Kpop

7 Lagu K-Pop Terbaik 2018, Intip Daftarnya!

Lagunya enak-enak semua!

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe

Lagu K-Pop Terbaik 2018 (MataMata.com)
Lagu K-Pop Terbaik 2018 (MataMata.com)

Matamata.com - Pada tahun 2018, artis Korea mendorong batasan apa yang dapat dilakukan K-Pop di panggung dunia. BTS adalah salah satu yang memecahkan rekor, menyapu penghargaan, dan memetakan kemenangan pada tingkat yang signifikan.

Di luar kemenangan memecahkan rekor dunia, banyak idol K-Pop yang merilis album atau single di tahun 2018. Elemen genre yang berbeda, mulai dari jazz hingga rock dan pop menyelinap masuk ke daftar lagu-lagu top Billboard.

Peringkat 20 Best K-Pop Songs of 2018 versi Billboard dibuka dengan lagu Seventeen berjudul Oh My! dari album You Make My Day. Disusul NCT U (Baby Don't Stop) peringkat 19, lalu EXO (Tempo), fromis_9 (Love Bomb), Loco & Hwasa (Don't), BTS (134340), CLC (Black Dress), Dean (Instagram), MAMAMOO (Egotistic), dan Super Junior, Leslie Grace & Play-N-Skillz (Lo Siento) di peringkat 11.

10 besar dibuka oleh lagu solois Sunmi dengan lagu Heroine. Lalu disusul oleh IZ*ONE (La Vie en Rose) dan Apink berjudul I'm So Sick.

kamu penasaran dengan 7 lagu K-Pop terbaik versi Billboard? Cekidot!

7. iKON, ''Love Scenario'' (Return)

iKON (Instagram/@withikonic)
iKON (Instagram/@withikonic)

Lagu boyband iKON berjudul Love Scenario memang ngehits banget. Setelah tahun 2017 mereka sukses dengan sepasang single bombastis bertajuk Bling Bling dan B-Day, tahun 2018 iKON membawa angin segar dengan rilisnya lagu Love Scenario.

Lagu ini seperti angin sepoi-sepoi yang segar, dengan melodi sederhana yang dipadu akord piano yang menyenangkan. Lagu ciptaan B.I. iKON ini membawa perasaan nyaman sekaligus sedih saat para member melantunkan lirik akan romansa yang gagal.

6. Heize feat. Gaeko, ''Jenga'' (Wish & Wind)

Lagu baru Heize, First Sight dirilis (Soompi)
Heize (Soompi)

Setelah dalam setahun ditandai oleh tema kecemasan dan ketidakpastian, rilisnya lagu melankolis Heize bertajuk Jenga ini terasa tepat waktu. Ramuan Jazz-trap dalam lagu ini membangun nuansa murung yang makin romantis dipadu suara gerimis hujan di latar belakang.

Warna vokal Heize yang istimewa mampu mengemas emosi lagunya jadi lebih kuat. Heize sekali lagi membuktikan bahwa dia ahli dalam membuat penggemar jazz bersukacita.

5. SHINee, ''Our Page'' (The Story of Light EP. 3)

Shinee
SHINee (Soompi)

Setelah Jonghyun meninggal, para penggemar SHINee di seluruh dunia bersiap siaga. Mereka menantikan akankah keempat anggota yang tersisa akan mampu bangkit kembali ke dunia musik yang penuh warna.

Rilisnya Our Page membuktikan bahwa alih-alih berkabung dari tempat gelap, keempat anggota yang tersisa justru mampu menulis lagu bertema harapan. Gelombang suara mereka yang bersatu membawa pukulan emosional tak terelakkan bagi semua penggemar.

4. IU, ''BBIBBI'' (no album)

Single baru IU (Youtube)
Single baru IU (Youtube)

BBIBBI bisa dianggap salah satu lagu paling personal bagi IU sampai saat ini. BBIBBI memang mengungkapkan perasaan IU terhadap para haters yang selama ini mengganggunya.

Potongan R&B yang manis dalam lagu ini sangat easy listening. Di sini IU memberi peringatan bagi mereka yang tidak menghargai dan suka melanggar privasi orang lain.

3. BTS, ''Fake Love'' (Love Yourself: Tear)

BTS (soompi)
BTS (soompi)

BTS sekali lagi membuat gebrakan baru lewat Fake Love. Saking viralnya lagu ini sampai menduduki posisi Top 10 di Billboard 100.

Melodinya yang hangat melantunkan rasa sakit hati dan krisis identitas diri. Lagu ini pertama kali dilantunkan secara live di 2018 Billboard Music Awards.

2. Pentagon, ''Shine'' (Positive)

Pentagon (Soompi)
Pentagon (Soompi)

Pentagon telah menawarkan konsep lagu yang berbeda-beda sejak tahun 2016. Mulai dari hard-rock di Gorilla, rock-modern lewat Critical Beauty, sampai pop dalam Like This. Namun semuanya bisa dibilang gagal menduduki chart teratas.

Tidak sampai Shine muncul. Shine memiliki sentuhan unik yang terasa jarang dalam standar K-Pop. Kombinasi suara ke-10 anggota terasa bervariasi dari sengau, kasar hingga lembut yang terlatih.

Ini merupakan single terakhir EDawn sebelum dia dikeluarkan dari Cube Entertainment karena skandal kencan.

1. Red Velvet, ''Bad Boy'' (The Perfect Red Velvet)

MV Baru Red Velvet (Soompi)
MV Baru Red Velvet (Soompi)

Lagu terbaik K-Pop 2018 versi Billboard jatuh pada Bad Boy milik Red Velvet. Girlband asuhan SM Entertainment ini kembali membuktikan kualitas musik mereka yang lain daripada yang lain.

Bad Boy benar-benar mengalun manis, menonjolkan vokal para member yang berpadu harmonis. Saking kerennya lagu ini sampai dibuat versi bahasa Inggris. Juga dibuatkan sekuel lagunya berjudul Really Bad Boy. Two Thumbs Up, Red Velvet!

Yang mana lagu K-Pop terbaik 2018 favoritmu?

 

Berita Terkait

Berita Terkini