Kpop

Raih Rating Tinggi, Drakor Mr. Queen Dituding Lecehkan Sejarah Korea

Mr. Queen menuai kontroversi, pihak produksi angkat bicara.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Mr. Queen (Instagram/@tvndrama.official)
Mr. Queen (Instagram/@tvndrama.official)

Matamata.com - Drama Korea peraih rating tinggi, Mr. Queen menuai kontroversi. Mr. Queen adalah sebuah drama komedi fantasi sejarah tentang seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh seorang ratu dari dinasti Joseon. Drakor yang dibintangi Kim Jung Hyun dan Shin Hye Sun ini ditayangkan pada 12 Desember dan langsung mencuri perhatian.

Untuk menanggapi kontroversi yang muncul sebelum dan sesudah episode pertama acara ditayangkan, tim produksi Mr. Queen mengeluarkan pernyataan pada 15 Desember.

Mr. Queen (Instagram/@tvndrama.official)
Mr. Queen (Instagram/@tvndrama.official)

Dilansir Soompi, Mr. Queen didasarkan pada drama web Tiongkok asli Go Princess Go, yang didasarkan pada sebuah novel oleh seorang penulis yang telah membuat komentar negatif tentang Korea dalam karya lain. Mr Queen dikritik oleh beberapa orang karena mendramatisir karya penulis semacam itu.

Beberapa orang mengatakan walaupun dapat dimengerti bahwa situasi komedi di drama pasti terjadi mengingat genrenya, tapi Mr. Queen dinilai melewati batas mengingat karakternya didasarkan pada orang sungguhan.

Kontroversi lain terdapat di episode 2 di mana ada kata-kata yang merujuk bahwa catatan sejarah Dinasti Joseon adalah gosip. Padahal Catatan Sejarah Dinasti Joseon adalah catatan tahunan dinasti tersebut dan ditetapkan sebagai harta nasional ke-151 Korea.

Mr. Queen (Instagram/@tvndrama.official)
Mr. Queen (Instagram/@tvndrama.official)

Catatan sejarah, yang terdiri dari total 1.893 volume itu, juga terdaftar dalam daftar Memori Dunia UNESCO. Meski hanya untuk keperluan komedi, Mr. Queen dianggap netizen melewati batas dan dituding melecehkan.

Untuk itulah pada 15 Desember, tim produksi Mr. Queen merilis pernyataan resmi. Mereka berterima kasih atas dukungan pemirsa, sekaligus meminta maaf karena segala kontroversi yang terjadi.

Mereka berjanji akan lebih memperhatikan detail ke depannya agar pemirsa lebih nyaman menonton. Mereka juga bilang akan menghapus narasi yang memicu kontroversi. Berikut keterangan lengkapnya:

Mr. Queen (Instagram/@tvndrama.official)
Mr. Queen (Instagram/@tvndrama.official)

"Ini adalah tim produksi dari drama Mr. Queen. Kami mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus kepada pemirsa yang menyukai drama Mr. Queen, dan kami membagikan pernyataan berikut terkait opini penonton.

" Mr. Queen adalah sebuah karya yang direncanakan setelah membeli hak siaran ulang televisi untuk web drama Go Princess Go, yang disiarkan di China oleh perusahaan produksi drama. Apa yang dibeli dari perusahaan produksi adalah hak siaran ulang televisi untuk drama web, bukan novel aslinya. Juga, pada saat kontrak, kami tidak mengetahui bahwa ada komentar negatif yang dibuat tentang Korea di karya lain, "Princess Amity", oleh novelis yang menulis karya asli drama web Go Princess Go.

"Setelah sejumlah besar perencanaan dan produksi telah dilakukan untuk drama tersebut, kami memastikan fakta ini melalui komunitas online. Meskipun demikian, kami dengan tulus meminta maaf kepada pemirsa karena tidak mengetahui hal ini sebelumnya. Kami berencana untuk melakukan yang terbaik dalam produksi agar kalian tidak merasa tidak nyaman saat menonton drama sebagai karya kreatif baru yang berbeda dari karya aslinya.

Mr. Queen (Instagram/@tvndrama.official)
Mr. Queen (Instagram/@tvndrama.official)

"Juga, kami dengan serius menerima bahwa kalimat tentang Catatan Sejarah Dinasti Joseon tidak pantas, dan kami telah menghapus narasi yang menjadi masalah. Berkenaan dengan tokoh sejarah dan kejadian lainnya, kami tidak berniat untuk merepresentasikannya secara negatif.

"Dengan Mr. Queen sebagai drama bergenre campuran komik fantasi sejarah, kami meminjam tokoh dan latar dari sejarah, tapi fiksinya sendiri didasarkan pada karya kreatif yang dimulai dengan gagasan, apa yang akan terjadi jika jiwa modern bertemu dengan sosok nyata di jaman itu dan bagaimana konflik terjadi?

"Kami sekali lagi menyampaikan permintaan maaf kami karena menyebabkan ketidaknyamanan, yang bertentangan dengan niat kami untuk membuat orang tertawa dengan cara yang sehat. Kami akan lebih memperhatikan produksi dan melakukan yang terbaik untuk menciptakan drama yang bagus," kata tim produksi. Bagaimana menurutmu?

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report