Life

5 Fakta di Balik Viralnya Lagu Terpesona: Dibuat Sejak 26 Tahun Lalu

Simak fakta menarik lagu Terpesona yang viral dijadikan yel-yel.

Yohanes Endra

Fakta Lagu Terpesona. (beritamanado.com)
Fakta Lagu Terpesona. (beritamanado.com)

Matamata.com - Lagu Terpesona mendadak viral di media sosial sejak dinyanyikan satuan TNI dan Polri dan muncul di TikTok. Kepopulerannya bukan tanpa alasan, lagu Terpesona bisa dibilang memiliki lirik dan notasi musik yang easy listening.

Usut punya usut, lagu Terpesona rupanya sudah berusia 26 tahun loh! Lagu ini diciptakan oleh Semuel Takatelide. Penasaran dengan lagu Terpesona yang viral dijadikan yel-yel tersebut? Melansir BeritaManado.com-jaringan Suara.com, langsung saja kita simak faktanya!

1. Diciptakan tahun 1995

Semuel mengatakan bahwa lagu Terpesona diciptakan olehnya pada tahun 1995. Meski begitu, butuh waktu tiga tahun agar Terpesona masuk dapur rekaman, tepatnya di tahun 1998 dan kali pertama direkam di studio Revan Record.

Semuel Takatelide, pencipta Lagu Terpesona. (beritamanado.com)
Semuel Takatelide, pencipta Lagu Terpesona. (beritamanado.com)

2. Untuk kepentingan festival

Terpesona sebenarnya diciptakan untuk kepentingan festival atau lomba Masamper yang kala itu menjadi tren dan banyak digelar di beberapa tempat. Lomba Masamper terdiri dari 5 part, salah satunya pujian yang harus dibawakan secara berbalas-balasan oleh dua tim atau lebih.

3. Masuk di album Poco-poco Masamper

Lagu Terpesona berada di urutan ketiga, dalam album keempat New Nazareth yang bertajuk 'Poco-poco Masamper.' Kala itu, lagu Terpesona hanya diproduksi dalam bentuk kaset. Namun, seiring perkembangan zaman, lagu yang dipopulerkan Masamper New Nazareth ini dibuatkan audio visualnya.

Fakta Lagu Terpesona. (beritamanado.com)
Fakta Lagu Terpesona. (beritamanado.com)

4. New Nazareth diminta untuk melatih para prajurit TNI/Polri di Manado

Waktu berlalu seperti biasa, New Nazareth pun terus berkarya dengan lagu-lagu lainnya seperti Bersyukurlah yang juga viral pada zamannya. Hingga pada tahun 2007, dia diminta untuk melatih para prajurit TNI/Polri di Manado menyanyikan lagu Terpesona dalam rangka mengisi acara di Korem 131/Santiago.

Sejak saat itu, bertahun kemudian Terpesona muncul sebagai salah satu lagu dalam yel-yel TNI-Polri. Berbagai versi video yel-yel tersebut mendapat sambutan hangat dari warganet yang turut menyukai lagu Masamper ini.

5. Sudah didaftarkan di publisher

Semuel mengatakan bahwa belum lama ini ia sudah tandatangan kontrak dengan PT Harpa Swara Kusuma yang akan bertindak sebagai publisher. Menurut Semuael, dengan adanya kerja sama ini, jika ada yang akan menggunakan lagunya, kelak bisa langsung menghubungi publisher. "Jadi nantinya mereka yang menangani urusan terkait lagu tersebut karena selama ini sangat banyak telepon atau tawaran terkait lagu Terpesona, 50-an ada itu," ujar Semuel.

Dengan adanya kerja sama ini, Semuel kini bisa berharap mendapatkan royalti dari lagu Terpesona.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report