Seleb

Ramon Y Tungka Belajar Kerukunan Beragama dengan Berkeliling 3 Candi

Pengalaman baru didapatkan oleh Ramon Y Tungka saat berkeliling candi Sambisari, Banyunibo dan Barong.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Rena Pangesti

Ramon Y Tungka (MataMata.com/Nanda)
Ramon Y Tungka (MataMata.com/Nanda)

Matamata.com - Aktor Ramon Y Tungka didapuk menjadi pemandu untuk acara Candi Darling From Home (CDFH). Dia pun berkesempatan melihat keindahan tiga warisan budaya di kawasan DI Yogyakarta.

Pengalaman baru didapatkan oleh Ramon Y Tungka saat berkeliling candi Sambisari, Banyunibo dan Barong. Salah satunya mengenai kerukunan umat beragama sejak dulu.

"Sambisari dan Banyunibo memberikan kesan yang asyik bagi gue. Dalam arti, dua candi ini sifatnya berbeda yaitu Hindu, lainnya Budha," kata Ramon Y Tungka dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Ramon Y Tungka di acara virtual Candi Darling From Home (CDFH), Rabu (7/4/2021).
Ramon Y Tungka di acara virtual Candi Darling From Home (CDFH), Rabu (7/4/2021).

"Tapi menariknya, dua candi ini jaraknya tidak jauh. Berarti kan zaman dulu Indonesia sudah menerapkan kerukunan umat beragama," imbuh aktor 36 tahun itu.

Ramon Y Tungka baru mengetahui fakta menarik ini saat terlibat di CDFH. Meskipun tak jarang bintang film Catatan Akhir Sekolah itu berkeliling di kawasan Sleman.

"Saya sering melewati daerah ini, tapi saat mengunjungi candi secara langsung, jadi mengenal lebih dalam (informasi)," jelas Ramon Y Tungka.

Ramon Y Tungka (MataMata.com/Ismail)
Ramon Y Tungka (MataMata.com/Ismail)

Perjalanan Ramon Y Tungka bukan hanya mengelilingi candi. Tetapi ikut menyebarkan pelestarian lingkungan hidup dengan menanam pohon di area candi.

"Menarik ya, artinya kita mengajak generasi peduli lingkungan dan belajar sejarah," imbuh mantan suami Qory Sandioriva ini.

Deretan pohon yang ditanam berupa tanaman hias seperti soka serta royalia. Hal ini karena mengingat arena di kawasan candi tak terlalu luas. 

"Kami memilih tanaman yang akarnya tidak terlalu merusak, menghindari tanaman yang memiliki buah dan menarik perhatian burung," kata penyelenggara acara, Abdurrachman Aldila dari Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Ramon Y Tungka/ Instagram @ramonytungka
Ramon Y Tungka/ Instagram @ramonytungka

Penanaman di kawasan tiga candi tersebut telah dilakukan sejak awal April 2021. Targetnya, menanam 10.000 bibit di candi seluruh Indonesia.

Sebelumnya, program ini sukses dilakukan 2019 dengan menghijaukan empat candi. Diantaranya Prambanan, Ijo, Ratu Boko dan Gedong Songo.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report