00 WIB
Dokter Tirta. (Instagram/@dr.tirta)
Dokter Tirta. (Instagram/@dr.tirta)

Matamata.com - Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, nama dr. Tirta Mandira Hudhi yang akrab disapa dengan dokter Tirta mungkin sudah tak asing lagi bagi sebagian orang. Ia juga beberapa kali menyindir artis, baik itu masalah yang berhubungan dengan pandemi atau lainnya.

Sosok dokter Tirta kerap muncul di hadapan publik sebagai relawan COVID-19 yang gencar mensosialisasikan seputar kesehatan. Ia juga mengkritik berbagai kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi. Selain pemerintah, ada sejumlah artis yang pernah kena sindir dokter Tirta. Siapa saja? Yuk kepoin!

1. Baim Wong

Profil Baim Wong (Instagram/baimwong)
Profil Baim Wong (Instagram/baimwong)

Baim Wong menuai kontroversi atas sikapnya terhadap kakek Suhud. Dokter Tirta diduga ikut menegur suami Paula Verhoeven ini. Menurut dokter Tirta, apa yang dialami Baim adalah risiko dari konten bagi-bagi uang yang bisa dianggap sebagai pamer kekayaan.

Dalam video yang dibagikan kembali oleh akun gosip, dokter Tirta juga terdengar berkata, "Kalo sampeyan mau viralin orangnya ada etikanya diblur. Negur tapi tidak sampe mempermalukan karena bahaya kecuali memang niat dalam hati memang sengaja ngontenin."

Dokter Tirta mengatakan bahwa tak baik mempermalukan orang lain, apalagi sampai dibuat konten. Ia juga menceritakan pengalaman pribadinya yang serupa dengan Baim Wong. Alih-alih mempermalukan orang-orang tersebut, ia hanya memperingatkan tanpa mengungkap identitas mereka.

2. Rachel Vennya

Rachel Vennya. (Instagram/rachelvennya)
Rachel Vennya. (Instagram/rachelvennya)

Selain Baim Wong, Rachel Vennya juga kena sindir dokter Tirta sehubungan dengan masalah kabur dari karantina. Lewat cuitan Twitter, dokter lulusan Universitas Gadjah Mada tahun 2013 itu menyindir Rachel mungkin nantinya akan dijadikan duta karantina.

Rachel Vennya dilaporkan kabur dari karantina di Wisma Atlet setelah pulang dari Amerika Serikat. Rachel dan sang kekasih dibantu oleh oknum TNI berinisial FS. Selebgram populer itu meminta maaf dan mengaku egois karena kabur dari karantina.

3. Melly Goeslaw

Gaya Nyentrik Melly Goeslaw (Instagram/@melly_goeslaw)
Gaya Nyentrik Melly Goeslaw (Instagram/@melly_goeslaw)

Masih berhubungan dengan pandemi COVID-19, dokter Tirta menyindir sejumlah artis yang tampil di acara televisi hanya mengenakan face shield tanpa masker. Terlebih lagi face shield yang dikenakan didesain dengan berbagai bentuk. Akibat sindiran ini, Melly Goeslaw yang fotonya digunakan sebagai contoh langsung tersinggung.

Sebenarnya sindiran dokter Tirta ditujukan pada stasiun televisi. Namun Melly Goeslaw tersinggung dan menyayangkan dokter Tirta yang memajang fotonya sebagai contoh. Menurut istri Anto Hoed itu, alangkah lebih elok bila dokter Tirta menghubunginya langsung.

4. Titi DJ

Titi DJ jadi juri Indonesian Idol. (Youtube/IndonesianIdolSpecialSeason)
Titi DJ jadi juri Indonesian Idol. (Youtube/IndonesianIdolSpecialSeason)

Titi DJ disindir dokter Tirta bersama dengan Melly Goeslaw. Fotonya juga digunakan sebagai kritik terkait penggunaan masker dan face shield unik. Namun pelantun Bahasa Kalbu itu tidak menanggapinya seperti Melly.

Titi DJ mengaku lebih sering menggunakan masker setelah mendapatkan teguran dari dokter Tirta. Face shield unik yang sebelumnya sering ia gunakan sekarang mejadi koleksi di rumah.

5. Hedi Yunus

Melly Goeslaw bergurau dengan Hedi Yunus. (Instagram/@melly_goeslaw)
Melly Goeslaw bergurau dengan Hedi Yunus. (Instagram/@melly_goeslaw)

Sindiran dokter pada Hedi Yunus muncul setelah penyanyi tersebut ikut berkomentar mengenai kisruh face shield para artis. Dengan menggunakan bahasa Sunda, pentolan Kahitna itu terang-terangan menyindir dokter Tirta terlalu banyak bicara.

Tak terima disebut berisik, dokter Tirta menyindir balik lewat Instagram. "Buat mas Hedi Yunus saya tidak asal koar-koar dan cangkeman mas. Pegangan saya aturan, jelas ada." Sindirannya berlanjut, "Mas bedakan, eye shield dan face shield. Saya yakin anda bisa, teman Anda pakai apa mas?"

6. Jerinx SID

Jerinx SID saat menjalani vaksinasi Covid-19 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (15/8/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]
Jerinx SID saat menjalani vaksinasi Covid-19 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (15/8/2021). [Matamata.com/Alfian Winanto]

Nama Jerinx SID ramai diperbincangkan karena terang-terangan menentang upaya pemerintah dalam mencegah pandemi COVID-19, termasuk aturan pakai masker. Dokter Tirta menyindir vonis penjara Jerinx atas komentarnya tentang Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Menurut dokter Tirta, vonis penjara 1 tahun 2 bulan justru akan membuat Jerinx menjadi legenda. "Jadi menurut gue, dipenjara ini malah membuat JRX (Jerinx) semakin jadi legenda di tanah anarki. Kamu dipenjara karena apa bli JRX? Bunuh? Mencuri? Korup? Dia bisa jawab 'ngomong kacung'. Akan tercatat di sejarah, sampe ke anak cucu soal ini."

7. Arief Muhammad

Arief Muhammad. (Instagram/ariefmuhammad)
Arief Muhammad. (Instagram/ariefmuhammad)

Kalau Arief Muhammad kena sindir dokter Tirta karena masalah tren ikoy-ikoyan. Ia terganggu karena sering mendapatkan pesan WhatsApp dari netizen yang meminta uang. Akibatnya, dokte Tirta menyuruh Arief Muhammad untuk mengedukasi netizen.

"Inilah yang aku kurang setuju. Lo kan yang buat, dia yang buat, impact-nya itu ya dia yang harus tanggung jawab. Jangan hanya mau engagement rate-nya doang, tapi impact-nya ini mulai ngawur," sindir dokter Tirta.

Ia melanjutkan, "Kalo giveaway gue lebih setuju karena kuis, jelas kategori marketing. Tapi kalo ini kan, berlomba-lomba nge-share masalah hidup lu. Sampe ada yang protes, 'Gue lebih menderita, kenapa duitnya enggak ke gue aja.'"

Itu tadi deretan artis yang pernah kena sindir dokter Tirta. Semoga nggak bertambah lagi ya.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Tags # dokter tirta # baim wong # rachel vennya

Hot Video

Berita Terkini