Dangdut

Pernah Kena Covid-19, Elvy Sukaesih Beberkan Gejala yang Patut Diwaspadai

Supaya seseorang bisa lebih waspada di masa pandemi ini, Elvy Sukaesih berbagi informasi soal gejalanya.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Rena Pangesti

Elvy Sukaesih (MataMata.com/Rena Pangesti)
Elvy Sukaesih (MataMata.com/Rena Pangesti)

Matamata.com - Salah satu publik figur yang pernah merasakan sakitnya virus corona atau Covid-19 adalah Elvy Sukaesih. Supaya seseorang bisa lebih waspada di masa pandemi ini, pedangdut 69 tahun ini berbagi informasi soal gejala-gejalanya. 

Elvy Sukaesih menuturkan, salah satu gejala adalah ketidakmampuan mencium aroma atau mengecap rasa. Maka langsung disarankan melakukan pemeriksaan bila ini terjadi.

Elvy Sukaesih (MataMata.com/Rena Pangesti)
Elvy Sukaesih (MataMata.com/Rena Pangesti)

"Sudah tidak mencium bau sabun, parfum atau apa segala macam. Itu ciri-ciri dia (Covid-19)," kata Elvy Sukaesih, saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2020).

Sebab dari situ pula pelantun "Kereta Malam" ini merasakan gejala virus corona. "Aku bilang, kok Umi nggak ngerasain (bau). Kata anakku mungkin flu. Tapi habis itu kalau makan terasa pahit," jelas Elvy Sukaesih. 

Gejala pun berlanjut dengan kondisi tubuhnya yang berangsur lemas hingga perasaan mual.  "Ulu hati enek gitu, wah saya bilang ini kayaknya tipes. Belum lagi tiap magrib saya menggigil, langsung habis itu check up ke dokter," papar Elvy Sukaesih.

Elvy Sukaesih awalnya mengira penyakitnya tifus. Tapi hasil pemeriksaan mengarah ke virus corona. "Dari situ saya langsung periksa darah, infus segala macam karena saya sudah mulai lemas. Tapi ternyata tifusnya nggak ada, justru ke makhluk kecil itu (Covid-19)," jelas si Ratu Dangdut ini.

ELvy Sukaesih. (Sumarni)
ELvy Sukaesih. (Sumarni)

Elvy Sukaesih melakukan swab dan hasilnya positif setelah tahu gejala Covid-19. Ia pun dirawat 20 hari di rumah sakit. Namun selain virus corona yang mengkhawatirkan, Elvy Sukaesih juga mengalami pengentalan darah. "Jadi begitu tusuk sini nggak bisa, tusuk situ nggak bisa. Aduh baru dapat (Covid-19) sudah langsung kentel darah," kata penyanyi asal Sumedang itu.

Elvy Sukaesih nyaris berpikiran yang macam-macam. Tapi untungnya ia cepat sadar dan terus memanjatkan doa hingga akhirnya bisa sembuh.

"Kalau orang dulu kan mitosnya, nggak terima jarum biasanya tanda-tanda itu (meninggal). Tapi jangan, kita serahkan semuanya sama Allah. Alhamdulillah dikasih sehat lagi," tutur Elvy Sukaesih.

Berita Terkait

Berita Terkini

Live Report