World

Bocor, Inilah Fakta - Fakta di Balik Persiapan Royal Wedding

Semenjak Harry mengumumkan pertunangannya pada akhir bulan November tahun lalu, masyarakat selalu menunggu perkembangan berita terkait pasangan ini.

Rendy Adrikni Sadikin | Rima Suliastini

Harry and Meghan Markle
Harry and Meghan Markle

Matamata.com - Kerajaan Inggris akan segera melangsungkan pernikahan Pangeran Harry dengan pasangannya, Meghan Markle.

Semenjak Harry mengumumkan pertunangannya pada akhir bulan November tahun lalu, masyarakat selalu menunggu perkembangan berita terkait pasangan ini.

Wajar saja, mengingat Pangeran Harry adalah calon Raja Inggris yang menduduki urutan ketiga setelah ayahnya, Pangeran Charless dan kakak kandungnya, Pangeran William.

Lalu seperti apa kira-kira pesta pernikahannya berlangsung, berikut redaksi Matamata rangkum bocorkan informasinya.

Lokasi

Pasangan ini rencananya akan melangsungkan pemberkatan pernikahan di Kapel St George's, yang berada di dalam komplek Istana Windsor, Inggris. Kapel ini dinilai cukup bersejarah, mengingat banyaknya bangsawan yang menikah di sini.

Pada 2005, ayah dari Pangeran Harry, Pangeran Charles, juga melangsungkan pernikahannya dengan Camilia Parker Bowles di tempat ini.

Pesta pertama yang dilangsungkan di Kapel berumur 500 tahun ini adalah pernikahan Raja Edward VII dengan Ratu Alexandra pada tahun 1863.

Bocor, Inilah Fakta - Fakta di Balik Persiapan Royal Wedding - 1Kapel St George's/instagram @asaldian

Tanggal Pernikahan

Harry diberitakan akan melangsungkan pernikahan dengan Meghan pada tanggal 19 Mei tahun ini.

"Yang Mulia Pangeran Henry dari Wales dan Meghan Markle akan menikah pada 19 Mei 2018," demikian pengumuman resmi dari Istana Kensington.

Tahukah kamu, tanggal ini bersamaan dengan berlangsungnya pertandingan final Piala FA, Pangeran William tercatat sebagai presiden kompetisi sepak bola Inggris tersebut.

Undangan

Belum lama ini, akun Instagram resmi Kensington Palace mengunggah sebuah foto Undangan bergaya klasik.

"His Royal Highness the Prince of Wales requests the pleasure of the company of _____ at the marriage of his royal highness Prince Henry of Wales with Ms. Meghan Markle at St George's Chapel, Windsor Castle on Saturday, 19th May 2018 at 12 noon followed by a reception at Windsor Castle," demikian tulisan yang tercetak di undangan.

Untuk menghormati latar belakang kedua mempelai, tinta Amerika dipilih untuk dicetak di atas kartu Inggris dengan dominasi warna hitam dan emas dalam undangan tersebut.

Kabarnya, Harry dan Meghan akan mengundang 600 tamu saja untuk pernikahan mereka.

Dalam undangan itu, nama pangeran Harry juga tercetak sebagai Henry, sesuai dengan nama lahirnya.

Status Meghan

Dalam unggahan foto undangan, tertulis juga nama Meghan sebagai Ms. Meghan Markle. Hal ini rupanya merujuk pada status Meghan yang sudah pernah menikah sebelumnya.

Jadi, pernikahan ini bukan pernikahan pertamanya. Meghan diketahui pernah menikah sebelum bertemu dengan Pangeran Harry.

Bukan hanya itu, umur Meghan ternyata lebih tua dari calon suaminya. Harry dipastikan berumur 33 tahun saat menikah, sementara Meghan 36 tahun.

Bocor, Inilah Fakta - Fakta di Balik Persiapan Royal Wedding - 2Undangan Harry and Meghan Markel/instagram @kensingtonroyal

Ratu Elizabeth Absen

Ratu Elizabeth dikabarkan tidak akan menghadiri pemberkatan cucu tersayangnya, Hal ini terungkap dalam cetakan kartu undangan. Di sana tertulis jika Pangeran Charles yang mengundang langsung tamu untuk hadir.

Status Meghan sebagai seorang janda rupanya menjadi penghalang kehadiran Ratu Elizabeth saat pemberkatan pernikahan. Seorang Ratu Inggris tidak akan menghadiri pernikahan seseorang yang telah bercerai sebelumnya.

Selain itu, Ratu Elizabeth juga seorang  Kepala Gereja Inggris, sehingga dirinya lebih memilih menghormati gereja.

Kue Pengantin

Hal yang tak kalah penting dalam pernikahan adalah kue pengantin. Untuk hal ini, Meghan mempercayakan Claire Ptak untuk mewujudkan kue impiannya. Meghan mengenal Ptak sebelumnya saat memandu sebuah situs makanan dan gaya hidup The Tig.

Sekadar informasi, dalam tradisi pernikahan Kerajaan Inggris, kue dengan bahan buah umum dipilih sebagai kue pengantin. Namun Meghan menjatuhkan pilihannya pada kue Edelflower Lemon.

Kabarnya, kue ini bukan hanya dilapisi buttercream namun juga akan didekorasi dengan bunga segar.

Dekorasi

Pangeran Harry dan Meghan Markle mempercayakan Philippa Craddock untuk mendekorasi l Kapel St George's yang akan menjadi lokasi pemberkatan pernikahan mereka.

Dekorasi berkonsep natural itu akan menggunakan bunga-bunga lokal yang bermekaran secara alami, menyesuaikan musim. Bunga jenis white garden roses, foxgloves dan Peony jadi pilihan. Peony dipilih karena Meghan sangat menyukai jenis bunga tersebut.

Gaun

Apalagi yang paling asik dibicarakan dalam sebuah pesta pernikahan kalau bukan gaun pengantin. Sayangnya, untuk hal ini Meghan tampak konsisten untuk menutup rapat rancangan gaun yang akan dikenakannya. Informasi yang berhubungan dengan gaun, termasuk mengenai perancang masih menjadi rahasia.

Meghan memang terkenal sebagai sosok yang dapat memegang rahasia, terbukti dari kedekatannya dengan sang pangeran yang tidak terendus media, walaupun hubungan itu sudah berjalan cukup lama.

Matamata/Irma Suliastini

Berita Terkait

Berita Terkini