World

6 Film yang Disutradarai Karan Johar, Sutradara Kuch Kuch Hota Hai Genap Berusia 50 Tahun

Karan Johar ulang tahun ke-50, mari kita intip beberapa film sukses yang disutradarai olehnya.

Yohanes Endra
Rabu, 25 Mei 2022 | 22:00 WIB
Film yang Disutradarai Karan Johar (Instagram/karanjohar)
Film yang Disutradarai Karan Johar (Instagram/karanjohar)

Matamata.com - Penggemar film Bollywood pastinya familiar dengan sutradara sekaligus tokoh televisi India ternama, Karan Johar. Film yang disutradarai Karan Johar biasanya sukses, termasuk Kuch Kuch Hota Hai, Kabhi Khushi Kabhie Gham dan masih banyak lagi.

Karan Johar lahir pada 25 Mei 1972 dan itu artinya dia genap berusia 50 tahun pada hari ini, Rabu (25/5/2022). Putra dari produser Yash Johar ini memang sudah menghasilkan banyak karya sukses, termasuk meluncurkan karir beberapa aktor dan aktris sukses di bawah Dharma Productions miliknya sendiri.

Film yang Disutradarai Karan Johar (Instagram/karanjohar)
Film yang Disutradarai Karan Johar (Instagram/karanjohar)

Penerima beberapa penghargaan bergengsi yang juga merupakan pembawa acara talk show televisi hits, Koffee with Karan ini memang sudah tidak diragukan lagi popularitasnya. Dari banyaknya film yang sudah dibintangi, ditulis, disutradarai dan diproduksinya, mari kita intip beberapa judul dari film yang disutradarai Karan Johar berikut ini. Simak sinopsis dan fakta lainnya seperti dilansir dari IMDb dan berbagai sumber. Mari kita intip sama-sama!

1. Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)
Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)

Film Kuch Kuch Hota Hai yang menandai debut Karan Johar sebagai sutradara ini sukses luar biasa. Film yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Rani Mukerji dan Kajol dalam peran utama, serta Salman Khan sebagai cameo spesial ini masih memiliki tempat khusus di hati penonton dan menyabet banyak penghargaan bergengsi termasuk 8 penghargaan Filmfare.

Selama masa kuliah, Anjali (Kajol) jatuh cinta dengan sahabatnya Rahul (Shah Rukh Khan), namun dia hanya tertarik pada Tina (Rani Mukerji). Bertahun-tahun kemudian, putri mendiang Tina dan Rahul yang sekarang berusia delapan tahun mencoba untuk menyatukan kembali ayahnya dan Anjali.

2. Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)
Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)

Salah satu film yang disutradarai Karan Johar dan tak terlupakan sampai sekarang adalah Kabhi Khushi Kabhie Gham tahun 2001. Ini adalah sebuah drama keluarga yang penuh emosi dan banjir bintang, yakni dibintangi Amitabh Bachchan, Jaya Bachchan, Shah Rukh Khan, Kajol, Hrithik Roshan, Kareena Kapoor, serta Rani Mukerji dalam penampilan spesial.

Setelah menikahi seorang wanita dari keluarga kurang mampu, Rahul (Shah Rukh Khan) yang tajir tidak diakui oleh ayahnya dan pindah ke London untuk membangun kehidupan baru. Lalu adik laki-lakinya yang sekarang sudah dewasa bernama Rohan (Hrithik Roshan) bertekad membawa Rahul kembali ke rumah dan menyatukan kembali keluarga itu. Kabhi Khushi Kabhie Gham memenangkan beberapa penghargaan populer, termasuk lima Penghargaan Filmfare.

3. Kabhi Alvida Naa Kehna (2006)

Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)
Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)

Kembali dibintangi oleh Shah Rukh Khan, film yang disutradarai Karan Johar berjudul Kabhi Alvida Naa Kehna juga sayang untuk dilewatkan. Film drama romantis musikal tahun 2006 ini menggandeng deretan aktor dan aktris ternama termasuk Amitabh Bachchan, Shah Rukh Khan, Abhishek Bachchan, Rani Mukerji, Preity Zinta dan Kirron Kher

Dev (Shah Rukh Khan) adalah mantan pemain sepak bola yang menikah dengan Rhea (Preity Zinta), seorang editor mode yang sukses. Maya Talwar (Rani Mukerji) adalah seorang guru TK yang menikah dengan Rishi (Abhishek Bachchan), seorang perencana acara yang ramah. Kehidupan dua pasangan ini lalu terkait satu sama lain hingga di titik mereka mempertanyakan pernikahan mereka sendiri.

4. My Name Is Khan (2010)

Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)
Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)

Shah Rukh Khan dan Kajol kembali dipertemukan di film arahan Karan Johar yang menguras air mata ini. Berlatarkan di Amerika Serikat, My Name Is Khan berpusat pada Rizwan Khan (Shah Rukh Khan), seorang pria Muslim India dengan sindrom Asperger yang memulai perjalanan lintas negara untuk berbicara dengan Presiden Amerika Serikat usai anak tirinya tewas.

My Name Is Khan banyak menuai pujian kritis dan sukses secara komersial. Berkat film tersebut, Karan Johar menyabet Penghargaan Filmfare untuk Sutradara Terbaik, sementara Shah Rukh dan Kajol juga mengantongi penghargaan Aktor dan Aktris Terbaik di acara yang sama.

5. Student of the Year (2012)

Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)
Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)

Student of the Year adalah sebuah film drama komedi romantis yang disutradarai oleh Karan Johar tahun 2012. Film ini dibintangi oleh Varun Dhawan, Sidharth Malhotra dan Alia Bhatt dalam peran utama, serta Rishi Kapoor, Sana Saeed, Ronit Roy, Sahil Anand, Ram Kapoor dan Farida Jalal dalam peran pendukung.

Student of the Year dirilis pada 19 Oktober 2012 di seluruh India dan merupakan salah satu film Bollywood terlaris tahun 2012. Film ini mengisahkan beberapa alumni yang mengenang tahun terakhir mereka di St. Theresa's College dan berbagai peristiwa yang membentuk kehidupan mereka.

6. Ae Dil Hai Mushkil (2016)

Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)
Film yang Disutradarai Karan Johar (IMDb)

Ae Dil Hai Mushkil merupakan film drama romantis musikal tahun 2016 yang disutradarai, diproduksi dan ditulis oleh Karan Johar. Film ini dibintangi oleh Ranbir Kapoor, Anushka Sharma, Aishwarya Rai Bachchan dan Fawad Khan sebagai pemeran utama, serta penampilan khusus oleh Shah Rukh Khan, Lisa Haydon, dan Imran Abbas.

Ceritanya tentang perjalanan dua karakter, yakni Alizeh Khan (Anushka Sharma) dan Ayan Sanger (Ranbir Kapoor) saat mereka menavigasi kehidupan, cinta, dan patah hati. Soundtrack film tersebut memenangkan empat Penghargaan Filmfare pada Januari 2017.

Itu dia beberapa film yang disutradarai Karan Johar dan sukses besar. Tentunya masih banyak film-film keren yang disutradarai, ditulis dan diproduksi olehnya karena Karan Johar memang salah satu sutradara dan produser terbaik India. Happy birthday, Karan Johar!

Kontributor: Yoeni Syafitri Sekar Ayoe
Tags # film yang disutradarai karan johar # karan johar # kuch kuch hota hai

Hot Video

Berita Terkini