Dangdut

2 Bulan Berlalu, Ini Alasan Belum Ada Keputusan Sidang PK Saipul Jamil

Kenapa ya belum ada keputusan padahal sidang PK Saipul Jamil sudah selesai dua bulan yang lalu.

Tinwarotul Fatonah | Ismail

Saipul Jamil
Saipul Jamil

Matamata.com - Sidang peninjauan kembali (PK) Saipul Jamil soal kasus suap sudah selesai sekitar dua bulan yang lalu.

Hanya saja hingga sekarang, pihak Mahkamah Agung (MA) belum juga mengeluarkan keputusan.

Menurut pengacara Saipul Jamil, Natalino Manuel Ximenez, hingga saat ini MA belum mengambil keputusan atas pengajuan PK dari pihaknya. Salah satu penyebab lamanya putudsan, karena Saipul telat menandatangani berita acara.

Saipul Jamil dan Indah Sari (MataMata.com/Wahyu)
Saipul Jamil dan Indah Sari (MataMata.com/Wahyu)

"Karena kemarin agak lama di pengadilan. Karena biasanya pada saat selesai sidang itu para kuasa hukum termasuk Bang Saipul harus tanda tangan berita acara. Setelah itu harus disampaikan kepada Mahkamah Agung," ungkap Natalino, kepada Matamata.com, Rabu (19/5/2021).

Menurut pengacara yang biasa disapa Lino ini, Saipul Jamil baru menadatangani berita acara tiga minggu yang lalu. Alasannya karena kondisi pandemi.

"Situasi pandemi, Saipul Jamil kan bersidang secara virtual. Jadi agak lama pengadilan mengantarkan berkas berita acara ke Saipul Jamil untuk tanda tangan. Dekitar dua, tiga mingguan," kata Lino menjelaskan.

Sampai saat ini tim kuasa hukum Saipul Jamil masih menunggu proses putusan dari Mahkamah Agung. Rencananya, Lino akan kembali melakukan follow up untuk memastikan kapan putusan PK Saipul Jamil keluar.

Saipul Jamil bersama rekan artis. (Instagram/@jeryh.imuct)
Saipul Jamil bersama rekan artis. (Instagram/@jeryh.imuct)

"Minggu ini kami akan follow up lagi, untuk memastikan kapan keputusannya turun. Untuk memastikan itu kan harus melalui tata usaha yang ada di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat," imbuhnya.

Seperti diketahui Saipul Jamil mengajukan PK pada Februari 2021, setelah divonis tiga tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider tiga bulan kurungan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, pada Juli 2017 lalu.

Sidang PK Saipul Jamil berlangsung secara virtual. Sidang terakhir berlangsung pada 26 Maret 2021.

Artis 40 tahun itu dinyatakan terbukti menyuap panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara Rohadi sebesar Rp 250 juta agar majelis hakim PN Jakarta Utara menjatuhkan putusan seringan-ringannya dalam perkara pencabulan oleh Saipul Jamil.

Selain kasus suap, Saipul Jamil juga masih harus menjalani vonis lima tahun penjara berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta pada Maret 2017, karena terbukti melakukan pencabulan anak.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report