Seleb

Ramon Y Tungka Ajak Publik Tanam Pohon di Candi dari Rumah, Begini Caranya

Masyarakat tidak bisa langsung menanamnya di lokasi karena mengingat pandemi virus corona belum usai.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Rena Pangesti

Ramon Y Tungka (MataMata.com/Ismail)
Ramon Y Tungka (MataMata.com/Ismail)

Matamata.com - Masyarakat diajak oleh aktor ganteng Ramon Y Tungka untuk menanam pohon di tiga candi kawasan DI Yogyakarta. Di antaranya Sambisari, Banyunibo dan Barong.

Namun, masyarakat tidak bisa langsung menanamnya di lokasi karena mengingat pandemi virus corona belum usai. Lalu caranya adalah dengan menitipkan bibit yang nantinya akan ditanam dari penyelenggara acara, Candi Darling From Home (CDFH).

"Menarik ya. Artinya kita mengajak generasi peduli lingkungan hidup. Siapapun sebenarnya berkewajiban menjaga, tapi banyak yang kurang memahaminya," kata Ramon Y Tungka dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Ramon Y Tungka di acara virtual Candi Darling From Home (CDFH), Rabu (7/4/2021).
Ramon Y Tungka di acara virtual Candi Darling From Home (CDFH), Rabu (7/4/2021).

Cara masyarakat berpartisipasi menanam pohon di candi ini adalah dengan mengunggah aktivitas peduli lingkungan ke sosial media. Tagar #candiDarlingfromHome dan menyematkan akun @siapdarling menjadi penanda keikutsertaan.

Ramon Y Tungka menngatakan aktivitas sederhana memelihara lingkungan bisa dijadikan  postingan untuk menanam bibit pohon. "Mengurangi botol plastik dan diganti tumblr atau menggunakan transportasi umum," tutur bintang film Labuan Hati ini.

Setiap satu unggahan, itu berarti masyarakat telah menyumbangkan satu bibit untuk ditanam di kawasan Candi Sambisari, Banyunibo dan Barong.

"Tanaman yang kami pilih adalah tanaman lokal dan tidak asing di daerah tersebut. Tentunya yang tidak mengganggu ekosistem lain di sekitar candi," tutur penyelenggara acara, Abdurrachman Aldila dari Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Ramon Y Tungka/ Instagram @ramonytungka
Ramon Y Tungka/ Instagram @ramonytungka

Ramon Y Tungka juga telah melakukan aksi penanaman pohon di area candi. Sebab di acara Candi Darling From Home, aktor 36 tahun ini didapuk menjadi host.

Selain melakukan aksi penanaman pohon, bintang film Eskul ini juga mempelajari sejarah candi-candi tersebut. "Nggak hanya peduli lingkungan dan belajar sejarah," terang Ramon Y Tungka.

Penanaman di kawasan tiga candi tersebut telah dilakukan sejak awal April 2021. Targetnya, menanam 10.000 bibit di candi seluruh Indonesia. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report