Dangdut

Profil Betty Elista, Pedangdut yang Disawer Mantan Menteri Edhy Prabowo

Namanya terseret kasus korupsi yang dilakukan Edhy Prabowo saat masih menjabat Menteri KKP, ini dia profil pedangdut Betty Elista.

Yohanes Endra

Profil Betty Elista. (Instagram/belista.real)
Profil Betty Elista. (Instagram/belista.real)

Matamata.com - Nama Betty Elista mungkin belum terlalu familiar bagi masyarakat awam. Betty Elista mulai menjadi perbincangan saat ia disebut-sebut menerima aliran dana dari tersangka karya korupsi benih lobster, Edhy Prabowo.

Penyanyi dangdut ini disebutkan menerima aliran dana dari Edhy dalam BAP yang dibacakan jaksa dalam persidangan yang menjerat mantan Menteri KKP Edhy Prabowo Rabu (9/6) kemarin. "Saya akan bacakan BAP saudara Betty Elista. Di sini disebutkan bahwa 'Saya pernah menerima uang dari Edhy Prabowo melalui transfer sebesar Rp 66 juta selama kurun waktu 2020'," kata Jaksa KPK.

Sebelumnya diberitakan bahwa Edhy Prabowo bersama enam terdakwa lain yang merupakan staf Edhy telah menerima suap sebesar 77 ribu dolar AS dan Rp 24,625 miliar atau total Rp 25,75 miliar. Suap ini berasal dari pengusaha pengekspor benih bening lobster (BBL). Edhy dituduh memberikan izin budi daya dan ekspor.

Dalam persidangan itu, Betty Elista seharusnya menjadi saksi namun ia tidak hadir dalam persidangan tersebut. Sampai saat ini kasus suap yang melibatkan mantan menteri ini masih bergulir. Lalu siapakah sebenarnya Betty Elista? Simak profilnya berikut.

Profil Betty Elista

Profil Betty Elista. (Instagram/belista.real)
Profil Betty Elista. (Instagram/belista.real)

Pedangdut Betty Elista lahir pada 2 Agustus 1996, ia merupakan penyanyi asal Belitang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan. Penyanyi berusia 24 tahun ini ternyata lulusan sekolah kesehatan STIKES Khadijah Palembang. Betty Elista diketahui lulus dari perguruan tinggi pada 2018 lalu.

Sebagai seorang penyanyi dangdut, Betty Elista sudah merilis tiga buah single. Tiga judul lagunya itu adalah Kotek Cinta, Sebelas Duabelas, juga Cukup Satu Kali. Tak hanya menjadi penyanyi, Betty Elista juga aktif sebagai Youtuber. Ia kerap menggunggah konten dirinya yang mengcover lagu.

Konten YouTube Betty Elista berisi tentang profesinya dirinya sebagai seorang penyanyi. Betty Elista pernah mengcover lagu milik Mahen Pura-pura Lupa, juga lagi Andmesh Kamaleng Cinta Luar Biasa. Bukan hanya mengcover lagu, Betty Elista juga kerap menggunggah tutorial make up bahkan juga review kosmetik.

Rekening Koran Disita

Profil Betty Elista. (Instagram/belista.real)
Profil Betty Elista. (Instagram/belista.real)

Dalam penyelidikan kasus korupsi yang menyeret namanya, rekening koran milik Betty Elista juga disita oleh petugas. Hal ini karena Betty Elista mengaku pernah mendapat transferan sebesar Rp. 10 juta dari Edhy melalui Amiril. Amiril sendiri diketahui merupakan sekretaris pribadi Edhy.

Selama 2020 Betty Elista dalam BAP disebutkan telah menerima uang sebesar Rp. 66 juta yang ditransfer beberapa kali. Dalam dakwaan itu juga disebutkan bahwa selama periode September sampai Oktober 2020, Edhy juga memberikan uang Rp 15 juta kepada Betty Elista.

Dana yang diterimanya itu, menurut Betty Elista merupakan saweran yang Edhy berikan karena Betty telah bernyanyi di acara yang Edhy gelar. Hal ini sebagaimana dibacakan oleh jaksa dalam BAP Betty Elista. "Karena sebelumnya yang bersangkutan meminta saya untuk nomor rekening dengan tujuan memberikan saweran tips kepada saya, karena saya telah menyanyi di acara tersebut," ungkap jaksa yang membacakan BAP Betty.

Itulah profil Betty Elista yang terseret dalam kasus suap mantan Menteri KKP Edhy Prabowo. Meski tengah menghadapi kasus hukum, Betty Elista nampak masih aktif di media sosial. Ia masih cukup sering memposting potret dirinya di Instagram @belista.real. Pengikut Betty Elista di Instagram juga cukup banyak mencapai 18 ribu orang lho.

Kontributor: Safitri Yulikhah

Berita Terkini

Live Report