Life

Tetap Bergerak Aktif dengan 5 Alat Olahraga Rumahan Ini

Yuk simak rekomendasi alat olahraga terbaik yang dapat melatih kebugaran tubuh.

Tinwarotul Fatonah
Sabtu, 18 September 2021 | 09:54 WIB
Ilustrasi matras yoga. (Instagram)
Ilustrasi matras yoga. (Instagram)

Matamata.com - Di tengah pandemi Corona yang masih melanda, pemerintah mewajibkan masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah untuk sementara waktu, termasuk untuk berolahraga.

Tapi dengan adanya pembatasan ini tidak membuat Anda  harus berhenti untuk melakukan aktivitas olahraga yang biasa Anda  lakukan. Pasalnya Anda  bisa memanfaatkan alat olahraga yang serupa dengan di gym, meskipun hanya dari rumah.

Terlebih lagi saat ini sudah tersedia berbagai ragam jenis alat olahraga yang dapat Anda  sesuaikan dengan kebutuhan.

Rekomendasi alat olahraga terbaik

Boleh saja memiliki impian untuk memiliki tubuh yang ideal dan sehat namun untuk mewujudkannya perlu ada dukungan alat olahraga yang tepat. 

Yuk simak rekomendasi alat olahraga terbaik yang dapat melatih kebugaran tubuh.

1. Body Crunch

Ilustrasi Body Crunch
Ilustrasi Body Crunch

Alat olahraga yang memiliki fungsi untuk membakar lemak, serta menguatkan otot pada bagian perut.  Untuk menggunakannya sangat mudah, cukup ikuti instruksi pemakaian yang terdapat pada produk tersebut saat pembelian.

Pemakaiannya yang beragam harus disesuaikan dengan alat yang Anda  beli. Misalnya ada alat olahraga yang dapat membantu untuk melakukan gerakan sit up dan push up. Ada juga alat multifungsi yang memiliki beban pada bagian depan sehingga dapat digunakan untuk melatih otot tangan maupun tubuh bagian belakang.

Bagi yang belum terbiasa ada baiknya untuk membeli body crunch standar ,  nantinya setelah seiring berjalannya waktu Anda  bisa meng-upgrade alat kesehatan yang Anda  miliki.

2. Dumbell

Ilustrasi dumbbell. (Elements Envato)
Ilustrasi dumbbell. (Elements Envato)

Jika ingin melatih otot tangan secara efektif layaknya di gym, maka Anda  wajib banget punya alat olahraga yang satu ini. Jika belum terbiasa  menggunakannya, tidak perlu langsung memilih dumbell dengan bobot yang berat.

Mulailah dengan bobot yang paling ringan yaitu 1-2 kg.  Kemudian secara perlahan barulah naikkan  beban yang ada ketika otot sudah mulai terbiasa.

3. Tali Skipping

Tali Skipping. (Pexels)
Tali Skipping. (Pexels)

Bagi Anda  yang ingin membakar lemak pada tubuh dengan cara yang efektif,  maka berlatih lompat tali adalah solusi yang paling tepat. Sebabnya sendiri meskipun terlihat sebagai alat olahraga yang sederhana, namun memberikan dampak besar untuk kesehatan.

Bayangkan dengan melakukan 30 menit lompat tali, ternyata sudah mampu membakar 375 kalori.  Jumlah pembakaran ini dua kali lebih besar jika dibandingkan dengan melakukan jalan cepat dengan kecepatan 4,8 km/jam.

4. Treadmill

Ilustrasi treadmill. (Instagram)
Ilustrasi treadmill. (Instagram)

Salah satu olahraga yang paling banyak diminati adalah lari jogging atau sekedar berjalan cepat.  Namun dengan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah, tentunya ini menyulitkan bagi beberapa orang.

Tapi jangan khawatir karena ada treadmill yang bisa membantu Anda  berolahraga di dalam ruangan dengan cara yang asik dan lebih menyenangkan.

Treadmill sendiri terbagi dalam beberapa jenis fitur serta kecanggihan yang berbeda-beda. Karena hal inilah harga treadmill menjadi sangat beragam. Maka dari itu pastikan untuk memilih alat yang sesuai dengan kebutuhan.

Jangan lupa juga untuk memperhitungkan juga dengan budget yang Anda  miliki, agar tidak mengacaukan rencana keuangan.

5. Matras yoga

Ilustrasi matras yoga. (Instagram)
Ilustrasi matras yoga. (Instagram)

Yoga saat ini menjadi salah satu olahraga yang digandrungi oleh masyarakat karena dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Untuk melakukan olahraga ini Anda  hanya perlu matras yoga yang berfungsi sebagai alas dan mencegah cedera saat melakukan olahraga.

Hindari membeli matras yoga dengan harga miring namun tidak terbuat dari bahan berkualitas. Jangan sampai karena tergiur harga yang murah lalu mengorbankan kesehatan sebagai risikonya.

Selain memperhatikan hal di atas, ingat juga untuk selalu memastikan lantai agar selalu bersih, saat melakukan yoga. Ada baiknya bersihkan lantai dari kotoran menggunakan vacuum cleaner untuk mengangkat seluruh debu

Terlebih saat ini sudah ada yang menjual vacum cleaner dengan fitur lengkap, sehingga akan memudahkan Anda  saat beraktivitas.

Tags # alat olahraga rumahan # matras yoga # treadmill

Hot Video

Berita Terkait

Berita Terkini