Seleb

Asri Welas Menangis Kenang Didi Kempot: Ini Karya Terakhirnya

Asri Welas menceritakan pengalaman bermain film Sobat Ambyar bersama almarhum Didi Kempot.

Yohanes Endra

Asri Welas (MataMata.com/Revi Cofans Rantung]
Asri Welas (MataMata.com/Revi Cofans Rantung]

Matamata.com - Tangis Asri Welas pecah saat menceritakan pengalaman bermain film Sobat Ambyar bersama almarhum Didi Kempot. Ia pun terharu karena kisah dan lagu-lagu campursari almarhum bisa mewujud film dan menyatukan masyarakat berbagai suku budaya.

"Di film ini aku belajar kepedihan jadi Sobat Ambyar. Aku mau nangis nih, karena aku bersama Mas Didi Kempot benar-benar berjalan bersama dengan seni dan budaya. Menari dan menyanyi dari panggung ke panggung, melihat perkembangan Mas Didi," ujar Asri Welas sambil menitikan air mata dalam jumpa pers virtual, Selasa (12/1/2021).

Asri Welas pun tahu betul puluhan tahun lalu, lagu dan budaya Jawa masih dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Berkat Didi Kempot, lagu Jawa dan campursari dikenal masyarakat di penjuru dunia dan itu membuat Asri Welas terharu.

"Benar-benar dari budaya Jawa dilihat sebelah mata, akhirnya punya Sobat Ambyar yang begitu besarnya. Bukan cuma Jawa tapi daerah lain juga, Mas Didi mempersatukan Indonesia dengan lagu Jawa. Mas Didi berhasil membuat kita jadi satu, dari milenial sampai zaman dulu. Dia pahlawan budaya untuk bangsa Indonesia," tutur Asri Welas masih sambil menangis.

Asri Welas pun mengimbau masyarakat khususnya para Sobat Ambyar menonton film ini. Sebab, film ini adalah karya terakhir beliau sebelum meninggal dunia.

"Ini karya terakhir beliau, di mana setelah syuting beliau dipanggil Maha Kuasa. Jadi hatiku ambyar banget, sedih banget karena film ini merepresentasikan rasanya kehilangan sosok budayawan yang kerja konsisten di bidangnya dan diapresiasi oleh bangsanya," imbuh Asri Welas.

Maestro campursari Didi Kempot meninggal dunia di usia 53 tahun akibat jantung di Solo, Jawa Tengah, 5 Mei 2020.

Selama hidup, Didi Kempot dikenal dengan lagu-lagu campursari tentang cinta, patah hati, dan kehilangan. Melalui lagu-lagunya itulah, Didi Kempot dijuluki sebagai Bapak Patah Hati Nasional atau The Godfather of Broken Heart, hingga fans-nya ia juluki sebagai Sobat Ambyar.

Film Sobat Ambyar pun menjadi film pertama dan terakhir Didi Kempot. Berperan sebagai eksekutif produser sekaligus pemain, Didi Kempot tetap mengusung kekentalan budaya Jawa di filmnya.

Sobat Ambyar akan tayang di Netflix secara global pada tanggal 14 Januari 202. Disutradarai oleh Charles Gozali dan Bagus Bramanti, film ini juga dibintangi sejumlah artis Indonesia. Diantaranya adalah Bhisma Mulia, Denira Wiraguna, Erick Estrada, Mo Sidik, dan Asri Welas, serta penampilan akting perdana dari Fransisca Saraswati Puspa Dewi (Sisca JKT48).

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report