Life

6 Artis Beda Agama dengan Orangtua, Tetap Akur dan Tinggal Bareng

Yuk kepoin siapa saja artis yang beda agama dengan orangtuanya.

Tinwarotul Fatonah

Shandy Aulia. [MataMata.com/Alfian Winanto]
Shandy Aulia. [MataMata.com/Alfian Winanto]

Matamata.com - Deretan selebriti di bawah ini memutuskan agamanya sendiri dan berbeda dengan orangtua mereka.

Meski para artis berikut ini memeluk agama yang berbeda dengan orang tuanya, tetapi tetap bisa akur. Siapa saja mereka dan bagaimana ceritanya? Yuk kepoin!

1. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo (Youtube.com)
Dian Sastrowardoyo (Youtube.com)

Yang pertama ada Dian Sastrowardoyo. Artis yang terkenal lewat perannya sebagai Cinta di film Ada Apa dengan Cinta (AADC) ini ternyata seorang mualaf. 

Dian dibesarkan oleh ibunya yang merupakan seorang Katolik yang taat. Ayahnya yang meninggal sewaktu Dian masih kecil pun seorang penganut agama Buddha. Jadi, perbedaan agama bukan hal yang baru dalam keluarga Dian.

Sejak usia 17 tahun, istri dari Indraguna Sutowo ini telah melakukan perjalanan spiritual dengan mempelajari berbagai agama yang ada. Ketertarikan itu muncul ketika dia mulai belajar Filsafat. 

Pada akhirnya, Dian merasa mendapatkan panggilan hati untuk menjadi seorang muslim. Sang Ibu pun mendukung pilihannya dan kini mereka saling membantu di setiap perayaan keagamaan.

"Kayak kemarin nyokap Paskah-an, gue bantuin atur makanan. Gue pengajian, nyokap juga begitu. Jadi keluarga kita alhamdulillah warna-warni," kata Dian Sastro.

2. Shandy Aulia

Aktris Shandy Aulia saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (24/12/2020). (Matamata.com/Alfian Winanto)
Aktris Shandy Aulia saat ditemui di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (24/12/2020). (Matamata.com/Alfian Winanto)

Perbedaan agama antara Shandy Aulia dengan ayahnya terungkap ketika sang ayah enggan menghadiri prosesi pemberkatan pernikahannya tahun 2011 silam. Kala itu, ketidakhadiran ayah Shandy, Kemas Yusuf Effendy jadi pertanyaan banyak orang.

Shandy pun pada akhirnya menjawab melalui kanal Youtube pribadinya bahwa alasan ayahnya tidak datang bukan karena apa-apa, melainkan karena urusan akidah. Kemas yang seorang muslim enggan menghadiri pernikahan di gereja. Tetapi, Kemas tetap menghadiri resepsi Shandy Aulia dengan David Herbowo.

Sejak kecil, Shandy Aulia dan ketiga kakaknya menjalani hidup dengan dua agama dengan mengikuti ayahnya yang muslim dan ibu yang Nasrani. Pada usia 17 tahun, mereka dibebaskan untuk memilih. Shandy pun memutuskan untuk memeluk agama Kristen.

3. Celine Evangelista

Celine Evangelista didekati pria lain. (Youtube/CrazyNikmirReal)
Celine Evangelista didekati pria lain. (Youtube/CrazyNikmirReal)

Celine Evangelista sempat diisukan pindah agama menjadi mualaf sejak tahun 2020. Namun, kabar ini dibantah oleh istri Stefan William itu. 

Celine memang tumbuh di keluarga Nasrani. Sang ibu, Vincentia Nurul telah resmi memeluk Islam sejak tahun 2017. Kendati demikian, Nurul tak pernah memaksakan keyakinan kepada anaknya. 

Celine memang terkadang muncul di pengajian atau momen-momen tertentu dengan memakai baju syar'i. Tetapi, ia mengungkapkan bahwa penampilannya itu hanya untuk menghormati lingkungan dan teman-temannya.

4. Reza Rahadian

Reza Rahadian saat ngobrol bareng Daniel Mananta (Youtube.com)
Reza Rahadian saat ngobrol bareng Daniel Mananta (Youtube.com)

Kabar Reza Rahadian yang ternyata seorang muslim viral setelah hal ini ia ungkapkan di kanal Youtube Daniel Mananta. Pria bernama lengkap Reza Rahadian Matulessy ini mengaku sebenarnya sudah mualaf sejak 19 atau 20 tahun yang lalu.

Perkara pindah agama pun bukan sebuah keputusan yang besar baginya. Menurut Reza, keputusan itu sifatnya pribadi dan merupakan hasil dari dialognya dengan Tuhan.

Sementara itu, ibu dan adiknya memeluk agama Kristen. Ibunya adalah satu-satunya orang yang Reza ajak berdialog sebelum memutuskan menjadi seorang muslim. Keputusan Reza didukung oleh sang ibu dan tidak mengubah hubungan baik di antara mereka berdua.

5. Desta 

Desta (Instagram.com/desta80s)
Desta (Instagram.com/desta80s)

Deddy Mahendra Desta atau yang akrab dipanggil Desta tetap hidup rukun dengan kakak dan adiknya walaupun berbeda agama. Desta menceritakan bahwa mereka tidak pernah bertengkar hanya karena agama.

Diketahui, adik Desta yaitu Didit adalah seorang Kristiani. Sementara kakaknya, Eka, sewaktu kecil memeluk agama Kristen, tetapi sekarang sudah berpindah ke Islam.

Ayah dan ibundanya juga rupanya berbeda agama. Sang ayah merupakan seorang muslim, sedangkan ibunya memeluk agama Kristen. Meski demikian, ayah bundanya juga tidak pernah bertengkar karena agama.

6. Kriss Hatta

Kriss Hatta. [Matamata.com/Alfian Winanto]
Kriss Hatta. [Matamata.com/Alfian Winanto]

Kriss Hatta diketahui dulunya seorang Nasrani. Ia lalu menjadi mualaf saat hendak menikahi Hilda Vitria. Sementara itu ibundanya masih taat sebagai seorang Kristiani. 

Namun, belum lama ini Kriss Hatta disinyalir telah kembali ke keyakinan lamanya. Tidak ada keterangan yang jelas, tetapi ia mengungkapkan bahwa ia menghormati orang yang berpuasa.

Itulah enam artis yang berbeda agama dengan orangtuanya, tetap akur bahkan ada yang satu rumah.

Kontributor: Chandra Wulan

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report