Kpop

Berhati Mulia, 7 Seleb Korea Ini Adopsi Anjing Telantar

Mereka menyelamatkan anjing yang ditinggalkan pemiliknya.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Seleb Korea adopsi anjing telantar (Soompi)
Seleb Korea adopsi anjing telantar (Soompi)

Matamata.com - Menurut data dari Soompi, jumlah anjing yang ditelantarkan di Korea jumlahnya mencapai sekitar 650.000 setiap tahun. Hal ini mengundang keprihatinan bagi warga Korea selatan, termasuk seleb Korea.

Sebagian besar anjing telantar akan hidup di jalanan atau dibawa ke tempat penampungan, tetapi jika mereka tidak diadopsi, sulit bagi mereka untuk menghindari eutanasia (suntikan mematikan). Oleh karena itu para idol K-Pop dan artis K-Drama berikut ini bisa dibilang berhati mulia karena mereka mengadopsi anjing telantar dan memberikan hewan-hewan itu kehidupan kedua.

Siapa saja mereka?

1. Loco

Loco (Instagram/@satgotloco)
Loco (Instagram/@satgotloco)

Rapper Loco menyambut seekor anjing telantar di rumahnya pada bulan Desember 2018. Anjing itu, yang aslinya bernama Happy, telah ditinggalkan oleh pemiliknya di loteng ketika pemiliknya pindah. Untungnya, Happy diselamatkan oleh seorang sukarelawan.

Mendengar situasi Happy, Loco secara pribadi menghubungi kelompok sukarelawan untuk mengadopsi anjing itu. Lewat akun Instagramnya, Loco berbagi kabar tersebut.

''Happy ditinggalkan di sebuah ruangan, tetapi mereka sekarang menjadi bagian dari keluarga kami dengan nama baru, Latte. Latte akan tumbuh di rumah ibuku. Adopsilah, jangan berbelanja,'' tulis Loco.

2. Aron NU'EST

Aron NU'EST (Instagram/@nuestaron)
Aron NU'EST (Instagram/@nuestaron)

Aron NU'EST merayakan tahun baru dengan membawa masuk anggota keluarga baru. Lewat akun Instagramnya, doi berbagi kabar bahagia itu.

''Memperkenalkan anggota baru keluarga Aron. Nuh dan Kkotsooni,'' tulisnya.

Pada November 2018, sebuah postingan dibagikan di media sosial yang mengabarkan ada seekor anjing yang ditelantarkan karena terlalu banyak bulu dan tinggal di tempat parkir. Kkotsooni diselamatkan oleh teman Aron, dan Aron memutuskan untuk mengadopsinya. Kkotsooni sekarang tinggal di asrama NU bersama anjing Aron yang lain, Noah.

3. Kim So Hye

Kim So Hye (Instagram/@s_sohye)
Kim So Hye (Instagram/@s_sohye)

Aktris dan mantan anggota I.O.I, Kim So Hye muncul di acara Dog Papa pada tahun 2016 dan mengatakan akan memelihara anjing bernama Milk sementara waktu. Namun, dia akhirnya mengadopsi anjing itu.

Kim So Hye bertemu Milk di acara itu dan jatuh cinta. Dia pun mendapatkan izin dari orang tuanya untuk membawa pulang anjing itu.

''Aku akan membuatmu bersamaku sampai akhir,'' kata Kim So Hye saat berbagi selfie dengan Milk Oktober lalu, menunjukkan seberapa besar dia tumbuh.

4. Mad Clown

Mad Clown (Soompi)
Mad Clown (Soompi)

Rapper Mad Clown dipuji karena telah menyelamatkan lima anjing dan mengganggap mereka sebagai bagian dari keluarga. Mad Clown menemukan anjing pertamanya berkeliaran di jalan-jalan Dongdaemun, dan dia menamai anjing itu Daemun.

Kemudian, ia menyelamatkan seekor anjing dari percobaan laboratorium untuk sebuah perusahaan kosmetik dan menamakannya Daegil. Berikutnya adalah Daebok, seekor anjing yang telah terluka oleh pemiliknya, dan Daepyeong, yang kehilangan mata setelah diserang oleh anjing lain.

Dia baru-baru ini juga menyelamatkan seekor anjing lain yang hidup di jalanan dan menamainya Minong. Berjiwa besar banget, kan?

5. Jo Yoon Hee

Jo Yoon Hee (Instagram/@mixnutcookie)
Jo Yoon Hee (Instagram/@mixnutcookie)

Jo Yoon Hee saat ini memelihara beberapa anjing cacat yang diselamatkan. Setelah kehilangan anjingnya, Jo Yoon Hee mulai menjadi relawan di tempat penampungan untuk membantu anjing yang ditinggalkan.

Dia telah mengadopsi anjing penyandang cacat, dari mulai anjing yang kehilangan penglihatan sampai anjing yang sudah tua. Doi sering berbagi kabar mereka di Instagram.

Jo Yoon He pernah berkata, ''Saya menjadi pemilik anjing yang bertanggung jawab dan hanya mengadopsi sebanyak mungkin anjing yang bisa saya tangani secara bertanggung jawab.''

6. Kang Seung Yoon WINNER

Kang Seung Yoon WINNER (Instagram/@w_n_r00)
Kang Seung Yoon WINNER (Instagram/@w_n_r00)

Pada bulan Desember 2017, Kang Seung Yoon mengumumkan bahwa ia telah mengadopsi seekor anjing bernama Thor.Thor telah diselamatkan dari pabrik anak anjing dan sedang menunggu untuk di-eutanasia karena dia tidak dapat menemukan rumah permanen.

Thor diselamatkan pada bulan November tahun itu, dan para relawan telah membagikan pemulihan Thor di media sosial. Setelah itu, Kang Seung Yoon menyatakan keinginannya untuk mengadopsi Thor, dan dia membawa Thor pulang.

Kang Seung Yoon buka-bukaan soal adopsi selama V Live dan berkata, ''Saya pikir tidak baik untuk membeli anjing di toko hewan peliharaan. Saya berpikir apakah saya bisa menjadi pemilik yang bertanggung jawab jika membawa anjing pulang. Saya merasa siap untuk bertanggung jawab sekarang, itulah sebabnya saya membawa Thor pulang,'' katanya.

7. Lee Hyori

Lee Hyori (Soompi)
Lee Hyori (Soompi)

Lee Hyori adalah salah satu pendukung hak-hak hewan yang paling terkenal di industri hiburan Korea. Soonshim, salah satu anjing yang telah dia rawat sejak lama, diselamatkan oleh Lee Hyori saat dia menjadi sukarelawan.

Anjing itu akan segera disuntik mati tetapi diselamatkan dan dibawa pulang oleh Hyori. Lee Hyori juga memelihara anjing dan kucing lain termasuk Mocha, Seoksam, dan Samshik di rumahnya di Pulau Jeju.

Itu dia 7 seleb Korea yang adopsi anjing telantar. Yang mana idolamu?

Berita Terkait

Berita Terkini