World

Profil Harnaaz Sandhu, Miss Universe 2021 Asal India yang Peduli Isu Wanita

Harnaaz Sandhu menerima gelar Miss Universe yang terakhir kali diterima wanita asal India 21 tahun silam.

Tinwarotul Fatonah
Selasa, 14 Desember 2021 | 10:47 WIB
Profil Harnaaz Sandhu (Instagram/@harnaazsandhu_03)
Profil Harnaaz Sandhu (Instagram/@harnaazsandhu_03)

Matamata.com - Miss Universe digelar pada Senin (13/12/2021) waktu Israel dengan 79 kontestan dari berbagai belahan dunia. Gelar Miss Universe 2021 telah diberikan kepada Miss India Harnaaz Sandhu yang berhasil mengalahkan Miss Paraguay Nadia Ferreira dan Miss Afrika Selatan Lalela Mswane di babak final.

India diketahui terakhir kali menyabet gelar Miss Universe melalui Lara Dutta Bhupathi pada 2000 silam. Harnaaz Sandhu juga merupakan wanita India ketiga setelah Dutta dan Sushmita Sen (1994) yang berhasil menjadi pemenang dalam kontes kecantikan Miss Universe.

Ingin lebih mengenal sosok Miss Universe 2021? Yuk simak profil Harnaaz Sandhu yang telah disiapkan redaktur MataMata.com berikut ini.

1. Biodata Harnaaz Sandhu

Profil Harnaaz Sandhu (Instagram/@harnaazsandhu_03)
Profil Harnaaz Sandhu (Instagram/@harnaazsandhu_03)

Harnaaz Sandhu lahir di Kota Chandigarh, Punjab, India, pada 3 Maret 2000 dengan nama Harnaaz Kaur Sandhu. Di India sendiri, Harnaaz Sandhu telah dikenal sebagai model dan aktris asal Chandigarh. Keluarga Harnaaz Sandhu merupakan penganut agama Sikh. Harnaaz Sandhu memiliki seorang kakak bernama Harnoor yang lebih tua 7 tahun darinya. Harnaaz mendapat julukan 'Candy' dari sang kakak.

Kebahagiaan dirasakan sang kakak, Harnoor, atas kemenangan Harnaaz Sandhu Ia menyebut Harnaaz Sandhu adalah sosok yang memiliki hasrat dalam dunia modelling, akting, dan menari. Harnoor yang diketahui sebagai produser musik dan video ternama di India merasa bangga melihat pencapaian Harnaaz Sandhu yang berhasil meraih impiannya menjadi ratu kecantikan.

2. Perjalanan Karier Harnaaz Sandhu

Profil Harnaaz Sandhu (Instagram/@harnaazsandhu_03)
Profil Harnaaz Sandhu (Instagram/@harnaazsandhu_03)

Harnaaz Sandhu saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa Post Graduate Government College for Girls (Kampus Pemerintah Pasca Sarjana untuk Perempuan) di Chandirgh jurusan Administrasi Publik. Sebelumnya Harnaaz Sandhu telah menyelesaikan pendidikan di Shivalik Public School dengan gelar Bachelor of Information Technology.

Sejak remaja, berbagai kontes kecantikan rupanya pernah diikuti Harnaaz Sandhu. Gelar Miss Chandigarh 2017, Miss Max Emerging Star India 2018, dan Femina Miss India Punjab 2019 telah diraihnya. Harnaaz Sandhu juga dinobatkan sebagai Miss Diva pada September lalu yang membawanya mengikuti kontes kecantikan Miss Universe 2021.

Harnaaz Sandhu juga telah membintangi dua film Punjabi. Harnaaz dipercaya sebagai aktris utama "Yaara Diyan Poo Baran" oleh sutradara Upasna Singh Bhardhwaj yang dirilis pada 2021. Di tahun yang sama, Harnaaz juga membintangi film "Bai Ji Kuttange" yang digarap sutradara Smeep Kang. Harnaaz Sandhu juga tampil di video lagu The Landers berjudul "Tarthalli".

3. Role Model Harnaaz Sandhu

Profil Harnaaz Sandhu (Instagram/@harnaazsandhu_03)
Profil Harnaaz Sandhu (Instagram/@harnaazsandhu_03)

Harnaaz Sandhu menjadikan Priyanka Chopra sebagai role model. Priyanka Chopra yang juga pernah menjadi Miss World 2000 menginspirasi Harnaaz untuk menjadi advokat sejumlah isu tentang hak-hak perempuan seperti pendidikan, karier, dan kebabasan memilih.

Selain Priyanka Chopra, Harnaaz Sandhu juga mengidolakan sang ibunda yang sukses berkarier sebagai ginekolog sekaligus pemimpin keluarga. Peran tersebut jarang ada di India yang masih didominasi patriarki. Harnaaz dan sang ibu, Mrs. Kaur, mendukung kamp kesehatan yang menangani kesehatan dan kebersihan menstruasi. Harnaaz Sandhu juga dikenal peduli akan isu pemanasan global dan pelestarian alam.

4. Hobi Harnaaz Sandhu

Profil Harnaaz Sandhu (Instagram/@harnaazsandhu_03)
Profil Harnaaz Sandhu (Instagram/@harnaazsandhu_03)

Harnaaz Sandhu suka menyanyi, menari, yoga, berenang, memasak, menunggang kuda, dan bermain catur. Hobinya cukup banyak ya? Ia memiliki bakat unik, yakni menirukan mimik orang lain dan binatang. Bahkan pada malam final Miss Universe 2021 pun, Harnaaz Sandhu menunjukkan kemampuannya menirukan suara kucing.

Harnaaz Sandhu mengaku pernah dibully karena tubuhnya terlalu kurus. Selain kurus, Harnaaz memang memiliki tinggi hingga 176 sentimeter. Di malam final, Harnaaz lantas menyampaikan kepada generasi muda untuk menyadari apabila masing-masing individu memiliki keunikan yang membuat mereka tampak cantik sehingga tak perlu membandingkan diri dengan orang lain.

Prestasi Harnaaz Sandhu terbukti keren-keren banget ya? Tak salah apabila Harnaaz Sandhu dinobatkan sebagai Miss Universe 2021. Sekali lagi selamat untuk Harnaaz Sandhu!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Tags # harnaaz sandhu # profil harnaaz sandhu # miss universe 2021

Hot Video

Berita Terkini