Dangdut

CEK FAKTA: Saipul Jamil Dikabarkan Meninggal, Benarkah?

Apakah benar kabar Saipul Jamil meninggal dunia?

Yohanes Endra | Yuliani
Senin, 30 Mei 2022 | 11:21 WIB
Saipul Jamil (MataMata.com/ Evi Ariska)
Saipul Jamil (MataMata.com/ Evi Ariska)

Matamata.com - Sosok Saipul Jamil diisukan meninggal dunia. Kabar tak sedap itu bermula dari akun Facebook yang mengunggah bidik layar gabungan foto Saipul Jamil dan potret mobil kecelakaan.

Dalam unggahannya, Saipul Jamil tampak terbaring di ranjang rumah sakit. Sementara Dewi Perssik yang merupakan mantan istrinya tampak menangis. Kemudian, ada foto mobil kecelakaan ada di sisi kanan.

Cek Fakta Saipul Jamil.
Cek Fakta Saipul Jamil.

Foto tersebut juga memuat narasi sebagai berikut.

"Berita Duka, Selamat Jalan Untuk Selamanya Saipul Jamil, Innalilahi Wainnailaihirojiun Kabar Duka Menyelimuti……"

Apakah benar Saipul Jamil meninggal dunia?

PENJELASAN

Klaim Saipul Jamil meninggal dunia tidak benar. Faktanya, melansir Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, judul artikel berbeda dengan isi artikel tersebut.

Artikel dan foto tersebut beredar dari Facebook akun Villa Chipoy yang menginformasikan bahwa Saipul Jamil meninggal dunia. Narasi tersebut juga mencantumkan tautan dari situs mnc-berita-harian[dot]blogspot[dot]comyang berjudul "Berita Duka, Selamat Jalan Untuk Selamanya Saipul Jamil, Innalilahi Wainnailaihirojiun Kabar Duka Menyelimuti……".

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, hal tersebut tidak benar. Melansir dari akun Instagram resminya @saipuljamilreal, Saipul Jamil diketahui masih aktif membagikan berbagai macam kegiatannya. Hal itu terlihat dari unggahan foto terbaru Saipul Jamil yang diunggah 29 Mei 2022.

Unggahan Saipul Jamil [Instagram]
Unggahan Saipul Jamil [Instagram]

Saipul Jamil tampak bugar dan berpose menghadap langit. Ia juga menuliskan keterangan bahwa ia sedang berada di kota Garut.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, maka kabar Saipul Jamil meninggal dunia adalah hoax, salah atau tidak benar. Informasi dan kabar tersebut masuk ke dalam kategori konten menyesatkan.

Tags # saipul jamil # cek fakta # cek fakta saipul jamil # cek fakta saipul jamil meninggal

Hot Video

Berita Terkini