Life

Awas Cedera! Ini Dia 5 Kesalahan Amatir saat Menggunakan Treadmill

Jangan sembarangan, perhatikan hal ini sebelum menggunakan treadmill, ya.

Nur Khotimah
Kamis, 16 Desember 2021 | 20:58 WIB
Ilustrasi Treadmill.
Ilustrasi Treadmill.

Matamata.com - Anda pasti sudah tidak asing melihat treadmill baik di pusat kebugaran ataupun di rumah. Ya, alat fitness ini bisa Anda gunakan layaknya berlari dan berjalan di luar ruangan tanpa harus berpindah tempat.

Namun, alat kesehatan ini hadir dengan berbagai fitur, seperti, pengatur kecepatan, pembakaran kalori, pengukur detak jantung, hingga waktu dan jarak tempuh. Tentunya, fasilitas ini akan sangat berguna bagi seseorang yang hobi berolahraga lari dan sedang dalam program diet.

Meski berjalan ataupun berlari di atas treadmill terlihat begitu mudah, tetapi jangan anggap sepele. Apalagi, banyak orang yang melakukan kesalahan saat menggunakan alat kebugaran yang satu ini. Padahal, bila kita tidak memakainya dengan benar, maka bisa membahayakan diri sendiri. Yuk, simak artikel di bawah ini untuk menghindari kesalahan amatir saat menggunakan treadmill.

Ilustrasi Treadmill. (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi Treadmill. (Pexels/Andrea Piacquadio)

1. Tidak menggunakan sepatu olahraga

Pastikan Anda menggunakan sepatu olahraga khusus untuk lari saat memakai alat ini. Berbeda dengan sepatu olahraga biasanya, jenis sepatu khusus lari biasanya punya bantalan ekstra sol yang dapat melindungi tumit dan tulang kaki dari cedera saat Anda bergerak.

2. Tidak menyesuaikan kecepatan secara bertahap

Saat menggunakan treadmill, Anda mungkin merasa tertantang untuk meningkatkan laju kecepatan mesin tersebut. Boleh saja melakukan hal tersebut, tetapi secara bertahap. Terutama, bagi seorang pemula yang baru mulai olahraga satu ini.

Bila Anda langsung berlari dengan kecepatan yang tinggi, tubuh akan lebih cepat capek dan nyeri. Alhasil, bukannya jadi sehat segar bugar, malah jadi sakit.

3. Tidak melakukan pemanasan

Banyak yang beranggapan bahwa treadmill adalah olahraga ringan yang aman tanpa perlu melakukan pemanasan. Padahal, latihan pemanasan menjadi hal paling penting. Cukup lakukan olahraga ringan, seperti latihan squats, lunge, dan berbagai olahraga yang fokus pada peregangan otot kaki, setidaknya 5-10 menit, sebelum mulai olahraga.

Latihan ini berfungsi untuk merenggangkan dan mempersiapkan otot agar menjadi lentur. Selain itu, secara bertahap bisa membantu untuk meningkatkan detak jantung. Jadinya, jantung dan otot tubuh tidak "kaget" sehingga Anda bisa terhindar dari risiko cedera.

Ilustrasi Treadmill. (Pexels/Shotpot)
Ilustrasi Treadmill. (Pexels/Shotpot)

4. Fokus pandangan ke arah kaki

Hindari berlari sembari menundukkan kepala ke arah bawah karena bisa membuat Anda terjatuh. Selain itu, kebiasaan postur tubuh ini akan membuat otot leher dan bahu menjadi tegang sehingga tubuh akan kekurangan asupan oksigen.

Untuk menghindarinya, Anda bisa memposisikan tubuh berdiri tegak dengan arah pandangan mata ke depan. Pastikan juga posisi bahu telah sejajar dengan kaki agar tubuh tidak terlalu condong dan membungkuk ke depan.

Namun, jika Anda membutuhkan hiburan sembari olahraga, maka Anda bisa memposisikan video atau bahan bacaan lurus sejajar dengan mata.

5. Sering memegang handrail

Meskipun berpegangan pada sisi treadmill bisa membantu Anda agar tetap stabil, tetapi bagian handrail sebenarnya berfungsi untuk mengecek detak jantung dan digunakan dalam keadaan darurat.

Jika Anda gunakan sebagai sandaran pegangan saat berlari, hal ini justru akan membuat postur tubuh menjadi membungkuk dan mengakibatkan cedera tangan akibat terkilir.

Cobalah untuk berjalan perlahan secara alami seperti biasa Anda berjalan di luar ruangan. Setelah itu, Anda bisa menambah kecepatan dan berlari kecil menyesuaikan irama tubuh sampai Anda bisa berlari dengan stabil.

Itu dia lima kesalahan menggunakan treadmill yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai kebiasaan jelek ini membahayakan kesehatan Anda, ya. Selain itu, pastikan Anda tidak tergiur dengan harga treadmill yang murah tanpa memperhatikan kualitas, ya.

Nah, Anda bisa memperoleh berbagai kebutuhan olahraga berkualitas premium hanya di situs belanja Ruparupa. Situs ini menyediakan berbagai model alat olahraga, termasuk alat treadmill, serta kebutuhan rumah tangga lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan lainnya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai promo menarik di setiap bulannya, mulai dari cicilan 0% hingga potongan harga up to 50%, loh! Tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi Ruparupa.com.

Tags # treadmill # fitness # kesalahan amatir saat menggunakan treadmill

Hot Video

Berita Terkini