Seleb

Pernah Sarapan Bareng, Sikap BJ Habibie Bikin Hanung Bramantyo Haru

Hanung Bramantyo tak menyangka, orang sesibuk Habibie masih memikirkan sang istri yang telah tiada.

Tinwarotul Fatonah

Hanung Bramantyo  (Suara.com/Muhaimin A Untung)
Hanung Bramantyo (Suara.com/Muhaimin A Untung)

Matamata.com - Sutradara Hanung Bramantyo mengaku sering mendengar pertanyaan almarhum BJ Habibie yang mengungkapkan jika ia takut 'mati'. Perkataan itu juga pernah diucapkan mantan Presiden Ketiga RI pada 2016 silam di acara Mata Najwa.

Ia menilai pengakuan Habibie itu bukan rasa takut yang sesungguhnya, melainkan sebuah sikap untuk senantiasa menjaga dan melindungi sang istri, Ainun.

Foto kenangan artis bareng BJ Habibie. (Instagram)
Foto kenangan artis bareng BJ Habibie. (Instagram)

"Yang saya dengar dan melihat pertama kali itu adalah sikap. Saya pernah bersama beliau di rumahnya. Beliau selalu menggunakan syal, saya tanya itu punya siapa dan dijawab beliau, 'ini punya Ainun'," kenang Hanung sembari mengingat percakapan dengan Habibie, di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Lanjut dijelaskan suami Zaskia Adya Mecca itu, saat mereka berada di Jerman, Habibie mengundangnya untuk sarapan pagi. Namun kala itu dia merasa bingung lantaran di sebelah Habibie terdapat piring dan kursi kosong. Sontak Hanung menanyakan hal tersebut.

"Beliau pun bilang, 'ini kursi dan piringnya Ibu Ainun'. Beliau itu selalu memperlakukan bahwa istrinya masih hidup atau ada," kenang Hanung dengan raut sedih.

Kesetiaan Habibie kepada Ainun itu membuatnya terharu. Dia bahkan tak menyangka, orang sesibuk Habibie masih memikirkan sang istri yang telah tiada.

"Itu yang membuat saya menangis, karena saya bisa sadar bahwa seorang presiden dan jenius berpikir tak hanya pekerjaan saja. Tetapi masih memikirkan istrinya walaupun sudah tidak ada," tukas Hanung Bramantyo.  (Evi Ariska)

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report