Seleb

Ridwan Kamil Sentil Baim Wong soal Citayam Fashion Week: Gak Semua Harus Jadi Komersil!

Gara-gara kelakuan Baim Wong, Ridwan Kamil akhirnya buka suara.

Nur Khotimah | Diwanna Ericha
Senin, 25 Juli 2022 | 12:52 WIB
Ridwan Kamil. (instagram/@arkanaidan)
Ridwan Kamil. (instagram/@arkanaidan)

Matamata.com - Ridwan Kamil akhirnya buka suara terkait keputusan Baim Wong ingin mematenkan Citayam Fashion Week lewat perusahan miliknya, PT. Tiger Wong Entertainment.

Melalui unggahan pribadi di laman Instagram, Ridwan Kamil memberikan pesan untuk Baim Wong. Suami Atalia Praratya itu menekankan bahwa tak semua urusan harus dilihat dari sisi komersial.

"Dear Baim Wong dkk, Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial," tulis Ridwan Kamil di Instagram, dikutip Senin (25/07/2022).

Ridwan Kamil juga menyebutkan bahwa Citayam Fashion Week merupakan gerakan organik yang harus dijaga agar tetap otentik.

"Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula," tambahnya

Ridwan Kamil Sentil Baim Wong [Instagram/@ridwankamil]
Ridwan Kamil Sentil Baim Wong [Instagram/@ridwankamil]

Ridwan Kamil juga tidak setuju jika Citayam Fashion Week menjadi formal dan dimewahkan.

"Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda," tutur Ridwan Kamil lagi.

Ridwan Kamil ingin Citayam Fashion Week tetap berada di jalanan, bukan malah menjadi go international.

"Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional, Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture," ujar Ridwan Kamil.

Lebih jauh, Ridwan Kamil berharap negara atau pihak manapun tidak perlu terlalu ikut campur. Menurutnya, jika ingin mengorganisasi Citayam Fashion Week, lebih baik biarkan itu dibentuk oleh bagian dari mereka.

"Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu-individu di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur," ucapnya.

"Jika Pun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan Anda," tandasnya.

Potret Keluarga Baim Wong Nonton NBA di Amerika. (Instagram/paula_verhoeven)
Potret Keluarga Baim Wong Nonton NBA di Amerika. (Instagram/paula_verhoeven)

Kemudian, Ridwan Kamil memberikan saran kepada sang artis untuk mencabut pendaftaran HAKI-nya. Ia menutup unggahannya dengan memberikan apresiasi kepada Baim Wong dan Paula Verhoeven.

"Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya," tegasnya.

"Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini. Hatur Nuhun," pungkas, Ridwan Kamil.

Sontak, unggahnya itu mendapat banyak dukungan dari netizen.

"Setuju sama bapak," tutur netizen. "Kreatifitas dan kebahagiaan Wong Cilik diakusisi Baim Wong," tambah lainnya. "Setujuu Pak, gak semunya soal uang dan ga semuanya harus diuangkan," ujar lainnya.

Tags # ridwan kamil # baim wong ingin mematenkan citayam fashion week # baim wong # paula verhoeven # citayam fashion week

Hot Video

Berita Terkini