Life

Sambut Hari Guru Nasional, 8 Artis Pernah Jadi Guru TK Hingga Dosen

Ada Isyana Sarasvati nih pernah jadi guru musik, siapa lagi ya?

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Isyana Sarasvati (Instagram @isyanasarasvati)
Isyana Sarasvati (Instagram @isyanasarasvati)

Matamata.com - Pada Rabu, 25 November nanti, Indonesia gegap gempita menyambut Hari Guru Nasional. Momen ini diperingati sebagai penghargaan atas jasa para guru yang sudah mencerdaskan generasi penerus bangsa dengan segala perjuangannya.

Ternyata, pengalaman sebagai guru juga turut dirasakan oleh sederet artis tanah air yang pernah jadi tenaga pengajar lho. Daris Isyana Sarasvati sampai Anji Manji ternyata pernah merasakan pengalaman mengajar. 

Isyana Sarasvati (Suara.com/Dinda Rachmawati)
Isyana Sarasvati (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Pensaran siapa saja artis tenaga pengajar? Yuk, langsung saja simak rangkumannya di bawah ini demi menyambut Hari Guru Nasional 2020. Check this out dilansir dari berbagai sumber. 

1. Anji Manji

Anji [Suara.com/Revi]
Anji [Suara.com/Revi]

Tak hanya pandai menciptakan syair lagu, Anji juga merupakan publik figur yang multitalenta. Dia sempat menjadi guru les bahasa Mandarin sebelum menjadi artis terkenal seperti sekarang lho. 

Ia sendiri merupakan lulusan Sastra Mandarin Universitas Indonesia. Keren banget nih Anji. 

2. Desy Ratnasari

Desy Ratnasari (Suara.com/Yazir)
Desy Ratnasari (Suara.com/Yazir)

Desy Ratnasari merupakan seorang dosen jurusan Psikologi di Universitas Atmajaya Jakarta. Artis yang satu ini memang selalu memikat dengan pesona cantik dan kecerdasannya. 

Bayangkan saja, selain sibuk jadi aktris film, sinetron, model, bintang iklan, penyanyi, pembawa acara papan atas, Desy juga pernah aktif jadi politisi Indonesia. Sejak 2014, Desy terpilih sebagai anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional yang akan berakhir pada tahun 2019. 

3. Lukman Sardi

Lukman Sardi
Lukman Sardi

Aktor handal ini pernah menjadi guru playgroup dari tahun 2000 hingga 2004. Hal ini karena aktor senior satu ini sangat menyukai anak kecil.

Lukman pernah bilang kalau anak kecil yang punya pikiran polos bisa mengajarinya banyak hal. Makanya kalau capek syuting, obat yang paling mujarab bagi Lukman adalah bertemu anak-anaknya. 

4. Dodit Mulyanto

Dodit Mulyanto/ Instagram @dodit_mul
Dodit Mulyanto/ Instagram @dodit_mul

Sebelum dikenal publik, Dodit merupakan seorang guru musik yang mengajar di sebuah sekolah dasar. Dia juga pernah menjadi penyiar radio sebelum namanya dikenal lewat ajang Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) beberapa tahun lalu. 

Sekarang popularitasnya semakin naik usai terjun ke dunia hiburan dengan bermain dalam sejumlah film. Susah Sinyal dan Cek Toko Sebelah adalah beberapa film sukses yang pernah dibintanginya. 

5. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati nyanyi opera. (Youtube/JakartaSinfonietta)
Isyana Sarasvati nyanyi opera. (Youtube/JakartaSinfonietta)

Tak hanya memiliki suara merdu, Isyana Sarasvati juga pernah menjadi guru musik di Singapura. Perempuan 27 tahun ini merupakan lulusan dari Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura dan Royal College of Music, Britania Raya.

Isyana yang mengkompos sendiri semua lagunya juga pernah menjadi penyanyi opera di Singapura. Dia telah mendapatkan penghargaan sebagai "Best Asian Artist Indonesia 2016, Best Composer of the Year 2017" dari MAMA Awards dan dinobatkan dalam "30 Under 30 Asia 2020" oleh Forbes. Gokil, kan?

6. Susan Bachtiar

Susan Bachtiar dan suaminyaInstagram @sbachtiar
Susan Bachtiar dan suaminyaInstagram @sbachtiar

Artis cantik ini merupakan lulusan FKIP Bahasa Inggris. Ia mengajar di sebuah taman kanak-kanak (TK) di Menteng, Jakarta Pusat.

Dunia pendidikan untuk mengajar Bahasa Inggris memang sudah lama digeluti Susan. Namun baru beberapa tahun terakhir, Susan memutuskan untuk mengajar di Taman Kanak-Kanak. 

7. Dik Doank

Dik Doank / Instagram @dd_dikdoank
Dik Doank / Instagram @dd_dikdoank

Dik Doank mendirikan sekolah bernama Kandank Jurank Doak di wilayah Tangerang. Kabarnya, ia mengajar musik, tari, dan lukis di sekolah itu.

Namun diketahui beberapa waktu lalu, Dik Doank digugat seorang ahli waris Madi Kenin atas tanah di Kandank Jurank Doank. Ahli waris mengklaim, tanah seluas 2.540 meter persegi di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan itu adalah miliknya.

8. Happy Salma

 

Happy Salma (Suara.com/Ismail)
Happy Salma (Suara.com/Ismail)

Siapa sangka Hapy Salma pernah menjadi seorang guru sebelum menjadi seorang artis terkenal. Yup, Happy ternyata sempat menjajal karier sebagai Guru TK.

Namun, karena lebih memilih untuk berkarier di dunia seni peran, karier Guru TK itu dia tinggalkan. Kini berkat kemampuan aktingnya yang mumpuni, kariernya pun terus menanjak. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report