Kpop

Sinopsis Backstreet Rookie: Kena Sanki Hukum Tampilkan Adegan Dewasa

Tampilkan adegan dewasa hingga kena sanksi, ini sinopsis Backstreet Rokie.

Tinwarotul Fatonah

Backstreet Rookie (Instagram/@sbsdrama.official)
Backstreet Rookie (Instagram/@sbsdrama.official)

Matamata.com - Backstreet Rookie adalah salah satu drama laris yang menuai kontroversi di negara asalnya. Pasalnya drama yang diadaptasi dari Webtoon ini dipandang terlalu vulgar.

Tak tanggung-tanggung, drama ini menerima lebih dari 6 ribu keluhan dari masyarakat. Akibatnya drama ini pun mendapat sanksi dari Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC).

Adegan yang disoroti adalah adegan merokok, adanya adegan seks, suara erangan yang membuat jijik, juga adegan seorang gadis SMA mencium seorang pria.

Tetapi meski menerima keluhan dan sanksi drama ini tetap laris dan diminati bahkan hingga mancanegara. Drama ini dibintangi aktor top Korea, Ji Chang Wook. Ia berpasangan dengan aktris cilik yang sudah beranjak dewasa Kim Yoo Jung.

Nama besar mereka menjadi salah satu faktor yang membuat drama ini dinantikan. Sebab, semua drama yang mereka mainkan pasti selalu menuai kesuksesan. Buat yang penasaran, ini sinopsis Backstreet Rookie.

Backstreet Rookie (Instagram/@sbsdrama.official)
Backstreet Rookie (Instagram/@sbsdrama.official)

Sinopsis Backstreet Rookie

Drama yang mengusung genre komedi romantis ini berkisah tentang Jung Saet Byul (diperankan Kim Yoo Jung) dan Choi Dae Hyun (diperankan Ji Chang Wook). 

Pertemuan mereka berawak saat Saet Byul masih SMA. Ia meminta bantuan Dae Hyun untuk membeli rokok. Namun Dae Hyun malah menasihatinya. Tiga tahun berselang, Dae Hyun menjadi penjaga toserba. 

Di minimarket inilah ia bertemu kembali dengan Saet Byul yang sedang mencari pekerjaan. Awalnya Dae Hyun menolak Saet Byul. Namun yang tak diduga, kehadiran Saet Byul justru mampu meningkatkan penjualan minimarketnya.

Backstreet Rookie (Instagram/@sbsdrama.official)
Backstreet Rookie (Instagram/@sbsdrama.official)

Singkat cerita, hubungan keduanya makin dekat. Namun Dae Hyun saat itu masih memiliki kekasih yaitu Yoo Yeon Joo (diperankan Han Sun Hwa). Yeon Joo ini merupakan wanita karier sukses dan memiliki ayah pemegang saham terbesar di kantor pusat toserba. Jadi secara tidak langsung, Yeon Joo adalah bos dari Dae Hyun. 

Lalu bagaimanakah hubungan asmara Dae Hyun? Apakah ia akan bertahan dengan Yeon Joo atau justru memulai lembaran baru dengan Saet Byul yang menyukainya?

Itulah sinopsis Backstreet Rokie yang menuai kontroversi sejak dirilis pada 12 Juni 2020. Drama laris ini memiliki beberapa fakta menarik di antaranya.

1. Mendapat Sanksi Hukum

Backstreet Rookie (Instagram/@sbsdrama.official)
Backstreet Rookie (Instagram/@sbsdrama.official)

Drama ini mendapat sanksi hukum dari KCSC, karena menayangkan adegan yang dinilai tidak pantas. Drama ini dianggap terlalu berbeda dengan Webtoonnya. Sebab drama ini hanya diberi peringkat PG-15. Akibatnya, tim produksi drama ini dinilai tidak peduli dengan gender sehingga membuat penonton tidak nyaman bahkan jijik.

2. Drama Orisinil iQIYI

Backstreet Rokie ini merupakan drama orisinil iQIYI. iQIYI sendiri merupakan salah satu platform vidio daring asal Tiongkok yang diluncurkan pertama kali pada 22 April 2010 dan berpusat di Beijing. Selain itu, Backstreet Rokie juga menjadi drakor pertama yang diinvestasikan oleh jaringan global Lifetime.

3. Tuai Kritik

Mengusung genre komedi romantis, dan berperingkat PG-15, drama ini dianggap tidak cocok ditonton bersama keluarga karena banyaknya adegan dewasa. Adegan yang dimaksud ini adalah saat Saet Byul yang masih SMA mencium Dae Hyun yang sudah menjadi pria dewasa, adegan prostitusi di motel, hingga suara erangan yang persis seperti novelnya. Semua adegan itu dianggap tidak pantas hingga menjijikan. Kritik yang diterima drama ini bahkan sampai 6 ribu lho.

Backstreet Rookie (Soompi)
Backstreet Rookie (Soompi)

4. Rating tinggi

Meski menuai kritik dan sanksi namun drama ini tetap menarik minat penonton. Bahkan rating yang diperoleh drama. Ini cukup tinggi. Tercatat di Korea drama ini pernah memperoleh rating hingga 9.5 persen. Angka tersebut tergolong tinggi. 

Selain fakta tersebut, dan terlepas dari kontroversinya drama ini sangat layak ditonton. Terlebih bagi penggemar Kim Yoo Jung. Sebab dalam drama ini Kim Yoo Jung menampilkan karakter baru yang belum pernah ia mainkan yaitu sebagai sosok yang lebih dewasa.



Kontributor: Safitri Yulikhah

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report