Kpop

4 Sumber Kekayaan Kim Seon Ho Sebelum Terseret Skandal Aktor K

Buntut skandal, Kim Seon Ho kehilangan banyak kontrak film dan iklan.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:00 WIB
Profil Kim Seon Ho (instagram/@seonho__kim)
Profil Kim Seon Ho (instagram/@seonho__kim)

Matamata.com - Nama Kim Seon Ho pada tahun 2021 tengah menjadi sorotan, sejak tampil sebagai Han Ji Pyeong dalam drama Korea Start-Up, kariernya melejit drastis. Penampilannya dalam Hometown Cha-Cha-Cha juga semakin melambungkan namanya. Alhasil ia pun kebanjiran tawaran pekerjaan mulai dari drama, film, iklan, brand ambassador, hingga host acara. Banyaknya tawaran pekerjaan dan kontrak kerja yang ia dapatkan itu menambah pundi-pundi kekayaan aktor berlesung pipi ini.

Popularitasnya saat ini membuat kekayaan Kim Seon Ho diduga mencapai angka fantastis yaitu hingga 5 juta USD atau setara dengan Rp 80 miliar seperti dilansir dari KDramastar. Kekayaannya tersebut bahkan diperkirakan akan meningkat jika menilik dari banyaknya iklan dan kontrak yang ia terima.

Adu Gaya Kim Seon Ho di Start-Up dan Hometown Cha-Cha-Cha (Instagram/@tvn_drama)
Sumber Kekayaan Kim Seon Ho (Instagram/@tvn_drama)

Sayangnya di tengah popularitasnya, ia justru tersandung skandal gaslighting hingga paksaan aborsi terhadap mantan kekasihnya. Skandal Mr. K ini membuat berbagai brand dan proyek drama yang sudah menantinya pun terancam membatalkan kontrak dengannya. Bahkan Kim Seon Ho juga terancam kehilangan banyak uang lantaran harus membayar penalti atas pelanggaran kontrak yang sudah ia terima. Lantas apa saja sumber kekayaan Kim Seon Ho? Simak ulasannya yang sudah Matamata.com himpun dari berbagai sumber berikut ini.

1. Pertunjukan Teater

Adu Gaya Kim Seon Ho di Start-Up dan Hometown Cha-Cha-Cha (Instagram/@seonho__kim)
Sumber Kekayaan Kim Seon Ho (Instagram/@seonho__kim)

Seperti sudah banyak diketahui, Kim Seon Ho mengawali kariernya sebagai seorang pemain teater. Bahkan popularitasnya sebagai aktor teater juga cukup besar, tak sedikit orang yang selalu menanti aksi Kim Seon Ho di atas panggung.

Kariernya sebagai aktor teater sudah ia rintis sejak ia masih menjadi mahasiswa lho.

2. Drama dan Film

Adu Gaya Kim Seon Ho di Start-Up dan Hometown Cha-Cha-Cha (Instagram/@seonho__kim)
Sumber Kekayaan Kim Seon Ho (Instagram/@seonho__kim)

Karier Kim Seon Ho sebagai aktor teater sebenarnya sudah cukup menjanjikan dan sukses. Ia memulai debutnya di layar kaca lewat drama Good Manager (2017). Tetapi namanya baru benar-benar melejit usai memerankan sosok sad boy Han Ji Pyeong dalam drama Start-Up (2020).

Ketenarannya kian melejit usai tampil sebagai pria serba bisa di Hometown Cha-Cha-Cha (2021). Aktingnya sebagai Han Ji Pyeong dan Hong Du Shik dalam dua drama tadi sukses membuat namanya populer dan drama tersebut juga tenar tak hanya di Korea tapi juga mancanegara. Jadi pastinya Kim Seon Ho juga mendapatkan bayaran besar atas aktingnya itu.

3. Endorsement dan Iklan Komersil

Hometown Cha-Cha-Cha (Instagram/@tvndrama.official)
Sumber Kekayaan Kim Seon Ho (Instagram/@tvndrama.official)

Popularitas yang diraihnya ini membuka pintu penghasilan lewat kontrak endorsement dari berbagai produk seperti pakaian, kosmetik, mobil, juga makanan. Akun Instagramnya juga sudah terverifikasi dengan jumlah followers mencapai 7,3 juta orang. Pastinya bayaran dan endorsement yang ia terima juga cukup besar.

Beberapa produk yang mempercayakan Kim Seon Ho untuk mempromosikan produk mereka seperti L'oreal,  Everwhite, La Roche-Posay Korea, Canon Korea, merek pakaian seperti BYN, Nau, Wide Angel, Shinsung Tongsan, dan Edition Sensibility. Ia juga membintangi iklan untuk e-commerce 11st dan Amazon. Sedangkan untuk makanan Kim Seon Ho juga mendapatkan kontrak dari Domino’s Pizza Korea juga Food Bucket. Ia bahkan menjadi brand ambassador dari merek skincare dan makeup asal Indonesia Everwhite. Namun, kini ia terancam harus membayar penalti atas pelanggaran kontrak sebagai buntut dari skandal yang menimpanya.

4. Fan Meeting

Hometown Cha-Cha-Cha (Instagram/@tvndrama.official)
Sumber Kekayaan Kim Seon Ho (Instagram/@tvndrama.official)

Meski masih pandemi, namun agensi Kim Seon Ho, SALT Entertainment sukses menggelar fan meeting online. Fan Meeting pertama Kim Seon Ho digelar pada awal tahun ini lewat platform TikTok. Seperti yang umum diketahui, untuk bisa mengikuti fan meeting dengan artis penggemar harus membayar dengan jumlah yang tidak sedikit. Dengan popularitasnya, pastinya pendapatan yang ia peroleh dari fan meeting ini juga besar.

Buntut dari skandal yang menimpanya sederet produk sudah menghapus iklan dengan wajah Kim Seon Ho. Domino’s Pizza Korea menjadi brand pertama yang menghapus iklan yang dibintangi Kim Seon Ho. Pihak Domino’s Pizza sudah menghapus iklan yang dibintangi oleh Kim Seon Ho dari media sosial resmi mereka. Langkah ini juga diikuti oleh Canon Korea dan Food Bucket seperti dilansir dari Korea Herald. Merek kosmetik La Roche-Posay juga sudah menghapus iklan mereka dengan Kim Seon Ho sebagai bintangnya.

Itulah 4 sumber kekayaan Kim Seon Ho yang membuatnya memiliki jumlah kekayaan fantastis. Namun, kini ia terancam kehilangan uang dan popularitas lantaran skandal yang menimpanya. Pasalnya sejumlah brand yang ia bintangi sudah menghapus iklan mereka dari berbagai situs media sosialnya. Kim Seon Ho pun terancam harus membayar penalti atas pelanggaran kontrak yang ia lakukan. Dilansir dari Koreaboo, per Maret 2021 jika model iklan terlibat skandal hingga menimbulkan kontroversi sosial biaya penalti bisa lebih dari dua kali lipat biaya kontrak.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Tags # kim seon ho # skandal aktor k # hometown cha-cha-cha # drama korea # start-up # sumber kekayaan kim seon ho

Hot Video

Berita Terkini