Seleb

Mengaku Gusdurian Sejati, Ahmad Dhani Serang Balik Wanda Hamidah?

Ternyata ada alasan mengapa Ahmad Dhani jadi penggemar Gus Dur.

Tinwarotul Fatonah | Bima Sandria Argasona

Ahmad Dhani. (Instagram/@ahmaddhaniprast)
Ahmad Dhani. (Instagram/@ahmaddhaniprast)

Matamata.com - Perseteruan musisi Ahmad Dhani dan artis sekaligus anggota DPR, Wanda Hamidah nampaknya terus berlanjut.

Setelah sebelumnya, Wanda Hamidah sempat menyinggung Ahmad Dhani lewat unggahan di Instagram storiesnya, pada Senin (27/8/2018).

Wanda Hamidah tak menyebut Ahmad Dhani secara langsung, namun ia menyebut tentang riwayat hidup Ahmad Dhani yang seorang musisi dan pengagum Gus Dur.

''Dulu NU, dulu PKB, dulu pengagum Gus Dur dan Soekarno, dulu Laskar Cinta, sekarang wahabi dan penebar kebencian,'' tulis Wanda Hamidah.

Wanda Hamidah pun menyebut jika hal tersebut dilakukan oleh Ahmad Dhani lantaran dirinya sudah tak laku di industri hiburan.

''Ketika panggung musik sudah tak ada, cari panggung di politik dengan segala cara, sampai diusir dari kampungnya sendiri,'' pungkasnya.

Postingan Wanda Hamidah. (Instagram/@wanda_hamidah)
Postingan Wanda Hamidah. (Instagram/@wanda_hamidah)

 

Ahmad Dhani yang merasa tersindir atas tulisan Wanda Hamidah pun mengunggah ulang Instagram stories Wanda Hamidah di akun Instagramnya.

Ahmad Dhani menanyakan apakah seharusnya ia menanggapi sindiran yang ditulis oleh Wanda Hamidah untuknya.

Tapi nampaknya Ahmad Dhani nggak membiarkan Wanda Hamidah begitu saja. Lewat akun Instagram pribadinya juga Ahmad Dhani mengunggah sebuah video yang menyatakan jika hingga sekarang ia masih seorang penggemar Gus Dur atau Gusdurian.

Ahmad Dhani pun menyebutkan sifat-sifat Gus Dur yang dikaguminya dalam video tersebut.

''Saya adalah Gusdurian sejati karena Gus Dur nggak pernah ngenger kepada penguasa, Gus Dur tidak pernah mesra pada penguasa, Gus Dur nggak meminta-minta uang pada penguasa, Gus Dur kritis kepada penguasa,'' katanya pada video yang diunggah pada Selasa (28/8/2018).

Pentolan band Dewa 19 ini pun menyatakan melakukan semua ini karena merasa mirip dengan Gus Dur.

''Maka dari itu saya declare jika saya adalah Gusdurian sejati, karena saya mirip Gus Dur,'' jelas Ahmad Dhani.

Pernyataan Ahmad Dhani soal ini mengingatkan kembali pada peristiwa 13 tahun yang lalu. Saat Dewa 19 diprotes oleh Front Pembela Islam (FPI) lantaran logo album musik Dewa 19.

Pada April 2005, Dewa 19 yang saat itu digawangi oleh Ahmad Dhani (kibor, vokal), Once (vokal), Andra (gitar), Yuke (bas) dan Tyo Nugros (dram) mendapatkan kecaman keras lantaran logo album Laskar Cinta dianggap melecehkan Islam.

Logo album Laskar Cinta miliki Dewa 19 mengandung kaligrafi Lafdhul Jalalah (Allah) lafad tapi tak dipergunakan secara semestinya oleh Dewa 19.

Karena mendapat kecaman dari FPI, Ahmad Dhani langsung melaporkan kejadian ini kepada Gus Dur yang saat itu masih menjabat sebagai Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Gus Dur yang mendapatkan laporan dari Ahmad Dhani pun memberikan pembelaan dan menyatakan jika yang dipermasalahkan oleh FPI hanya masalah teknis. Beliau juga menekankan untuk nggak ambil pusing masalah ini.

Ditolak Warga Surabaya

Pernyataan Wanda Hamidah yang menyinggung Ahmad Dhani ini berawal dari Ahmad Dhani yang ditolak oleh warga Surabaya.

Ahmad Dhani dihadang oleh masa, pada Sabtu (25/8/2018) ketiak hendak ikut dalam melakukan deklarasi #2019GantiPresiden di Surabaya. Ahmad Dhani yang saat itu menginap di Hotel Majapahit tak bisa keluar lantaran hotel yang sudah dibanjiri oleh masa.

Ahmad Dhani diminta untuk meninggalkan Surabaya yang notabene adalah kampung halamannya sendiri oleh warga Surabaya. Karena merasa sudah ditolak oleh warga Surabaya, Ahmad Dhani ditemani oleh Mulan Jameela akhirnya meninggalkan Surabaya di hari yang sama.

Setelah tindakan pengusiran tersebut, Ahmad Dhani pun memberikan pernyataan lewat video di akun Instagramnya. Ahmad Dhani menyebut jika warga Surabaya aneh.

''Kita ini kan oposisi, aneh ya. Ini yang mendemo yang membela penguasa, lucu. Ini idiot-idiot, mendemo orang yang tidak berkuasa,'' jelas Dhani.

Melaporkan Dugaan Persekusi kepada DPR RI

Ditemani oleh Neno Warisman, Ahmad Dhani pun berkunjung ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk melaporkan dugaan persekusi yang dialaminya.

Ahmad Dhani dan Neno Warisman berkunjung ke DPR RI. (Instagram/@ahmaddhaniprast)
Ahmad Dhani dan Neno Warisman berkunjung ke DPR RI. (Instagram/@ahmaddhaniprast)

 

DPR RI yang diwakili oleh Fadli Zon dan Fahri Hamzah pun menerima kunjungan dari Neno Warisman dan Ahmad Dhani untuk berdiskusi atas masalah yang dialami.

Anggota DPR menerima kunjungan Ahmad Dhani. (Instagram/@ahmaddhaniprast)
Anggota DPR menerima kunjungan Ahmad Dhani. (Instagram/@ahmaddhaniprast)

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report