World

5 Film Terbaik Aamir Khan Wajib Ditonton, Aktor Top Bollywood Ulang Tahun ke-57

Aamir Khan menjadi salah satu artis India yang paling populer dan berpengaruh

Ismail
Senin, 14 Maret 2022 | 15:00 WIB
Aamir Khan (Instagram/@aamirkhanturkey)
Aamir Khan (Instagram/@aamirkhanturkey)

Matamata.com - Pada hari ini, Senin (14/3/2022), salah satu aktor terbaik India, Aamir Khan ulang tahun ke-57. Nggak ada salahnya kamu kepoin beberapa film terbaik Aamir Khan yang wajib ditonton di momen pertambahan usianya ini.

Aamir Khan yang lahir pada 14 Maret 1965 merupakan salah satu aktor perfilman India yang paling populer dan berpengaruh dengan karirnya selama lebih dari 30 tahun. Aktor yang sudah menerima banyak penghargaan ini pertama kali akting sebagai aktor cilik lewat Yaadon Ki Baaraat tahun 1973. Peran pertamanya saat dewasa adalah di film Holi (1984) dan dia mendapat peran utama di Qayamat Se Qayamat Tak (1988).

Aamir Khan memantapkan dirinya sebagai aktor utama pada tahun 1990-an lewat beberapa film yang sukses secara komersial. Beberapa diantaranya ada Dil, Raja Hindustani di mana dia memenangkan Penghargaan Filmfare pertamanya untuk Aktor Terbaik, dan Sarfarosh.

Aamir Khan mendirikan Aamir Khan Productions pada tahun 1999 di mana film pertamanya yang berjudul Lagaan (2001) juga sukses besar. Menyusul beberapa filmnya termasuk Ghajini, 3 Idiots, Dhoom 3, PK, dan Dangal, masing-masing memegang rekor sebagai film India terlaris.

Aamir Khan memang salah satu aktor terbaik, makanya film-filmnya selalu berkesan di hati penonton. Kalau kamu penasaran, intip beberapa film terbaik Aamir Khan di bawah ini seperti dilansir dari IMDb dan sumber lainnya. Jangan lupa nonton di hari ulang tahunnya.

1. Lagaan: Once Upon a Time in India (2001)

Film Terbaik Aamir Khan (IMDb)
Film Terbaik Aamir Khan (IMDb)

Lagaan merupakan salah satu film terbaik Aamir Khan yang populer. Film ini merupakan salah satu hit box office terbesar tahun 2001 yang menerima pujian kritis, penghargaan di festival film internasional dan banyak penghargaan film India.

Laagan bahkan menjadi film India ketiga yang dinominasikan untuk Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik setelah Mother India (1957) dan Salaam Bombay! (1988). Film ini berkisah tentang pertandingan kriket di mana penduduk desa bermain melawan penguasa Inggris yang kejam untuk menyingkirkan beban pajak pertanian.

Karakter Aamir Khan sebagai Bhuvan, pemberontak yang dicintai oleh semua orang adalah salah satu perannya yang paling terkenal. Film olahraga musikal epik India ini ditulis dan disutradarai oleh Ashutosh Gowariker. Filmnya diproduksi oleh Aamir Khan yang juga membintangi film ini bersama debutan Gracy Singh.

2. Dil Chahta Hai (2001)

Film Terbaik Aamir Khan (IMDb)
Film Terbaik Aamir Khan (IMDb)

Kesuksesan Lagaan diikuti oleh Dil Chahta Hai di akhir tahun 2001. Ini merupakan sebuah film romansa dewasa India tahun 2001 yang ditulis dan disutradarai oleh Farhan Akhtar.

Filmnya berfokus pada kehidupan romantis tiga teman masa kecil yang baru lulus kuliah, yakni Aamir Khan, Saif Ali Khan, dan Akshaye Khanna. Film ini juga dibintangi oleh Preity Zinta, Sonali Kulkarni, dan Dimple Kapadia.

Dil Chahta Hai menerima banyak ulasan positif karena menggambarkan kehidupan realistis pemuda India. Film ini bahkan menyabet beberapa penghargaan setelah dirilis, termasuk dua National Awards dan tujuh Filmfare Awards.

3. 3 Idiots (2009)

Film Terbaik Aamir Khan (IMDb)
Film Terbaik Aamir Khan (IMDb)

3 Idiots dianggap sebagai salah satu film Bollywood terbaik yang pernah ada karena film ini menerima pujian kritis dan kesuksesan komersial yang luar biasa. Film terbaik Aamir Khan ini menyabet enam Penghargaan Filmfare termasuk Film Terbaik, dan tiga National Awards termasuk Film Populer Terbaik.

Film tersebut juga menerima nominasi Japanese Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, dan memenangkan Hadiah Utama di Japan's Videoyasan Awards. Film ini disutradarai oleh Rajkumar Hirani dan dibintangi oleh Aamir Khan, R. Madhavan dan Sharman Joshi. Sementara Omi Vaidya, Kareena Kapoor dan Boman Irani bergabung dalam peran penting. Filmnya sendiri menelusuri perjuangan dan keseruan yang mengakar dalam kehidupan mahasiswa teknik.

4. PK (2014)

Film Terbaik Aamir Khan (IMDb)
Film Terbaik Aamir Khan (IMDb)

PK merupakan salah satu film terbaik Aamir Khan yang menerima ulasan positif dan termasuk salah satu film India terlaris sepanjang masa. Cerita film ini berfokus tentang kisah seorang alien di Bumi yang kehilangan satu-satunya perangkat yang bisa dia gunakan untuk berkomunikasi dengan pesawat luar angkasa.

Film drama komedi fiksi ilmiah ini disutradarai oleh Rajkumar Hirani dan ditulis oleh Hirani dan Abhijat Joshi. Film ini dibintangi Aamir Khan dalam peran tituler dengan Anushka Sharma, Sushant Singh Rajput, Sanjay Dutt, Boman Irani dan Saurabh Shukla dalam peran penting.

5. Dangal (2016)

Film Terbaik Aamir Khan (IMDb)
Film Terbaik Aamir Khan (IMDb)

Dangal memecahkan rekor box office dan merupakan salah satu film terlaris Aamir Khan dalam karirnya. Ceritanya tentang mantan pegulat bernama Mahavir Singh Phogat yang melatih putrinya Geeta Phogat dan Babita Kumari untuk menjadi pegulat wanita kelas dunia pertama di India.

Film drama olahraga biografi tahun 2016 ini disutradarai oleh Nitesh Tiwari, ditulis oleh Tiwari, Piyush Gupta, Shreyas Jain dan Nikhil Mehrotra, dan diproduksi oleh Aamir Khan dan Kiran Rao di bawah Aamir Khan Productions. Fatima Sana Shaikh dan Sanya Malhotra memerankan versi dewasa dari dua saudara perempuan Phogat, Zaira Wasim dan Suhani Bhatnagar memerankan versi mudanya, Sakshi Tanwar berperan sebagai ibu mereka, dan Aparshakti Khurana sebagai sepupu mereka.

Itu dia beberapa film terbaik Aamir Khan yang wajib dikepoin di hari ulang tahunnya. Tentunya masih banyak lagi film lainnya karena Aamir Khan memang salah satu aktor terbaik di India. Jangan lupa nonton semua filmnya ya. Happy birthday, Aamir Khan!

Kontributor: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Tags # film terbaik aamir khan # aamir khan ultah ke-57 tahun # aamir khan

Hot Video

Berita Terkini