World

Rishi Kapoor Meninggal, 7 Silsilah Keluarga Kapoor yang Dominasi Bollywood

Rishi kapoor, Kareena Kapoor dan Ranbir Kapoor adalah satu keluarga besar, intip silsilahnya.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Rishi Kapoor, Neetu Singh, dan Ranbir Kapoor  (Instagram/@neetu54)
Rishi Kapoor, Neetu Singh, dan Ranbir Kapoor (Instagram/@neetu54)

Matamata.com - Aktor Bollywood Rishi Kapoor meninggal dunia pada usia 67 tahun memang mengejutkan publik Bollywood. Dilansir dari Hindustan Times, Rishi menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Sir HN Reliance Foundation di Mumbai setelah pertempuran selama dua tahun melawan kanker. 

Siapa pun di India tahu kalau Rishi berasal dari keluarga Kapoor yang mendominasi dunia hiburan Bollywood dari generasi ke generasi. Karisma Kapoor, Kareena Kapoor dan Ranbir Kapoor adalah bukti kalau keluarga Kapoor mendominasi ranah entertainment dari waktu ke waktu.

Bahkan publik sudah bisa meramal kalau anak Rishi Kapoor, yakni Ranbir Kapoor akan jadi aktor besar karena orang tua, sepupu dan kakek neneknya adalah artis semua.

So, kamu penasaran nggak sih dengan silsilah keluarga Kapoor yang jadi artis ternama? Mereka semua seleb populer pada masanya lho.

Yuk kepoin 7 diantaranya dilansir dari Bollywoodshaadis.com, Bollyspice dan berbagai sumber. 

1. Prithviraj Kapoor

Prithviraj Kapoor (Youtube)
Prithviraj Kapoor (Youtube)

Prithviraj Kapoor adalah kakek buyut Kareena Kapoor yang juga jadi aktor. Prithviraj merupakan generasi pertama keluarga Kapoor yang masuk ke dunia hiburan Bollywood.

Prithviraj jadi aktor sejak tahun 1929. Dia lalu menikah dengan Ramsarni atau Rama dan punya tiga anak lelaki, yakni Raj Kapoor, Shammi Kapoor, and Shashi Kapoor. Anak perempuan satu-satunya diberi nama Urmi.

2. Raj Kapoor

Raj Kapoor (Youtube)
Raj Kapoor (Youtube)

Raj Kapoor adalah anak pertama Prithviraj Kapoor yang masuk ke dunia hiburan. Kakek Kareena Kapoor ini populer sebagai aktor dan sutradara film Bollywood.

Raj Kapoor menikah dengan Krishna Malhotra yang juga merupakan sepupunya tahun 1946. Keduanya dijodohkan karena keluarga ingin seorang wanita yang tradisional untuk mendampingi Raj.

Sepanjang karirnya, Raj Kapoor pernah digosipkan oleh banyak aktris, seperti Nargis, Vyjayantimala dan Padmini. Meski semuanya dibantah.

Dari pernikahannya bersama Khrisna, Raj Kapoor memiliki 3 anak laki-laki, yakni Randhir Kapoor, Rishi Kapoor dan Rajiv Kapoor. Mereka juga punya anak perempuan, yakni Ritu Nanda and Reema Kapoor Jain.

Randhir dan Rishi adalah aktor populer, sementara Rajiv tidak terlalu sukses di Box Office. Dua anak perempuan Raj Kapoor ibu rumah tangga biasa.

Raj Kapoor meninggal tahun 1988 karena penyakit asma. Sementara itu istrinya, Krishna Raj Kapoor meninggal pada Senin (1/10/2018) karena serangan jantung di usia 87 tahun.

3. Randhir Kapoor

Pesta ulang tahun Kareena Kapoor (Instagram/@therealkareenakapoor)
Pesta ulang tahun Kareena Kapoor (Instagram/@therealkareenakapoor)

Anak tertua Raj Kapoor, yakni Randhir Kapoor adalah seorang aktor besar. Saat syuting film Kal Aaj Aur Kal, Randhir jatuh hati dengan lawan mainnya, Babita. Mereka menikah pada 6 November 1971.

Tiga tahun kemudian mereka dianugerahi putri cantik bernama Karisma Kapoor. Lalu tahun 1980, lahirnya putri kedua yang diberi nama Kareena Kapoor.

