Life

Profil Chef Renatta, Disorot karena Ingin Punya 'Istri'

Simak profil Chef Renatta di bawah ini.

Tinwarotul Fatonah

Chef Renatta Moeloek. [capture YouTube]
Chef Renatta Moeloek. [capture YouTube]

Matamata.com - Renatta Moeloek dikenal sejak juri di MasterChef Indonesia yang selalu tampil dengan tegas.

Kehadiran Chef Renatta di MasterChef Indonesia menjadi perhatian dan menarik bagi para penonton. Bagaimana perjalanan karier Chef Renatta? Simak profil Chef Renatta berikut ini.

Chef Renatta Moeloek. [capture YouTube]
Chef Renatta Moeloek. [capture YouTube]

Biodata Chef Renatta

Puti Renatta Ratnasari Moeloek atau yang akrab disapa Chef Renatta lahir pada tanggal 17 Maret 1994 silam, usianya kini menginjak 26 tahun. Chef Renatta dikenal sebagai seorang chef dan restaurateur. 

Chef Renatta merupakan seorang putri dari pasangan Nudie Moelok dan Radianti Ratna Suminar. Ia juga memiliki seorang adik yang bernama Kareyca Moeloek.

Pendidikan Chef Renatta

Sebelum ia menjalani profesi sebagai seorang Chef, sejak dibangku SMP Chef Renatta mulai mencintai dan hobi memasak. Ia sering kali bereksperimen membuat masakan. Kecintaannya terhadap memasak, membuatnya untuk menempuh pendidikan dibidang kuliner.

Chef Renatta menempuh pendidikan di Le Cordon Bleu Culinary Arts yang merupakan sekolah memasak terbaik terletak di Paris, Prancis. Ia mengambil jurusan masakan Asia Eropa dan lulus pada tahun 2018 dengan mendapatkan gelar Diploma Superior Cuisine and Superior Pastry.

Renatta Moeloek. (Instagram/@renattamoeloek)
Renatta Moeloek. (Instagram/@renattamoeloek)

Karier Chef Renatta

Chef Renatta melakukan tur memasak bersama Chef Maxie Milian. Tur memasaknya bernama “Indonesian Food Tour” yang dilakukan pada bulan April 2017 silam yang diselenggarakan di Eropa.

Tujuannya untuk melakukan tur adalah untuk memperkenalkan masakan-masakan asli Indonesia ke masyarakat Eropa. Dalam tournya, ia mengunjungi beberapa negara di Eropa seperti Spanyol, Praha, Belanda dan Slovakia.

Setelah lulus dari perkuliahan, di tahun yang sama Chef Renatta mulai meniti karier sebagai seorang koki restoran ternama di Prancis yang bernama Garance Saint Dominique. Selain itu, ia juga menjadi menu consultant di beberapa restoran.

Pada tahun 2018, Chef Renatta kemudian membuka sebuah bisnis kuliner bersama aktris, Laura Basuki yang bernama Fedwell. Fedwell merupakan restoran healthy food yang terletak di kawasan Senopati, Jakarta Selatan

Namanya kemudian makin terkenal setelah ia dipercaya menjadi salah satu juri di MasterChef Indonesia pada musim kelima, keenam, dan musim ketujuh. Chef Renatta menggantikan posisi Chef Marinka menjadi juri MasterChef Indonesia. Chef Renatta menjadi juri dengan ditemani Chef Juna Rorimpandey dan Chef Arnold Poernomo.

Baru-baru ini Chef Renatta menjadi sorotan setelah menulis unggahan "mau punya istri". Hal itu dilakukannya dalam rangka memperingati Hari Kartini. Chef Renatta Moeloek berbagi cerita tentang pengalamannya yang sempat 'diserang' dengan konsep budaya patriarki lewat Instagram.

"Saya nggak akan sebut namanya, tapi saya pernah diberitahu oleh seseorang: 'untuk apa sih kamu kerja seperti ini, kamu kan perempuan, tugasmu adalah untuk jadi istri yang berbakti pada suami, ngurusin suami, menyediakan semua kebutuhan dan keinginan suami. Kamu juga harus jaga penampilan supaya suami senang'," tulis Chef Renatta di Instagram, Rabu (21/4/2021).

Juri Masterchef Indonesia ini tak menyalahkan konsep patriarki yang bisa dibilang masih melekat di masyarakat Indonesia. Dia bilang tiap orang bebas menjalankan konsep di rumah tangga masing-masing.



Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report