Life

6 Artis Berperan Jadi Guru, Ada Cut Mini Hingga Gong Yoo

Sederet artis ini tampil penuh karisma saat jadi guru, ada Gong Yoo lho.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Selasa, 05 Oktober 2021 | 20:28 WIB
Artis Berperan Jadi Guru - Gong Yoo (Instagram/management_soop)
Artis Berperan Jadi Guru - Gong Yoo (Instagram/management_soop)

Matamata.com - Peran sebagai guru adalah salah satu peran yang cukup menantang bagi seorang aktris atau aktor. Guru merupakan pekerjaan yang dianggap mulia, sebab dari gurulah anak-anak belajar untuk dapat meraih cita-cita. Menjadi guru juga bukan pekerjaan mudah dan tidak semua orang bisa menjadi guru yang benar-benar mendidik bukan sekadar menyampaikan materi.

Meski hanya dalam film, sederet artis tanah air ini berkesempatan untuk menjadi seorang guru. Bahkan mereka juga menjadi dikenal dan lekat dengan karakter guru yang dimainkan. Tak hanya sineas dalam negeri, bermacam film dan drama luar negeri juga kerap mengangkat tema tentang perjuangan seorang guru.

Artis Berperan Jadi Guru. (Instagram/mincrut)
Artis Berperan Jadi Guru. (Instagram/mincrut)

Lantas ada siapa saja artis berperan jadi guru? Matamata.com sudah merangkum daftar artis yang pernah menjadi seorang guru dalam film dan drama yang ia mainkan. Yuk intip di bawah ini daftarnya supaya nggak penasaran lagi. 

1. Cut Mini

Cut Mini saat ditemui di gala premier film Ikut Aku Neraka, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019). [Ismail/Suara.com]
Cut Mini saat ditemui di gala premier film Ikut Aku Neraka, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019). [Ismail/Suara.com]

Artis senior Cut Mini tampil dengan memukau saat memerankan karakter Bu Muslimah dalam film Laskar Pelangi (2008). Film yang diadaptasi dari novel Karya Andrea Hirata ini memiliki karakter tokohnya yang begitu kuat dengan karakter masing-masing. Sosok Bu Muslimah digambarkan sebagai seorang guru yang begitu mencintai murid-muridnya. Ia pun merupakan guru kesayangan anak-anak Laskar Pelangi. Akting Cut Mini sebagai seorang guru ini pun penuh totalitas, bahkan logat Melayu ketika ia mengucapkan dialognya juga begitu kental layaknya penutur asli.

2. Prisia Nasution

Artis Berperan Jadi Guru. (Instagram/prisia)
Artis Berperan Jadi Guru. (Instagram/prisia)

Prisia Nasution memerankan sosok Butet Manurung yang merupakan guru yang mendedikasikan hidupnya dengan mengajar bagi Suku Anak Dalam. Perjuangan Butet mengajar baca tulis untuk masyarakat yang tinggal di hulu sungai Makekal, Jambi diabadikan dalam film Sokola Rimba (2013).

Prisia pun sukses memerankan karakter Butet manurung. Bagi seorang guru yang mengajar di daerah tersebut tidaklah mudah, sebab ada mitos yang menyebutkan bahwa belajar akan mendatangkan malapetaka. Mitos itu dipercaya oleh masyarakat dan membuat perjuangan guru di sana menjadi makin berat.

3. Reza Rahadian

Reza Rahadian saat ngobrol bareng Daniel Mananta (Youtube.com)
Artis Berperan Jadi Guru (Youtube.com)

Aktor tampan Reza Rahadian juga pernah menjadi guru dalam film Guru Bangsa. Reza dianggap sukses dalam membawakan peran sebagai guru bernama Tjokroaminoto. Tjokroaminoto merupakan pejuang dan juga guru bagi dari nama besar pejuang seperti Soekarno, Semaoen, Musso, juga Alimin. Reza Rahadian sukses membuat penonton menjadi semakin mengenal dan menyadari perjuangan Tjokroaminoto sebagai guru bangsa yang hebat pada masa lalu.

4. Mathias Muchus

Aktor gaek Mathias Muchus berbicara tentang film terbarunya, Kapal Goyang Kapten di Jakarta, Senin (26/8/2019). [Suara.com/Yuliani]
Aktor gaek Mathias Muchus berbicara tentang film terbarunya, Kapal Goyang Kapten di Jakarta, Senin (26/8/2019). [Suara.com/Yuliani]

Aktor senior Mathias Muchus juga mendalami perannya sebagai guru dalam film Denias Senandung di Atas Awan. Suami dari Mira Lesmana ini memang memiliki pembawaan yang bersahaja sehingga ia sukses memerankan karakter guru yang membawa Denias untuk percaya dan mampu belajar. Bahkan Mathias sukses membius penonton dan terbawa semangat dengan pesan-pesan yang ia sampaikan pada muridnya Denias.

5. Gong Yoo

Potret transformasi Gong Yoo. (Instagram/management_soop)
Artis Berperan Jadi Guru. (Instagram/management_soop)

Kali ini peran guru yang bersahaja datang dari negeri Gingseng. Aktor tampan Gong Yoo menerima banyak pujian berkat perannya sebagai seorang guru dalam film Silence.

Dalam film ini Gong Yoo berperan sebagai seorang guru bernama Kang In Ho yang berusaha menyelamatkan anak-anak dari pelecehan seksual yang dilakukan oleh oknum pengajar di tempatnya bekerja. Kegigihan dan keberanian Gong Yoo untuk bisa menolong anak-anak yang tak berdosa itu sukses membuat luluh.

6. Kim Myung Min

Artis Berperan Jadi Guru - Kim Myung Min (Instagram/kimmyungmin.indonesia)
Artis Berperan Jadi Guru - Kim Myung Min (Instagram/kimmyungmin.indonesia)

Aktor Kim Myung Min juga sukses memerankan karakter Profesor Yang dalam drama Law School. Ia adalah seorang dosen Killer dan tegas. Karakternya yang tegas ini membuat banyak murid yang takut padanya, tetapi sebenarnya ia adalah dosen yang sangat peduli pada mahasiswanya.

Nah itulah sederet artis berperan jadi guru dalam film dan drama. Memerankan sosok pahlawan tanpa tanda jasa, para artis tadi sukses menjadi sosok penuh kharisma. So, mana artis yang memerankan guru favoritmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # guru # artis berperan jadi guru # gong yoo # cut mini # kim myung min

Hot Video

Berita Terkini