Kpop

Lolos dari Cancel Culture, 8 Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal

Meski harus hiatus untuk sementara waktu, sederet seleb Korea ini comeback usai terkenal skandal.

Tinwarotul Fatonah
Kamis, 02 Desember 2021 | 18:30 WIB
Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram)
Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram)

Matamata.com - Cancel culture di Korea Selatan mampu membuat karier bintang favoritmu hancur dalam semalam jika sampai kena skandal. Namun ada sejumlah seleb Korea yang tetap eksi usai skandal. Siapa saja?

Akibat skandal, artis papan atas pun dapat dikeluarkan dari proyek mereka, baik yang sedang berlangsung atau akan datang. Perusahaan juga akan langsung memutuskan hubungan dengan artis yang terkenal skandal.

Meski dibela mati-matian oleh penggemar, karier mereka yang terkena skandal pasti akan hancur, apalagi jika terbukti bersama. Permintaan maaf hanya meredakan suasana untuk sementara saja.

Beberapa dari artis-artis ini dapat membuktikan bahwa mereka tidak bersalah, tapi masih mengambil jeda sebelum comeback membintangi drama atau film baru. Lantas siapa saja seleb Korea yang tetap eksis usai skandal? Yuk intip!

1. Lee Byung Hun

Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@byunghun0712)
Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@byunghun0712)

Lee Byung Hun pernah tersangkut skandal perselingkuhan, tidak hanya sekali tapi dua kali. Pada 2009, ia dituduh selingkuh oleh mantan pacarnya, Kwon Mi Yeon. Kemudian pada 2014, Lee Byung Hun dituduh menyelingkuhi istrinya, Lee Min Jung dengan model Lee Ji Yeon dan idola wanita Da Hee dari Glam.

Lee Byung Hun secara terbuka meminta maaf kepada istrinya di depan media dan beristirahat sejenak dari layar kaca. Pada tahun 2018, ia melakukan comeback yang spektakuler dengan drama Mr. Sunshine. Lee Byung Hun pun makin eksis di dunia akting.

2. Joo Ji Hoon

Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@_jujihoon)
Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@_jujihoon)

Joo Ji Hoon menjadi terkenal di seluruh Asia ketika ia mengambil peran sebagai Putra Mahkota Lee Shin dalam drama Princess Hours pada 2006. Namun di puncak kariernya, ia terlibat dalam skandal narkoba dan dijatuhi hukuman 6 bulan penjara, 1 tahun tahanan rumah, 120 jam pelayanan masyarakat dan denda 360 ribu won.

Keluar dari penjara, Joo Ji Hoon memutuskan untuk mendaftar wajib militer. Ia kembali pada tahun 2015 dengan drama Mask. Joo Ji Hoon berhasil memenangkan hati publik setelah membintangi film hits Along with the Gods dan serial Netflix Kingdom. Saat ini ia membintangi drama Jirisan bersama Jun Ji Hyun.

3. Park Shi Hoo

Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@park_si_hoo_01)
Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@park_si_hoo_01)

Park Shi Hoo terjerat skandal di puncak kariernya. Tidak hanya dituduh memperkosa, bintang drama The Princess's Man itu juga terjerat skandal pelecehan seksual terhadap lawan mainnya. Meski tuduhannya ditarik, reputasi Park Shi Hoo sangat terpengaruh, membuatnya harus hiatus untuk sementara waktu.

Sementara semua orang berpikir bahwa Park Shi Hoo tidak bisa lagi aktif di industri hiburan, pada tahun 2017, aktor tersebut tiba-tiba kembali dengan drama KBS My Golden Life yang sukses besar. Keberhasilan My Golden Life membantu Park Shi Hoo menjadi populer kembali.

4. Song Hye Kyo

Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@kyo1122)
Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@kyo1122)

Song Hye Kyo terlibat dalam skandal penggelapan pajak pada 2014. Sang aktris diklaim telah menghindari pajak 2,5 miliar won dalam waktu 3 tahun. Song Hye Kyo menjelaskan bahwa itu adalah kesalahan akuntannya dan meminta maaf di depan publik.

Berkat Descendants of the Sun yang dibintanginya bersama Song Joong Ki, reputasi Song Hye Kyo naik kembali. Baru-baru ini, aktris cantik tersebut kembali ke layar kaca dengan proyek barunya Now, We Are Breaking Up bersama Jang Ki Yong.

5. Ahn Jae Hyun

Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@aagbanjh)
Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@aagbanjh)

Skandal perceraian Ahn Jae Hyun dengan Goo Hye Sun cukup mempengaruhi reputasinya. Goo Hye Sun menuduh Ahn Jae Hyun berselingkuh, menimbulkan banyak reaksi, sampai-sampai produk yang diiklankan diboikot. Ia juga keluar dari New Journey to The West.

Setelah menyelesaikan perceraian mereka, Ahn Jae Hyun bergabung kembali dengan pemeran New Journey to the West, serta spin-off dari pertunjukan. Saat ini, ia juga akan tampil dalam program variety miliknya sendiri yang berjudul Athletic Genius Ahn Jae Hyun.

6. Seolhyun AOA

Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@sh_9513)
Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@sh_9513)

Seolhyun mendapat kecaman tahun lalu ketika skandal bullying Kwon Mina terungkap. Mina mengatakan bahwa ia dibully Jimin, sementara Seolhyun serta CEO perusahaan mereka telah menutup mata ketika ia menderita pelecehan.

Akibatnya, netizen meminta Seolhyun untuk mundur dari dramanya, Awaken. Namun tim produksi menolak. Meski skandal bullying AOA cukup parah, Seolhyun tetap eksis, terutama setelah Dispatch mengungkapkan fakta yang mengejutkan tentang grup.

7. Seo Ye Ji

Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@goldmedalist_official)
Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@goldmedalist_official)

Seo Ye Ji tersangkut kontroversi ketika pesan antara dirinya dan Kim Jung Hyun muncul secara online. Bintang drama It's Okay to Not Be Okay itu dituduh melakukan gaslighting, serta kekerasan di sekolah yang dibantah oleh agensinya.

Seo Ye Ji yang seharusnya mempromosikan film barunya Recalled tidak dapat menghadiri konferensi pers karena skandal. Filmnya sukses besar, dan pada September, ia ditawari peran dalam drama tvN Eve's Scandal. Seo Ye Ji sedang meninjaunya dan bersiap untuk comeback.

8. Kim Seon Ho

Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@seonho__kim)
Seleb Korea yang Tetap Eksis usai Skandal (instagram/@seonho__kim)

Karier sukses Kim Seon Ho berantakan ketika mantan pacar sang aktor mengaku dipaksa melakukan aborsi. Bintang drama Hometown Cha-Cha-Cha itu tetap diam meskipun mantan pacarnya menghancurkan reputasinya.

Akibatnya, Kim Seon Ho meninggalkan 2 Days 1 Night, serta dikeluarkan dari serangkaian proyek besar. Baru setelah Dispatch mengungkapkan kebenaran, netizen mulai mendukungnya lagi. Ia kembali dengan membintangi film Sad Tropics sebagai pemeran utama.

Itu dia deretan seleb Korea yang tetap eksis usai skandal. Mereka berhasil lolos dari cancel culture yang mengerikan di Korea Selatan.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Tags # seleb korea yang tetap eksis usai skanda # kim seon ho # song hye kyo

Hot Video

Berita Terkini