Life

5 Hal yang Wajib Disiapkan sebelum Kuliah ke Luar Negeri, Jangan Sampai Kelewatan!

Semuanya penting disiapkan sebelum kuliah di luar negeri. Yuk, simak!

Nur Khotimah
Rabu, 16 Maret 2022 | 20:02 WIB
Ilustrasi belajar online (Pedagoo)
Ilustrasi belajar online (Pedagoo)

Matamata.com - Semakin hari semakin banyak pelajar Indonesia yang ingin menempuh pendidikan ke luar negeri. Menurut hasil survei, sebanyak 80 persen responden pelajar mengaku ingin bisa menlanjutkan kuliah ke luar negeri.

Bahkan, Indonesia menduduki peringkat ke 22 di dunia sebagai negara terbanyak mengirimkan siswa belajar keluar negeri, namun masih banyak siswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri tapi belum tahu apa saja yang harus dipersiapkan.

Padahal untuk dapat diterima di kampus luar negeri tentunya bukan hal yang mudah, apalagi jika ingin mendapat beasiswa. Jadi, banyak langkah persiapan yang harus dilakukan.

Sebelum bisa kuliah ke luar negeri, ada banyak langkah yang harus dilalui, berikut beberapa hal yang wajib disiapkan sebelum kuliah ke luar negeri. Simak, yuk!

1. Waktu

Mulailah persiapan sesegera mungkin begitu kamu memutuskan akan kuliah ke luar negeri. Ini karena kamu akan butuh waktu untuk memenuhi syarat pendaftaran, melakukan pendaftaran, mengajukan visa pelajar dan mengerjakan persiapan lainnya, terutama jika kamu ingin mengambil jalur beasiswa atau bantuan keuangan lainnya.

2. Riset & perencanaan

Tahap selanjutnya adalah mencari informasi tentang program kuliah, syarat kuliah di luar negeri, cara mendaftar kuliah di luar negeri, atau beasiswa seawal mungkin. Dengan begitu, kamu akan punya cukup waktu untuk mempersiapkan semuanya dengan baik. Sebaiknya kamu mulai memikirkan tentang jurusan yang ingin kamu ambil dan mencari informasi sejak kelas 2 SMA / Kelas XI. Jika kamu ingin melakukan persiapan kuliah S2 di luar negeri, coba buat rencana untuk berangkat dalam waktu 2 tahun dari sekarang.

3. Biaya

Selain biaya kuliah yang jadi perhatian utama, kamu juga perlu menyiapkan anggaran untuk biaya hidup di luar negeri. Biaya hidup ini dapat diringankan oleh penghasilan dari pekerjaan paruh waktu, selama tidak mengganggu studimu. Kamu juga tidak perlu khawatir akan mendapat bayaran yang kecil, karena ada banyak negara yang menyediakan berbagai pekerjaan paruh waktu dengan bayaran yang layak.

4. Dokumen

Cari tahu dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat masuk ke universitas yang kamu tuju. Motivation letter, recommendation letter, paspor, visa, dll legalitas, sertifikat bahasa Inggris

5. Bahasa

Kalian harus kuasai bahasa negara tujuan tempat kuliah di luar negeri. Dan juga, Bahasa Inggris yang merupakan poin penting untuk bisa kalian kuasai. Selain untuk mendapat sertifikat, tapi juga penting untuk menyesuaikan diri.

Selain itu, kamu juga bisa belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan di lembaga kursus online seperti English Academy yang merupakan tempat les bahasa Inggris online interaktif dengan kurikulum Cambridge yang diajarkan oleh para Master Teachers native maupun lokal yang profesional dan berpengalaman.

Kurikulum Cambridge sendiri sudah dikenal dan dipakai di seluruh dunia, sehingga Meningkatkan peluang untuk bisa bekerja di perusahaan multinasional atau mendaftar di kampus terbaik dunia.

English Academy juga memfasilitasi kursus bahasa Inggris dari Usia 7-18 tahun dan menghadirkan kelas 2x lebih banyak dibandingkan kursus Bahasa Inggris lainnya dengan jadwal yang fleksibel dimana kamu dapat belajar di mana saja dan kapan saja.

Tags # pelajar indonesia # pendidikan ke luar negeri # kuliah ke luar negeri # hal yang wajib disiapkan sebelum kuliah ke luar negeri # kuliah # english academy

Hot Video

Berita Terkini