Hal-hal berubah buruk saat karir Randhir mulai meredup tahun 1983. Babita ingin Karisma Kapoor debut di dunia hiburan tapi Randhir tak setuju. Mereka bertengkar dan Babita pergi bersama anak-anak.

Walaupun begitu Randhir tetap mendukung karir anak-anaknya. Babita dan Randhir rujuk lagi tahun 2007. Mereka tidak pernah bercerai tapi hidup terpisah selama hampir 20 tahun.

4. Rishi Kapoor

Ranbir Kapoor sekeluarga from Instagram @riddhimakapoorsahniofficial
Ranbir Kapoor sekeluarga (Instagram/@riddhimakapoorsahniofficial)

Satu lagi aktor dari keluarga Kapoor yang sukses besar adalah Rishi Kapoor. Dia adalah anak kedua dari Raj Kapoor dan juga paman Kareena Kapoor.

Rishi Kapoor jatuh cinta dengan aktris Neetu Singh setelah beberapa kali dipasangkan dalam film. Mereka menikah pada 22 Januari 1980.

Dari pernikahan itu lahirlah Riddhima dan Ranbir. Ranbir Kapoor adalah aktor paling sukses di Bollywood saat ini. Sementara itu Riddhima menjadi desainer perhiasan ternama dan menikah dengan pebisnis dari Delhi.

5. Karisma Kapoor

Karisma Kapoor (Instagram/@therealkarismakapoor)
Karisma Kapoor (Instagram/@therealkarismakapoor)

Selama lebih dari enam puluh tahun, industri film Bombay didominasi hanya oleh aktor pria dari persaudaraan Kapoor. Namun ini semua berubah pada tahun 1991 ketika Karisma Kapoor (1974-) menjadi wanita pertama dari dinasti yang memasuki industri dan memulai debutnya di Prem Qaidi (1991).

Dia kemudian menjadi salah satu aktris paling sukses di tahun sembilan puluhan dan menyajikan hit yang mengesankan seperti Raja Hindustani (1996) dan Dil To Pagal Hai (1997). Juga termasuk di Fiza (2000) atau Zubeidaa (2001), di mana Karisma melepaskan banyak emosi dan kesedihan melalui karakternya.

6. Kareena Kapoor

Kareena Kapoor (Instagram/@therealkareenakapoor)
Kareena Kapoor (Instagram/@therealkareenakapoor)

Munculnya abad kedua puluh satu, keluarga Kapoor kembali sukses dengan tampilnya arits wanita dengan debut Kareena Kapoor (1980-) dalam film Refugee (2000). Dengan pengecualian Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001), Kareena awalnya tidak memiliki banyak box office dan berjuang untuk membuktikan dirinya kepada khalayak ramai, seperti yang dilakukan Karisma selama tahun-tahun awalnya.

Namun, ini semua berubah untuk Kareena setelah rilis Chameli (2004), di mana ia memberikan kinerja yang sangat kuat dalam perannya sebagai pelacur dan memenangkan banyak pujian kritikus saat itu. Kareena telah memantapkan dirinya sebagai salah satu aktris papan atas di Bollywood dan terus mengesankan penonton dengan beragam pertunjukan sejak saat itu. 

7. Ranbir Kapoor

Ranbir Kapoor (Instagram/@ranbir_kapoooor)
Ranbir Kapoor (Instagram/@ranbir_kapoooor)

Setelah penurunan Rishi Kapoor pada 1990-an, India belum melihat aktor Kapoor laki-laki selama beberapa tahun. Ini akhirnya berakhir setelah debut putra Rishi, Ranbir Kapoor (1982-) di Saawariya Sanjay Leela Bhansali (2007).

Setelah berjuang mati-matian pada awalnya, Ranbir saat ini dianggap sebagai salah satu aktor pria top di industri dan telah membuktikan kemampuannya sebagai aktor dalam film seperti Wake Up Sid! (2009) dan Rockstar (2011), yang mengantongi banyak penghargaan dan pujian kritis. Dia telah membawa gaya, kepribadian, dan citra yang menyegarkan dan khas untuk khalayak modern.

Ini terutama setelah sebagian besar dari mereka melihat Shah Rukh Khan, Aamir Khan dan Salman Khan mendominasi layar selama lebih dari dua puluh tahun. Ranbir telah mengambil sejumlah peran tidak konvensional sejauh ini dalam karirnya dan dia tidak takut mengambil karakter yang menantang.

Turut berduka untuk keluarga Kapoor sekeluarga. 

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report