Dangdut

Profil Cita Citata, Pedangdut yang Namanya Disebut di Sidang Kasus Bansos

Cita Citata melejit berkat salah satu lagu yang sangat populer berjudul "Sakitnya Tuh di Sini".

Yohanes Endra

Cita Citata [MataMata.com/Alfian Winanto]
Cita Citata [MataMata.com/Alfian Winanto]

Matamata.com - Nama Cita Citata disebut dalam sidang kasus korupsi bansos sembako corona (covid-19) Kemensos dengan terdakwa penyuap, yakni Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja. Hal itu terungkap ketika Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako COVID-19 Matheus Joko Santoso jadi saksi di sidang kedua terdakwa tersebut di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (8/3/2021).

Selain itu, Cita Citata juga belakangan disorot karena isu kedekatannya dengan seorang pengusaha keturunan Belanda-Indonesia. Lantas seperti apa latar belakang dan prestasi sosok pedangdut ini?

Simak profil Cita Citata, pedangdut fenomenal tanah air, berikut ini.

Profil Cita Citata

Lahir pada 14 Agustus 1994 di Bandung, Jawa Barat, wanita dengan nama asli Cita Rahayu ini melejit berkat salah satu lagu yang sangat populer berjudul "Sakitnya Tuh di Sini".

Meski memang lagu ini bukan menjadi langkah awal karirnya, namun setelah ‘petualangan’ dari panggung ke panggung, ternyata genre dangdut yang akhirnya membesarkan namanya. Cita Citata sendiri lahir dari pasangan Herdi Suwito dan Otih Juariah, dan mulai terkenal pada tahun 2014 lalu.

Cita Citata [Suara.com/Marni]
Cita Citata [Suara.com/Marni]

Karir Cita Citata

Meski memiliki kehidupan pribadi yang dapat dikatakan dinamis, namun hal tersebut tak menutup kreativitasnya dalam berkarya. Setidaknya belasan lagi telah diibawakan, dan sukses menarik perhatian masyarakat.

Di antaranya adalah Kalimmera Athena (2014), Sakitnya Tuh Di Sini (2014), Goyang Dumang (2014), Aku Mah Apa Atuh (2015), Meriang/Merindukan Kasih Sayang (2015), Jamur/Janda Dibawah Umur (2015), Uwiw Uwiw (2016), Jangan Ganggu Pacarku (2016), dan Bahagia Itu Sederhana (2017).

Tentu saja, tak sedikit dari judul lagu tersebut masih terngiang di telinga Anda karena pada medio tahun tersebut banyak sekali platform yang menjadikan judul-judul di atas daftar teratas lagu yang paling sering diputar.

Untuk FTV sendiri, Cita Citata juga pernah turut bermain dalam Sakitnya Tuh Di Sini. Kemudian jika melihat pada karir sinetronnya, ia juga membintangi Diam-Diam Suka yang sempat populer beberapa tahun yang lalu.

Prestasi Cita Citata

Dalam bidang musik, capaiannya tidak dapat dikatakan remeh. Cita Citata berhasil membawa pulang penghargaan Sountrack Sinteron Paling Ngetop (lagu Sakitnya Tuh Di Sini) pada SCTV Awards 2014 lalu.

Kemudian, Cita juga mendapatkan penghargaan Penyanyi Pendatang Baru Terpopuler dari MNCTV Dangdut Awards di tahun yang sama, serta Lagu Dangdut Paling Inbox dan Penyanyi Dangdut Paling Inbox di Inbox Awards 2015.

Sedikit melihat profil dari Cita Citata sendiri dapat menyadarkan publik bahwa namanya dikenal tak hanya hubungan perkawinan yang berkali-kali gagal, namun juga karya dan capaian yang dimilikinya.

Demikian profil Cita Citata yang namanya kini tengah terseret dalam pusaran kasus korupsi bansos Covid-19. (I Made Rendika Ardian)

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report